• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Perawatan Wajah saat Harus Selalu Memakai Masker

Perawatan Wajah saat Harus Selalu Memakai Masker

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Perawatan Wajah saat Harus Selalu Memakai Masker

Halodoc, Jakarta – Pandemi yang belum juga berakhir membuat semua orang masih harus menggunakan masker untuk mencegah penularan COVID-19. Mengingat hingga saat ini vaksin belum ditemukan, salah satu tindakan preventif yang bisa dilakukan adalah dengan menjaga kebersihan diri, menerapkan pola makan sehat, berjarak dengan orang lain, dan tentunya mengenakan masker saat memutuskan keluar rumah. 

Bagi orang-orang yang masih harus tetap bekerja di luar rumah, mereka tentunya wajib mengenakan masker sepanjang hari. Namun, salah satu dampak penggunaan masker yang terlalu lama adalah masalah kulit di area wajah, seperti kulit berminyak, komedo, dan jerawat. Untuk mengatasinya, berikut tips merawat wajah agar terhindar dari masalah kulit akibat selalu memakai masker:

Baca juga: 5 Jenis Jerawat yang Sering Muncul di Wajah

1. Rutin Mengganti Masker

Masker yang jarang diganti dapat menumpuk virus dan bakteri di wajah kamu, dan itu tergantung pada jenis masker apa yang kamu pakai. Bila kamu memakai masker medis, kamu mungkin hanya bisa menggunakannya satu kali saja. Sedangkan jika masker yang kamu kenakan berbahan kain, masker tersebut bisa langsung dicuci setelah dipakai dan digunakan kembali saat kering.

Saat mencuci masker kain, pastikan kamu mencucinya sampai bersih menggunakan sabun dan cairan antiseptik untuk memastikan virus dan bakteri yang menempel benar-benar mati. Hal yang perlu diperhatikan, pastikan kamu membatasi penggunaan masker hanya 4 jam saja dan setelah itu ganti dengan yang baru atau yang bersih. 

2. Rajin Membersihkan Wajah

Selain rutin mengganti masker, kamu juga harus rutin membersihkan wajah setelah melepas masker. Usahakan saat kamu mengganti masker dengan yang baru. Kamu juga membersihkan wajah dengan sabun muka atau hanya dengan cairan pembersih wajah. Hal ini mencegah penumpukan minyak dan bakteri di wajah yang dapat menimbulkan jerawat, komedo, dan masalah kulit lainnya. 

3. Gunakan Pelembap

Setelah wajah bersih dan masker siap dipakai kembali, kamu juga perlu menggunakan pelembap agar wajah tetap kenyal dan elastis. Ketika kamu melewatkan pelembap, wajah mungkin akan lebih rentan teriritasi saat mengenakan masker. Pasalnya, wajah yang kering cenderung mudah tergores atau teriritasi saat kamu mengenakan masker terlalu lama. Itu sebabnya, penting untuk menggunakan pelembap wajah sebelum mengenakan masker dalam waktu lama. 

Baca juga: Sudah Rajin Cuci Muka Komedo Tetap Muncul? Ini Penyebabnya

4. Banyak Minum Air

Kunci kulit yang lembap juga diperoleh dari cairan tubuh. Ketika kadar air dalam tubuh tercukupi, maka kulit otomatis menjadi lebih lembap. Selain itu, banyak minum air juga mencegah kamu dehidrasi dan melancarkan aliran darah. Ketika kamu cukup minum air, limbah, bakteri dan virus yang masuk ke tubuh pun mudah dikeluarkan melalui urine. Jadi, selain menggunakan pelembap pastikan kamu juga cukup minum air setidaknya 1,5 liter sehari. 

5. Konsumsi Makanan Sehat

Kulit yang sehat juga bergantung pada makanan apa yang kamu konsumsi. Bila kamu suka mengonsumsi makanan yang berlemak dan berminyak, maka kulit pun cenderung menjadi lebih berminyak sehingga rentan berjerawat. Namun, ketika kamu makan makanan yang lebih sehat seperti memperbanyak buah dan sayuran, nutrisi dan vitamin yang terkandung dalam sayuran otomatis meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Imunitas yang baik tentunya berdampak pula dengan kondisi kulit. 

Baca juga: 6 Kesalahan saat Melakukan Perawatan Wajah

Itulah sejumlah tips perawatan wajah yang bisa kamu coba ketika diharuskan untuk selalu memakai masker. Bila kamu mengalami masalah kulit, kamu bisa menghubungi dokter di Halodoc lebih lanjut. Lewat aplikasi ini, kamu dapat menghubungi dokter kapan saja dan di mana saja via Chat dan Voice/Video Call.

Referensi:
Baylor College of Medicine. Diakses pada 2020. Avoid face irritation, acne while wearing masks.