Perlu Tahu, Ibu Ini 8 Tips Memilih Sekolah Terbaik untuk Anak

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   02 Agustus 2022

“Setidaknya banyak faktor yang perlu dipertimbangan ketika memilih sekolah. Seperti jarak, lokasi, kurikulum, kegiatan akademik dan ekstrakurikuler, jangan lupa juga dengan kebutuhan dan minat anak.”

Perlu Tahu, Ibu Ini 8 Tips Memilih Sekolah Terbaik untuk AnakPerlu Tahu, Ibu Ini 8 Tips Memilih Sekolah Terbaik untuk Anak

Halodoc, Jakarta – Memilih sekolah untuk anak adalah salah satu keputusan penting sebagai orang tua. Keputusannya bisa sangat banyak, karena ada begitu banyak pilihan sekolah di luar sana. Nah, orang tua harus memilih yang terbaik untuk anak.

Hanya saja, orang tua sering bingung saat proses memilih, apalagi saat menentukankannya. Setidaknya banyak faktor yang perlu dipertimbangan ketika memilih sekolah, seperti lokasi dan transportasi, metode pembelajaran, hingga kurikulum yang diterapkan. 

Nah, dengan memilih sekolah terbaik untuk anak secara tepat, orang tua akan mengetahui apa yang akan dipelajari anak di kemudian hari.

Tips Memilih Sekolah untuk Anak

Berikut ini beberapa tips memilih sekolah untuk anak yang perlu dipertimbangkan:

  1. Kunjungi dan Amati Beberapa Sekolah

Langkah pertama memilih sekolah anak yaitu melakukan kunjungan dan pengamatan beberapa sekolah di sekitar rumah. Selanjutnya, ayah dan ibu perlu mengatur pertemuan dengan kepala sekolah di masing-masing sekolah, sehingga dapat memahami sekolah dari perspektif yang tidak memihak. 

Tujuan dari kunjungan ini bukan untuk mendaftarkan anak saat itu juga, tapi untuk mengamati dan mempelajari beberapa hal berikut:

  • Bagaimana interaksi guru dan murid.
  • Bagaimana pergaulan dan interaksi antar murid.
  • Memastikan kultur di sekolah baik untuk pertumbuhan anak.
  1. Pertimbangkan yang Terdekat dan Jarak Mudah Dijangkau

Banyak orang tua mengabaikan faktor kedekatan jarak dengan rumah. Mungkin ayah dan ibu menemukan sekolah yang lebih baik secara akademis, tapi jaraknya cukup jauh dari rumah, sehingga memakan banyak waktu perjalanan. Nah, sebaiknya, utamakan mencari sekolah yang jaraknya dekat dari rumah. 

  1. Ketahui Apa Saja Kegiatan Akademik dan Ekstrakurikulernya

Apa pun yang dipelajari dan dialami anak di tahun-tahun pertumbuhannya, orang tua harus mendampinginya. Sekolah dimaksudkan untuk membekali anak-anak dengan keterampilan hidup yang anak butuhkan sepanjang hidup. Contohnya baik itu metode penelitian atau strategi bisnis.

Perlu diketahui, sekolah terbaik untuk anak harus memiliki kurikulum yang eksplisit. Guru yang baik dapat memimpin kelas dengan baik, dan dapat didekati setiap saat. Pertimbangkan juga bahwa keseimbangan akademi dengan kegiatan ekstrakurikuler diperlukan supaya anak-anak tidak cepat bosan di sekolah.

  1. Ketahui Rasio Jumlah Siswa dan Guru

Rasio jumlah siswa dan guru merupakan faktor penting lainnya saat memilih sekolah untuk anak. Sekolah dengan rasio siswa-guru yang rendah sebaiknya lebih diutamakan untuk dipilih, karena memungkinkan lebih banyak kegiatan kelas. Selain itu, guru dapat memberikan perhatian individu kepada siswa. 

  1. Pilih Kurikulum yang Terbaik untuk Anak

Setiap sekolah menerapkan kurikulum yang berbeda. Oleh karena itu, memilih sekolah bukan hanya tentang lokasi, tapi kurikulum seperti apa yang ingin anak ikuti. 

  1. Perhatikan Kebersihan dan Keamanan Lingkungan Sekolah

Lingkungan merupakan aspek yang sering diabaikan dalam memilih sekolah. Pilihlah lingkungan yang aman dan nyaman  bagi anak untuk belajar, dan bermain dengan teman sebayanya. Ingatlah, bahwa ayah dan ibu akan menitipkan anak di sekolah selama beberapa jam. Jadi lingkungan sekolah harus bersih, aman, dan nyaman untuk anak.

  1. Sesuaikan dengan Kebutuhan dan Minat Anak

Ayah dan ibu juga harus memperhitungkan kekuatan, kelemahan, dan minat anak saat proses memilih sekolah. Libatkan anak dengan mengajukan beberapa pertanyaan tentang minat dan kebutuhannya. 

Carilah sekolah yang akan memenuhi kebutuhan individu anak, mendorong kekuatannya, dan membantunya mengatasi kelemahan. Penting diingat, bahwa sekolah adalah tempat belajar jangka panjang, memilih yang terbaik adalah sebuah keharusan.

  1. Buat List dan Pilih yang Paling Memenuhi Kriteria

Saat mengunjungi dan mengamati berbagai pilihan sekolah, orang tua sebaiknya mulai membuat list. Berikan check-list jika sebuah sekolah memiliki kriteria  yang diinginkan. Di akhir proses pencarian, ayah dan ibu dapat melihat mana sekolah yang memiliki check-list paling banyak. Kemungkinan besar sekolah yang memiliki check-list paling banyak adalah sekolah yang terbaik untuk Si Kecil.

Itulah yang perlu diketahui tentang tips memilih sekolah untuk anak. Ingatlah untuk melibatkan anak dalam pemilihan sekolah, agar sesuai dengan minat dan bakat anak.

Jika anak tampak kesulitan dalam menunjukkan minat dan bakatnya, tidak ada salahnya untuk ayah dan ibu mengunjungi psikolog anak. Ayah dan ibu juga bisa bertanya pada psikolog anak terbaik melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
India Today. Diakses pada 2022. How to choose the right school for your child
Public School Review. Diakses pada 2022. 10 Tips for Choosing the Best School for Your Child
Raising Children. Diakses pada 2022. Primary schools: things to consider when choosing a school

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan