• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Posisi Yoga yang Dapat Membantu Proses Persalinan Normal

Posisi Yoga yang Dapat Membantu Proses Persalinan Normal

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Posisi Yoga yang Dapat Membantu Proses Persalinan Normal

Halodoc, Jakarta – Yoga adalah salah satu jenis olahraga yang aman dan bahkan direkomendasikan untuk ibu hamil. Yoga untuk ibu hamil bukan hanya bertujuan untuk meningkatkan kualitas mental dan fisik, tetapi juga melatih pernapasan agar nantinya ibu lebih mudah dalam menjalani persalinan normal. 

Bedanya dengan yoga biasa, yoga yang dilakukan ibu hamil tentu lebih ringan dan tidak melakukan posisi-posisi yang ekstrem. Nah, berikut jenis-jenis posisi yoga yang dapat membantu proses persalinan normal. 

Baca juga: 5 Olahraga yang Paling Disarankan untuk Ibu Hamil

Posisi Yoga untuk Membantu Persalinan Normal

1. Easy Pose

Easy pose dilakukan dengan menyilangkan kaki dan menegakkan badan. Saat badan sudah tegak, pastikan punggung tidak membungkuk. Rilekskan otot-otot bagian punggung sembari berlatih pernafasan. Pose ini dapat membuat tulang punggung ibu lebih kuat, sehingga meminimalkan sakit punggung yang biasanya muncul seiring bertambahnya usia kehamilan. Selain itu, easy pose juga dapat membuka otot panggul dan mengatur pernapasan lebih baik khususnya untuk mempersiapkan persalinan.

2. Squat Pose 

Squat pose untuk ibu hamil tentunya berbeda dengan squat biasa. Caranya, ambil posisi jongkok tapi pastikan punggung tetap tegak lurus. Agar posisi seimbang, tempelkan kedua telapak tangan sambil melatih nafas secara teratur. Squat pose bermanfaat untuk membuka panggul, mengurangi ketegangan tulang punggung, pinggang, bahu serta leher. Namun, squat pose biasanya ditujukan untuk ibu hamil yang sudah memasuki 37 minggu ke atas. 

3. Child Pose

Untuk melakukan child pose, ibu perlu melipat kaki dengan posisi lutut menyentuh matras, kemudian tundukkan badan ke arah depan seperti posisi sujud. Setelah itu, rentangkan tangan ke depan lurus searah kepala. Jika rutin dilakukan, child pose sangat berguna untuk membuka area panggul dan paha dalam, meregangkan selangkangan, serta mengurangi rasa tegang di bagian perut.

Baca juga: 8 Tips Melahirkan Normal

4. Butterfly Pose

Butterfly pose juga salah satu posisi yang sering direkomendasikan untuk ibu hamil. Cara melakukan butterfly pose, lipat kaki dan tempelkan kedua telapak kaki sampai rapat. Pegang bagian tempurung kaki untuk memastikan posisi kaki tetap nyaman. Posisi ini bertujuan untuk membuka area panggul dan paha dalam, membantu mengarahkan bayi untuk turun menuju area pelvis dan membantu proses pembukaan saat kontraksi terjadi. Tidak heran kalau posisi yang satu ini sering direkomendasikan untuk ibu hamil yang ingin melakukan persalinan normal. 

5. Wide Angle 

Buka kaki selebar mungkin lalu regangkan dan luruskan searah diagonal. Agar lebih nyaman, letakkan penyangga (umumnya bantal) di depan perut. Kemudian, tundukkan badan ke arah penyangga dan lakukan peregangan setidaknya selama 3-5 menit. Posisi yang satu ini bermanfaat untuk meringankan nyeri pinggul dan pinggang kram seiring dengan perut yang terus membesar. Wide angle juga bertujuan untuk membuka panggul dan tulang kelangkang sehingga proses persalinan normal bisa lebih lancar.

6. Crescent Lunge

Tekuk salah satu kaki dengan posisi kuda-kuda dan selonjorkan kaki satunya ke belakang badan hingga lurus. Jika posisi sudah nyaman, angkat tangan lurus ke atas untuk menjaga keseimbangan selama gerakan ini dilakukan. Crescent lunge dilakukan untuk memberikan ruang pada bayi supaya melakukan rotasi (memutar kepala ke arah panggul) sekaligus mengarahkan bayi ke area pelvis.

Baca juga: Ketahui 3 Tahapan dalam Persalinan Normal

Kalau ibu berencana melahirkan normal, sebaiknya rutin melakukan posisi-posisi di atas ya! Jika punya pertanyaan lain seputar kehamilan, hubungi dokter lewat Halodoc saja. Ibu dapat menghubungi dokter kapanpun dan dimanapun ibu butuhkan. 

Referensi:
The Bump. Diakses pada 2020. 6 Exercises to Help Induce Labor.
Motherly. Diakses pada 2020. Yoga Poses for Labor.