Pentingnya Self Care bagi Kesehatan Mental Wanita

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   04 Maret 2022

“Di tengah-tengah kesibukan wanita sehari-hari dalam memenuhi tugas dan tuntutan yang begitu banyak, penting bagi wanita untuk meluangkan waktu untuk melakukan self care."

Pentingnya Self Care bagi Kesehatan Mental WanitaPentingnya Self Care bagi Kesehatan Mental Wanita

Halodoc, Jakarta – Pergi ke salon, luluran, dan spa adalah beberapa kegiatan yang disukai oleh banyak wanita. Tidak hanya menyenangkan untuk dilakukan, kegiatan tersebut juga termasuk dalam upaya perawatan diri atau self care yang penting untuk kesehatan mental.

Kesibukan sehari-hari bisa membuat kelelahan secara fisik dan mental. Hal itu bisa membuat kamu mengalami burn out. Nah, akhirnya menyebabkan kamu bukan hanya tidak bisa menjalani hidup dengan maksimal, tetapi juga berisiko mengalami masalah mental, seperti stres bahkan depresi. 

Apa Itu Self Care?

Nah, mengambil waktu sejenak untuk melakukan self care bisa membantu meredakan dan mengelola stres yang dialami sehari-hari.  Dengan begitu, kamu bisa terhindar dari kesehatan mental, tubuh pun kembali segar dan pikiran juga menjadi jernih, sehingga dapat menjalani hari-hari dengan maksimal.  

Meskipun melakukan perawatan kecantikan bisa menjadi salah satu cara untuk merawat diri, tetapi nyatanya self care lebih dari itu.

Self care artinya meluangkan waktu untuk melakukan hal-hal yang membantu untuk hidup dengan baik dan meningkatkan kesehatan fisik dan mental kamu. 

Sementara itu, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mendefinisikan self care sebagai kemampuan individu, keluarga, dan komunitas untuk meningkatkan kesehatan, mencegah penyakit, memelihara kesehatan, dan mengatasi penyakit dengan atau tanpa dukungan dari penyedia layanan kesehatan.

Nah, menurut definisi WHO tersebut, bisa diartikan bahwa self care mencakup segala sesuatu yang berkaitan dengan upaya untuk tetap sehat secara fisik, termasuk menjaga kebersihan diri, memenuhi nutrisi yang diperlukan tubuh, dan mencari perawatan medis bila diperlukan. Semua itu bisa dilakukan untuk mengelola stres atau tekanan dalam hidup dan menjaga kesehatan dan kesejahteraannya sendiri.

Pada tahun 2019, para peneliti menerbitkan kerangka self care di The BMJ untuk menunjukkan bahwa selain aktivitas yang dilakukan sendiri untuk meningkatkan kesehatan fisik dan emosional, self care juga mencakup bagaimana seseorang berinteraksi dengan dokter dan layanan kesehatan untuk meningkatkan kesehatannya secara keseluruhan.

Jadi, dengan kata lain, self care juga mencakup hal-hal, seperti mendapatkan vaksin, melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala, minum obat sesuai jadwal, dan menemui dokter bila mengalami masalah kesehatan fisik atau mental.

Nah, dengan memahami pengertian self care dari definisi-definisi di atas, kamu bisa mempraktikkan upaya perawatan diri dengan benar yang sesuai dengan kebutuhan.

Hal itu karena tiap orang melakukan self care untuk tujuan yang berbeda. Beberapa orang perlu melakukannya untuk menghadapi kabar yang buruk, sementara itu yang lainnya mungkin hanya untuk mempertahankan suasana hatinya dari hari ke hari. Itulah mengapa cara tiap orang melakukan self care bisa bervariasi.

Apa Manfaatnya bagi Kesehatan Mental Wanita?

Dalam kehidupan sehari-hari, ada banyak masalah dan tantangan yang bisa dihadapi oleh wanita. Bukan hanya masalah dan tantangan umum yang juga dialami oleh para pria, seperti masalah ekonomi, tuntutan pekerjaan, wanita juga harus menghadapi tuntutan dalam rumah tangga.

Mulai dari mengerjakan pekerjaan rumah tangga, mengurus kebutuhan suami dan anak, mengurus pendidikan anak, dan lain-lain. Itulah mengapa tidak sedikit wanita yang menjadi stres lantaran kewalahan dalam memenuhi semua tugas dan tanggung jawab mereka tersebut.

Nah, melakukan self care sangat penting bagi wanita, karena hal itu bisa menjadi cara yang efektif untuk mengatasi kelelahan, merilekskan sejenak otot-otot tubuh, dan menjaga kesehatan agar bisa kembali lagi beraktivitas dengan baik. Self care juga membantu meredakan stres sehari-hari, sehingga kesehatan mental tetap terjaga.

Meluangkan waktu dari rutinitas harian untuk melakukan self care sudah terbukti secara klinis bisa menghilangkan kecemasan dan depresi, mengurangi stres, meningkatkan konsentrasi, kebahagiaan, energi dan imunitas tubuh.

Tips Melakukan Self Care

Jadi, jangan lupa untuk melakukan self care setiap hari. Melakukan perawatan diri sebentar saja sudah bisa memberikan manfaat yang signifikan.

Berikut beberapa contoh self care yang bisa dilakukan:

  • Konsumsi makanan yang bergizi seimbang, termasuk buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian.
  • Olahraga minimal 30 menit setiap hari, entah itu pergi ke gym atau berjalan-jalan di taman.
  • Pergi keluar rumah untuk bersantai dan menghirup udara segar.
  • Beristirahatlah dari elektronik dan media sosial.
  • Baca atau nonton acara atau film favorit.
  • Pergi untuk makan malam atau kopi bersama keluarga dan teman.
  • Pastikan tidur yang cukup setiap malam.

Itulah penjelasan mengenai pentingnya self care untuk kesehatan mental wanita. Jika kamu merasa butuh berkonsultasi dengan psikolog, kamu bisa berinteraksi dengan fitur tanya psikolog dari Halodoc

Di samping itu, kamu juga bisa mendapatkan diskon 50% (max. 15k) untuk mengobrol dengan ahli kesehatan mental (Mental Health Professionals – Clinical Psychologist and Psychiatrist)  hanya pada hari Jumat. Tunggu apa lagi? Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Everyday Health. Diakses pada 2022. What Is Self-Care and Why Is It So Important for Your Health?
Mile High Psychiatry. Diakses pada 2022. Why Self-Care is Important?
National Institute of Mental Health. Diakses pada 2022. Caring for Your Mental Health.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan