• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Produk Perawatan Bayi Digunakan Oleh Orang Dewasa, Bolehkah?
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Produk Perawatan Bayi Digunakan Oleh Orang Dewasa, Bolehkah?

Produk Perawatan Bayi Digunakan Oleh Orang Dewasa, Bolehkah?

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc : 12 Juni 2018
Produk Perawatan Bayi Digunakan Oleh Orang Dewasa, Bolehkah?Produk Perawatan Bayi Digunakan Oleh Orang Dewasa, Bolehkah?

Halodoc, Jakarta – Beberapa wanita suka menggunakan produk bayi untuk perawatan tubuh karena formulanya yang ringan dan punya aroma yang lembut. Namun, enggak semua produk bayi cocok digunakan oleh orang dewasa. Pasalnya, orang dewasa memiliki tekstur dan struktur kulit yang berbeda dengan kulit bayi.  Jadi, sebelum kamu memutuskan untuk menggunakan produk bayi, perhatikan dulu hal-hal berikut.

Karena terbuat dari bahan yang ringan, produk bayi dianggap lebih aman dibanding produk orang dewasa. Itulah mengapa kebanyakan orang yang punya kulit sensitif memilih untuk menggunakan produk bayi untuk perawatan tubuh mereka sehari-hari.

Namun, perlu diingat juga bahwa kondisi kulit bayi masih sangat lembut dan halus karena belum terkena faktor eksternal perusak kulit seperti stres, polusi udara, dan radiasi sinar matahari. Sedangkan orang dewasa hampir tidak bisa menghindari hal-hal tersebut ketika beraktivitas sehari-hari, sehingga mereka perlu menggunakan produk yang bekerja lebih keras daripada yang dipakai oleh bayi.

Selain itu, seiring bertambahnya usia, tubuh akan menghasilkan hormon-hormon yang memengaruhi perkembangan kulit dan rambut. Itulah mengapa orang dewasa sering mengalami masalah rambut kering, berminyak, patah atau rontok, dan berketombe. Masalah-masalah tersebut tidak bisa ditangani dengan menggunakan produk bayi, karena formulanya hanya dikhususkan untuk mengatasi masalah umum pada bayi.

(Baca juga: 5 Penyebab Munculnya Ketombe)

Namun, bukan berarti kamu tidak boleh menggunakan produk bayi. Ada beberapa produk bayi yang malah sangat bermanfaat untuk kulit orang dewasa. Buat kamu yang memiliki jenis kulit sensitif misalnya, kamu disarankan untuk menggunakan produk bayi yang sangat aman dan nyaman digunakan, karena biasanya minim bahan kimia dan tidak mengandung pengawet. Berikut produk bayi yang bisa digunakan oleh orang dewasa:

  • Sampo Bayi

Sampo bayi cocok digunakan oleh kamu yang punya kulit kepala yang sensitif, sehingga tidak bisa memakai produk berbahan kimia secara berlebihan pada rambut. Formula sampo bayi yang lembut dapat membuat kulit kepalamu bersih serta nyaman digunakan. Namun, buat kamu yang rambutnya mudah berketombe, sebaiknya hindari menggunakan sampo bayi. Ingat, sampo bayi tidak cukup ampuh membersihkan dan melindungi rambut dari debu dan polusi udara karena formulanya sangat ringan.

  • Sabun Mandi

Sabun bayi merupakan salah satu produk yang cocok dan aman digunakan segala umur. Sabun bayi memiliki kandungan yang lembut sehingga juga baik digunakan untuk kulit orang dewasa. Selain itu, sabun bayi dapat melembutkan, melembapkan, serta membuat kulit lebih halus dari sebelumnya.

  • Krim Bayi

Kamu juga bisa menggunakan krim bayi pada kulitmu sendiri, lho. Namun, krim bayi lebih cocok bila diaplikasikan pada siku, lutut, tumit, dan daerah kering lainnya. Hindari menggunakannya pada seluruh badan, apalagi wajah. Kamu yang punya kulit berminyak juga sebaiknya jangan menggunakan krim bayi karena sebagian besar produk tersebut memiliki kandungan minyak yang tinggi. Bila digunakan pada kulit berminyak, maka bisa membuat pori-pori kulit tersumbat, sehingga akhirnya timbul komedo dan jerawat.

  • Baby Oil

Produk bayi lainnya yang juga bisa digunakan orang dewasa adalah baby oil, karena dapat diterapkan untuk semua jenis kulit. Baby oil bisa membuat kulitmu lebih halus dan lembut. Bahkan kamu bisa menggunakan baby oil untuk menghapus makeup di wajah terutama yang waterproof.

(Baca juga: 5 Tips Membersihkan Makeup Membandel

Kamu bisa membeli produk-produk bayi yang kamu butuhkan lewat aplikasi Halodoc, lho. Caranya sangat mudah, tinggal order saja lewat fitur Apotik Antar dan pesananmu akan tiba dalam waktu satu jam. Ayo, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.