• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Perlu Tahu, Arti Mimpi Ibu di Trimester Pertama
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Perlu Tahu, Arti Mimpi Ibu di Trimester Pertama

Perlu Tahu, Arti Mimpi Ibu di Trimester Pertama

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc : 26 April 2018
Perlu Tahu, Arti Mimpi Ibu di Trimester PertamaPerlu Tahu, Arti Mimpi Ibu di Trimester Pertama

Halodoc, Jakarta – Tidur merupakan salah satu kegiatan paling penting bagi ibu hamil, kegiatan ini biasanya digunakan untuk mengembalikan energi setelah seharian beraktivitas dan juga memperbaiki ketenangan emosional bagi ibu hamil. Biasanya, saat tidur, ibu hamil mengalami mimpi yang beragam. Bagi ibu hamil mengalami mimpi saat tidur merupakan hal yang lumrah, ini disebabkan perubahan hormonal yang terjadi saat hamil, terutama hormon progesteron yang terkadang membuat mimpi ibu akan terasa lebih nyata.

Di setiap trimester, ternyata mimpi seorang ibu berubah-ubah sesuai dengan kondisi fisik dan perasaan ibu hamil. Nah biasanya, yang paling sering terjadi adalah mimpi karena perasaan terlalu bahagia atau ketakutan ibu hamil selama masa kehamilan.

Biasanya pada keadaan normal, orang yang tertidur akan sulit untuk mengingat mimpi. Namun bagi ibu hamil, mimpi-mimpi tersebut akan mudah diingat pada saat ibu terbangun dari tidur. Hal ini juga diakibatkan karena perubahan fisik yang terjadi pada ibu, sehingga menyebabkan ibu sering terbangun saat tidur atau tidak nyenyak saat tidur.

Menurut kutipan buku karya psikolog Patricia Garfield yang berjudul Women’s Bodies, Women’s Dreams, mimpi pada trimester kehamilan pertama usia 0-3 bulan, biasanya berhubungan dengan kehamilan dan perasaan menjadi seorang ibu di masa yang akan datang.

(Baca juga: 8 Mitos Kehamilan yang Perlu Diketahui Ibu)

Ada beberapa mimpi yang biasanya dialami oleh ibu hamil pada trimester pertama:

 

  • Mimpi Berenang

 

Air dalam mimpi diartikan sebagai awal kehidupan. Janin yang ada pada kandungan ibu dianggap sebagai makhluk yang sedang berenang di dalam air. Namun, tidak jarang juga ibu bermimpi bahwa ibu lah yang sedang berenang di dalam suatu kolam besar. Selain itu, bisa juga diartikan bahwa saat itu ibu sedang memproduksi cairan ketuban untuk si kecil di dalam Rahim.

 

  • Mimpi Melahirkan Bayi yang Sudah Dewasa

 

Melahirkan bayi yang sudah dewasa sepertinya tidak masuk akal. Namun, jika ibu hamil bermimpi mengenai hal ini, ini menandakan adanya kecemasan yang dirasakan oleh ibu pada saat bayi lahir. Ibu merasa cemas apakah mampu menjadi ibu yang baik atau tidak kelak. Selain itu, ada juga yang mengartikan sebagai kecemasan ibu setelah melahirkan, apakah bisa melihat perkembangan bayi atau tidak.

 

  • Mimpi Mengendarai Kendaraan

 

Semakin banyak yang dirasakan oleh ibu hamil, tentu akan banyak juga mimpi-mimpi aneh yang dialami selama tidur. Salah satunya adalah mimpi mengendarai kendaraan. Menurut Patricia Garfield, jika ibu pada trimester pertama bermimpi mengendarai kendaraan besar, ternyata ada kaitannya dengan kecemasan terhadap perubahan bentuk tubuh setelah melahirkan. Ya, salah satu hal yang menjadi kecemasan ibu hamil setelah melahirkan adalah kondisi bentuk tubuh yang ditakutkan tidak bisa kembali pada bentuk semula. Ini yang menyebabkan ibu hamil trimester pertama sering bermimpi mengendarai kendaraan besar yang tidak bisa melakukan manuver.

Pada awal kehamilan, ibu yang baru akan memiliki anak pertama tentu saja masih belum memiliki pengalaman yang cukup dalam mengasuh anak, sehingga tidak jarang kecemasan-kecemasan terhadap proses kehamilan hingga pola didik anak sering muncul dan mengganggu pikiran. Itulah yang kerap membuat ibu hamil trimester pertama mengalami mimpi yang cukup aneh. Nah, jika ibu masih memiliki pertanyaan mengenai proses melahirkan hingga perkembangan anak, bisa langsung bertanya pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Yuk download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play.