Penyakit Jantung Picu Terjadinya Stroke, Ini Faktanya

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   13 Maret 2023

“Penyakit jantung dapat memicu terjadinya penyakit stroke. Hal ini dikarenakan rusaknya pembuluh darah maka terganggu aliran darah ke jantung dan otak. Kedua penyakit dapat diminimalisir untuk tidak terjadi dengan mengendalikan faktor risiko.”

Penyakit Jantung Picu Terjadinya Stroke, Ini FaktanyaPenyakit Jantung Picu Terjadinya Stroke, Ini Faktanya

Halodoc, Jakarta – Penyakit jantung dan stroke adalah dua kondisi medis yang sangat serius dan dapat mengancam nyawa. Keduanya saling berkaitan satu sama lain, dan tak jarang penyakit jantung dapat memicu terjadinya stroke

Dalam artikel ini, kita akan membahas fakta-fakta tentang penyakit jantung memengaruhi risiko seseorang terkena stroke. Sebelum membahas lebih lanjut, mari kita bahas dulu tentang penyakit jantung dan stroke secara terpisah.

Penyakit Jantung

Penyakit jantung adalah kondisi medis yang mempengaruhi jantung dan pembuluh darah di sekitarnya. Ada beberapa jenis penyakit jantung, termasuk penyakit arteri koroner, gagal jantung, dan aritmia jantung.

Penyakit jantung dapat terjadi ketika pembuluh darah yang membawa darah ke jantung mengalami penyempitan atau tersumbat, sehingga mengurangi aliran darah yang masuk ke jantung.

Penyakit Stroke

Sedangkan penyakit stroke terjadi ketika aliran darah ke otak terganggu atau terhenti. Terdapat dua jenis stroke, yaitu stroke iskemik dan stroke hemoragik.

Stroke iskemik terjadi ketika pembuluh darah yang membawa darah ke otak tersumbat, sementara stroke hemoragik terjadi ketika pembuluh darah pecah dan menyebabkan perdarahan di otak.

Stroke Pemicu Penyakit Jantung, Ini Hubungannya

Penting sekali untuk dapat memperhatikan risiko stroke setelah terjadi serangan jantung. Untuk mengetahui lebih lanjut, kamu dapat membaca artikel cara mengendalikan faktor risiko stroke setelah terjadi serangan jantung.

Berikut merupakan penyakit jantung dapat memicu terjadinya stroke!

1. Faktor Risiko Bersama

Penyakit jantung dan stroke memiliki beberapa faktor risiko yang sama, seperti hipertensi, kolesterol tinggi, merokok, obesitas, dan diabetes.

Jika seseorang memiliki faktor risiko ini, maka mereka berisiko lebih tinggi untuk mengembangkan baik penyakit jantung maupun stroke.

2. Hipertensi

Hipertensi, atau tekanan darah tinggi, adalah faktor risiko utama untuk kedua kondisi medis tersebut. Kondisi hipertensi dapat merusak pembuluh darah di seluruh tubuh, termasuk pembuluh darah di jantung dan otak.

Ketika pembuluh darah di jantung tersumbat atau pecah, maka dapat terjadi serangan jantung atau gagal jantung. Ketika pembuluh darah di otak tersumbat atau pecah, maka dapat terjadi stroke.

3. Kolesterol Tinggi

Kolesterol tinggi, atau hiperkolesterolemia, juga dapat menjadi faktor risiko untuk kedua kondisi medis tersebut.

Nah, kolesterol tinggi dapat menyebabkan penumpukan plak pada dinding pembuluh darah, yang menyebabkan penyempitan pembuluh darah dan meningkatkan risiko serangan jantung atau stroke.

4. Merokok

Merokok juga meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit jantung dan stroke. Kebiasaan merokok dapat merusak pembuluh darah dan meningkatkan risiko pembentukan plak pada dinding pembuluh darah.

Selain itu, merokok juga dapat meningkatkan risiko pembekuan darah, yang dapat menyebabkan tersumbatnya pembuluh darah dan menyebabkan serangan jantung atau stroke.

Penyakit jantung dan stroke dapat mengakibatkan kualitas hidup menjadi buruk, terjadi kecacatan, bahkan kematian. Meskipun kedua penyakit ini umum terjadi, namun pencegahan di antaranya dengan mengendalikan faktor risiko, seperti tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi melalui pengobatan.

Selain itu, memastikan orang yang mengalami keadaan darurat kardiovaskular seperti stroke atau serangan jantung untuk mendapatkan perawatan yang sesuai secara tepat waktu dapat mengurangi risiko kecacatan dan kematian jangka panjang.

Pengenalan lebih dini terkait dengan deteksi dini dan pencegahan merupakan kunci untuk membantu meminimalisir terjadinya penyakit jantung dan stroke.

Pernah mendengar elektrokardiogram atau EKG untuk memantau dan evaluasi kesehatan jantung? Baca selengkapnya di artikel ini: “Mengenal Fungsi dan Cara Pemasangan EKG pada Tubuh“.

Jika kamu terdapat memiliki riwayat penyakit jantung atau stroke, penting sekali untuk memeriksakan kepada dokter spesialis secara rutin. Kamu dapat berkonsultasi secara mudah dengan dokter melalui Halodoc. Jadi tunggu apalagi, yuk, langsung saja unduh aplikasi Halodoc dari App Store atau Play Store smartphone kamu.

Referensi:
Healthy People. Diakses pada 2023. Heart Disease and Stroke
Healthline. Diakses pada 2023. Do Hypertension or Heart Diseases Increase Your Chances of Having a Stroke?
Healthline. Diakses pada 2023. What are the Different Types of Strokes?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan