• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Pola Makan untuk Cegah Migrain saat Menstruasi
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Pola Makan untuk Cegah Migrain saat Menstruasi

Pola Makan untuk Cegah Migrain saat Menstruasi

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 01 April 2021
Pola Makan untuk Cegah Migrain saat Menstruasi

Halodoc, Jakarta - Setiap bulannya, wanita usia subur mengalami menstruasi. Berbagai perubahan hormon saat menstruasi membuat wanita mengalami keluhan seperti nyeri haid, hingga migrain. Jika kamu sering mengalami migrain saat menstruasi, kamu tidak sendirian, kok.

Data National Center of Biotechnology Information menyebutkan bahwa lebih dari 50 persen wanita mengalami migrain selama menstruasi berlangsung. Penyebabnya diduga adalah penurunan hormon estrogen sebelum menstruasi, yang membuat tubuh jadi lebih sensitif terhadap rasa sakit.

Baca juga: Abdominal Migrain Vs Migrain, Lebih Bahaya yang Mana?

Magnesium Bisa Cegah Migrain saat Menstruasi

Pola makan seperti apa sih yang perlu diterapkan untuk mencegah migrain saat menstruasi? Jawabannya, tentu saja pola makan sehat dan bergizi seimbang. Namun, perbanyak konsumsi makanan tinggi magnesium.

Studi yang diterbitkan di jurnal Cephalalgia menemukan bahwa orang yang mengonsumsi magnesium selama 12 minggu memiliki serangan migrain 41,6 persen lebih sedikit, dibandingkan dengan yang tidak.

Menurut American Migraine Foundation, suplemen magnesium oral harian telah terbukti efektif dalam mencegah migrain terkait menstruasi, terutama pada wanita dengan migrain pramenstruasi.

Namun, selain dari suplemen, kamu juga bisa mendapatkan asupan magnesium secara alami dari makanan. Lantas, apa saja makanan tinggi magnesium yang baik dikonsumsi?

Baca juga: 5 Hal Seputar Migrain yang Perlu Diketahui


Pilihan Makanan Tinggi Magnesium untuk Cegah Migrain saat Menstruasi

Magnesium adalah salah satu mineral penting yang dibutuhkan tubuh. Kebutuhan magnesium harian wanita dewasa adalah 300 miligram per hari. Untuk mencegah migrain saat menstruasi, kamu bisa mengonsumsi makanan tinggi magnesium, berikut ini:

1. Olahan Kedelai

Makanan olahan kedelai seperti tempe, tahu, atau susu kedelai, juga tinggi magnesium. Dalam 100 gramnya, terkandung sekitar 60 miligram magnesium.

2. Pisang

Buah berkulit kuning ini juga termasuk makanan tinggi magnesium yang bisa bantu cegah migrain saat menstruasi. Dalam satu buah pisang berukuran besar, terdapat sekitar 35 miligram magnesium.

3. Alpukat

Makanan untuk cegah migrain saat menstruasi selanjutnya adalah alpukat. Dalam satu buah alpukat berukuran sedang, terkandung sekitar 50 miligram magnesium. Selain itu, buah ini juga mengandung kalium, lemak sehat, vitamin K dan B, yang dapat mencegah anemia.

Baca juga: Atasi Migrain dengan Lakukan 7 Kebiasaan Ini

4. Kacang-kacangan

Tak hanya kedelai, kacang-kacangan lain seperti almond dan kacang mede juga tinggi magnesium. Dalam setiap satu ons kacang-kacangan, terdapat sekitar 80 miligam magnesium.

5. Sayuran Hijau

Jangan lewatkan sayuran hijau dalam menu makan harian kamu, ya. Dalam setengah mangkuk sayuran hijau seperti bayam, terkandung sekitar 80 miligram magnesium, yang bisa bantu cegah migrain saat menstruasi.

6. Ikan

Ikan-ikanan juga tinggi magnesium, terutama salmon dan tenggiri. Dalam tiga ons ikan salmon, terkandung sekitar 25 miligram magnesium. Tak hanya itu, ikan ini juga kaya akan omega-3, vitamin B, protein, dan kalium yang dapat menurunkan risiko terjadinya stroke dan penyakit jantung.

7. Gandum Utuh

Asupan magnesium juga bisa ditemukan pada makanan berbahan gandum utuh. Terdapat sekitar 65 miligram magnesium di tiap ons gandum utuh. Selain itu, gandum utuh juga mengandung nutrisi penting lainnya bagi tubuh, seperti selenium, vitamin B, dan serat. 

Itulah sedikit penjelasan mengenai pola makan untuk cegah migrain saat menstruasi, dan apa saja makanan yang direkomendasikan. Selain berbagai makanan tersebut, sebenarnya masih banyak makanan lain yang juga mengandung magnesium, seperti susu, apel, kentang, dan daging. 

Jika asupan magnesium dari makanan dirasa kurang, kamu bisa bicara dengan dokter di aplikasi Halodoc. Bila dirasa perlu, dokter mungkin akan meresepkan suplemen magnesium yang sesuai dengan kondisi kamu. Setelah dapat resep, kamu bisa langsung membeli suplemen magnesium yang direkomendasikan dokter lewat aplikasi Halodoc.



Referensi:
National Center of Biotechnology Information. Diakses pada 2021. Menstrual Migraine: Therapeutic Approaches.
Everyday Health. Diakses pada 2021. 7 Top Remedies for Menstrual Migraine.
American Migraine Foundation. Magnesium.
Cephalalgia. Diakses pada 2021. Prophylaxis Of Migraine With Oral Magnesium: Results From a Prospective, Multi-Center, Placebo-Controlled And Double-Blind Randomized Study.
Cleveland Clinic. Diakses pada 2021. Magnesium Rich Food.
Healthline. Diakses pada 2021. 10 Magnesium-Rich Foods That Are Super Healthy.