Poli Gigi: Tujuan, Jenis, dan Prosedur

Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   13 Desember 2021
Poli Gigi: Tujuan, Jenis, dan ProsedurPoli Gigi: Tujuan, Jenis, dan Prosedur

“Poli gigi adalah layanan seputar kesehatan mulut dan gigi. Mulai dari pemeriksaan kesehatan, pembersihan, pengobatan, hingga tindakan medis lebih lanjut.

Di poli gigi, dokter yang bertugas adalah dokter gigi, yang memiliki keahlian khusus di bidang mulut dan gigi. Dokter gigi yang nantinya akan memberi diagnosis, melakukan penanganan, hingga pencegahan masalah mulut dan gigi.

Tujuan Poli Gigi

Poli gigi memiliki tujuan untuk memberi pelayanan kesehatan mulut dan gigi. Jadi, kamu bisa datang ke poli gigi saat membutuhkan layanan kesehatan seputar gigi dan mulut.

Misalnya, jika mengalami gejala sakit gigi, masalah gusi, gigi bungsu, gigi berlubang, membersihkan karang gigi, serta ingin pasang kawat gigi, atau gigi palsu. Sebenarnya, saat tidak ada keluhan pun, periksa gigi secara rutin tetap penting, baik pada orang dewasa ataupun anak-anak.

Orang dewasa dan anak-anak disarankan untuk datang ke poli gigi secara rutin setiap 6 bulan sekali. Pada anak-anak, dimulai dari usia 6-7 bulan saat gigi susu pertama mulai tumbuh, pemeriksaan gigi secara rutin tak kalah penting.

Namun, jika kamu mengidap gangguan metabolisme atau penyakit sistemik dan bersiko mengalami penyakit gigi dan mulut, pemeriksaan rutin mungkin perlu lebih sering. Misalnya setiap 3 bulan sekali, atau sesuai instruksi dokter.

Jenis Layanan di Poli Gigi

Berikut ini beberapa jenis layanan yang bisa didapatkan di poli gigi:

  • Tambal gigi. Prosedur untuk mengatasi gigi berlubang atau patah.
  • Scaling. Untuk membersihkan karang gigi.
  • Pencabutan gigi. Untuk mencabut gigi yang bermasalah atau tidak bisa diperbaiki lagi.
  • Pemasangan mahkota gigi. Untuk memperbaiki gigi yang telah rusak parah karena pembusukan atau cedera.
  • Pemasangan kawat gigi. Untuk meluruskan dan memperbaiki gigi yang bengkok, sehignga lebih sehat dan lebih mudah dirawat.
  • Pemasangan gigi palsu. Untuk menggantikan fungsi gigi yang telah tanggal.
  • Perawatan saluran akar. Diperlukan ketika pulpa gigi menjadi sakit atau terinfeksi. Pulpa adalah pembuluh darah dan saraf yang mengelilingi gigi. 
  • Pemutihan gigi. Dilakukan dengan menggunakan gel hidrogen peroksida dan sinar khusus untuk memutihkan gigi.
  • Veneer. Untuk memperbaiki tampilan gigi yang bengkok atau berubah warna.

Persiapan sebelum ke Poli Gigi

Sebenarnya, tidak ada hal khusus yang perlu dipersiapkan sebelum ke poli gigi. Menyikat gigi boleh saja, tetapi tidak diwajibkan, karena nantinya dokter gigi akan membersihkan gigi dan mulut secara menyeluruh. 

Hal yang mungkin perlu dipersiapkan adalah mental dan sikap terbuka tentang kondisi mulut dan gigi. Pastikan kamu menjawab jujur semua pertanyaan yang diajukan dokter nanti, dan jika ada yang ingin ditanyakan, buatlah catatan. 

Prosedur Layanan di Poli Gigi

Secara umum, prosedur yang biasanya dilakukan selama pemeriksaan gigi di poli gigi adalah:

  1. Pemeriksaan Gigi
  • Dokter akan menanyakan kondisi kesehatan secara umum, terutama yang berkaitan dengan gigi dan mulut.
  • Dokter kemudian memeriksa kondisi gigi dan gusi secara langsung. Ini untuk melihat apakah ada gigi berlubang, plak yang lengket di gigi, serta celak di antara gigi dan gusi.
  • Selain memeriksa gigi, dokter juga akan memeriksa kondisi mulut secara keseluruhan. Termasuk lidah, tenggorokan, wajah, dan leher.
  • Dokter kemudian memberi saran mengenai gaya hidup yang diperlukan untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi. 
  • Dokter akan mengatur jadwal kunjungan atau pemeriksaan gigi selanjutnya.
  1. Pembersihan Gigi

Selain memeriksa, dokter gigi juga biasanya akan melakukan prosedur pembersihan gigi dan scaling bila perlu. Prosedur ini bermanfaat untuk menghilangkan plak pada gigi dan mencegah penyakit gusi.

Dengan alat khusus, dokter akan membersihkan secara menyeluruh, seluruh bagian gigi. Setelah selesai, permukaan gigi akan dipoles dengan campuran pasta gigi abrasif dan fluoride, untuk menghilangkan noda pada gigi. 

Hal yang Perlu Dilakukan setelah ke Poli Gigi

Setelah pemeriksaan di poli gigi selesai, dokter gigi akan mengajak kamu untuk berdiskusi mengenai perawatan lanjutan yang dibutuhkan. Jika ada masalah pada gigi, kunjungan mungkin perlu dilakukan kembali, sesuai jadwal yang disepakati. 

Di rumah, kamu perlu menjaga kebersihan dan kesehatan gigi. Dengan cara rutin menyikat gigi, setidaknya 2 kali sehari, dan menggunakan benang gigi. Hindari kebiasaan yang buruk bagi gigi, seperti merokok, menggigit benda keras, atau menggeretakkan gigi. 

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan