Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental saat Hamil

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   26 Februari 2021
Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental saat HamilPentingnya Menjaga Kesehatan Mental saat Hamil

Halodoc, Jakarta - Setiap wanita hamil wajib memperhatikan kesehatannya secara keseluruhan, baik dari fisik maupun mental. Tidak sedikit wanita yang masih bekerja saat hamil, sehingga hal tersebut dapat mungkin saja menimbulkan stres yang tidak baik untuk menjaga pikiran tetap sehat. Namun, apa sih pentingnya menjaga kesehatan mental saat hamil? Adakah dampak yang signifikan dapat terjadi pada janin? Berikut ulasannya!

Menghindari Dampak Buruk dengan Menjaga Kesehatan Mental saat Hamil

Kehamilan dapat menyebabkan beberapa efek samping saat terjadi, seperti morning sickness, sakit punggung, varises, dan lainnya. Semua ini juga dapat memengaruhi perasaan wanita terkait kehamilan. Selain itu, hal ini juga dapat menimbulkan rasa khawatir tentang yang ada di masa depan, terutama jika kehamilan tidak direncanakan. Kekhawatiran tersebut dapat memengaruhi hubungan hingga menimbulkan rasa stres yang berdampak buruk bagi kesehatan mental.

Baca juga: Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental selama Masa Kehamilan

Beberapa masalah mental yang dapat terjadi berhubungan dengan rasa khawatir adalah depresi, yang bisa disebut juga dengan kecemasan perinatal. Mengacu pada Perinatal Anxiety and Depression Australia (PANDA), satu dari sepuluh wanita mengalami depresi selama kehamilan. Jika ibu mengalami masalah ini, penting untuk menjaga kesehatan mental saat hamil dengan mendapatkan dukungan dan pengobatan agar bayi tetap sehat.

Ada dua alasan jika semua wanita hamil disarankan untuk memeriksakan kesehatan mental, yaitu:

  • Depresi dan kecemasan prenatal adalah gangguan yang dapat menimbulkan faktor risiko tinggi untuk menimbulkan depresi postpartum atau setelah melahirkan. Maka dari itu, pemeriksaan dini penting untuk dilakukan.
  • Satu dari tiga wanita masih mengalami depresi pranatal meski anaknya sudah bersekolah jika tidak mendapatkan bantuan secara medis. Maka dari itu, penting untuk mendapatkan pemeriksaan mental agar bantuan segera diberikan dan perasaan depresi bisa dihindari.

Selain itu, kesehatan mental yang terjadi setelah melahirkan atau postpartum, juga dapat menjadi lebih parah saat mengasuh bayi. Hal ini dapat disebabkan masih merasakan sakit setelah melahirkan, tidak cukup tidur, kelelahan dengan rutinitas baru, dan masih merasa khawatir bisa atau tidak menjadi ibu yang baik. Selain itu, ibu mungkin merasa sulit untuk mendapatkan waktu untuk diri sendiri.

Baca juga: 6 Cara Mengatasi Stres Saat Hamil

Mungkin ibu pernah mendengar tentang baby blues, yaitu perubahan yang terjadi setelah melahirkan sehingga membuat wanita kaget akan hal tersebut. Disebutkan jika 80 persen wanita masih sangat sensitif, mudah tersinggung, kerap terlihat murung, hingga merasa kelelahan setelah melahirkan. Hal ini seringkali terjadi antara hari ketiga hingga hari ke-10 pasca melahirkan.

Lalu, kapan waktu yang tepat untuk mendapatkan bantuan untuk menjaga kesehatan mental saat hamil?

Jika ibu merasa cemas atau mudah merasa lelah saat hamil, ada baiknya untuk mendapatkan bantuan dari ahli medis. Saat pemeriksaan kandungan dengan dokter, ibu juga dapat memberitahu semua yang dirasakan, bahkan tentang masalah mental. Dengan begitu, diharapkan dukungan bisa diberikan bahkan mendapatkan rujukan agar gangguan yang terjadi dapat diatasi dengan baik.

Beberapa wanita hamil merasa lega hanya dengan memberitahu orang lain tentang perasaannya, terutama saat rekan bicaranya mengatakan tidak apa-apa. Beberapa strategi juga dapat ditawarkan untuk membantu dalam mengelola perasaan dan rasa khawatir. Jika sudah timbul perasaan depresi, ada baiknya langsung mendapatkan pemeriksaan melalui psikolog. Obat yang dikonsumsi juga tidak boleh sembarangan saat hamil atau menyusui.

Baca juga: Alasan Stres dan Emosi Bisa Memengaruhi Kesehatan Janin

Ibu juga dapat melakukan pemeriksaan terkait kesehatan mental saat hamil di beberapa rumah sakit yang bekerja sama dengan Halodoc. Cukup dengan download aplikasi Halodoc, segala kemudahan dalam pemesanan kehamilan dan kesehatan mental bisa dilakukan. Pilih waktu dan rumah sakit yang sesuai dengan keinginan untuk menyesuaikan jadwal yang ada.

Referensi:
Psychology Today. Diakses pada 2021. Why It's Important to Screen for Depression in Pregnancy.
Better Health. Diakses pada 2021. Pregnancy and your mental health.


Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan