• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Prosedur Melakukan Panoramic untuk Memperbaiki Susunan Gigi
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Prosedur Melakukan Panoramic untuk Memperbaiki Susunan Gigi

Prosedur Melakukan Panoramic untuk Memperbaiki Susunan Gigi

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani : 09 Oktober 2020
Prosedur Melakukan Panoramic untuk Memperbaiki Susunan Gigi

Halodoc, Jakarta – Panoramic adalah pemeriksaan rontgen gigi dua dimensi (2-D) yang menangkap gambaran seluruh mulut dalam satu gambar, termasuk gigi, rahang atas dan bawah, struktur dan jaringan di sekitarnya. Rahang adalah struktur melengkung yang mirip dengan tapal kuda. Namun, rontgen panorama atau panoramic dapat menghasilkan gambar datar dari struktur lengkung. Penggambaran ini biasanya dapat memberikan penampakan detail tentang tulang dan gigi. Bagaimana prosedur melakukan panoramic untuk memperbaiki susunan gigi? Selengkapnya baca di sini!

Mengenal Prosedur Panoramic

Rontgen panoramic adalah pemeriksaan yang biasa dilakukan oleh dokter gigi dan ahli bedah mulut untuk memberikan informasi tentang sinus maksilaris, posisi gigi, dan kelainan tulang lainnya. Pemeriksaan ini juga digunakan untuk merencanakan perawatan gigi palsu penuh dan sebagian, pemasangan kawat gigi, pencabutan dan implan.

Baca juga: Ketahui Prosedur Panoramic untuk Implan Gigi

Rontgen panoramic juga dapat mengungkap masalah gigi dan medis seperti:

1. Penyakit periodontal lanjut.

2. Kista di tulang rahang.

3. Tumor rahang dan kanker mulut.

4. Gigi yang mengalami benturan, termasuk gigi bungsu.

5. Gangguan rahang (juga dikenal sebagai sendi temporomandibular atau gangguan TMJ).

6. Radang dalam selaput lendir.

Pemeriksaan panoramic tidak memerlukan persiapan khusus. Kamu mungkin diminta untuk memakai celemek timah sebagai tindakan pencegahan keselamatan untuk melindungi seluruh tubuh dari paparan radiasi yang mungkin menyebar dari sinar x-ray panoramic

Kamu juga mungkin diminta untuk melepaskan perhiasan dari area yang sedang dicitrakan, seperti kaca mata, dan benda logam apa pun yang dapat mengganggu gambar sinar-X. Wanita harus selalu memberi tahu dokter gigi atau ahli bedah mulut mereka jika ada kemungkinan mereka hamil. 

Baca juga: Ini Keuntungan Pemeriksaan Gigi dengan Panoramic

Banyak tes pencitraan tidak dilakukan selama kehamilan agar janin tidak terpapar radiasi. Jika x-ray diperlukan, tindakan pencegahan akan dilakukan untuk meminimalkan paparan radiasi pada bayi. 

Prosedur Pemeriksaan Panoramic

Sinar-X adalah salah satu bentuk radiasi seperti cahaya atau gelombang radio. Sinar-X melewati sebagian besar objek, termasuk tubuh. Setelah dengan hati-hati diarahkan ke bagian tubuh yang diperiksa, mesin sinar-X menghasilkan semburan kecil radiasi yang melewati tubuh, merekam gambar pada film fotografi atau detektor khusus.

Selama pemeriksaan rontgen panoramic, tabung rontgen berputar membentuk setengah lingkaran di sekitar kepala pasien, mulai dari satu sisi rahang dan berakhir di sisi lainnya. Mesin x-ray panoramic memproyeksikan sinar melalui pasien ke film atau detektor yang berputar berlawanan dengan tabung x-ray.

Baca juga: Kenapa Pemeriksaan Panoramic Perlu Dilakukan?

Gambar sinar-X adalah file digital yang disimpan secara elektronik. Gambar yang disimpan ini mudah diakses untuk didiagnosis sebelum menentukan rencana perawatan. Format digital juga memungkinkan dokter gigi untuk menyesuaikan dan mengubah kontras, kecerahan, dan kegelapan gambar untuk visualisasi struktur dan jaringan tertentu yang lebih baik. 

Prosedur pemeriksaan panoramic dilakukan seaman dan senyaman mungkin. Kamu akan ditempatkan di tengah unit di mana teknisi akan dengan hati-hati memosisikan dan mengamankan kepala. 

Pemblokir gigitan kemudian ditempatkan di mulut untuk memastikan keselarasan gigi. Penempatan gigi dan kepala yang benar penting untuk mendapatkan gambar yang jelas. Kamu akan diminta untuk tetap diam saat lengan yang berputar bergerak membentuk setengah lingkaran mengelilingi kepala dan gambar sedang diambil. Ini biasanya dapat berlangsung antara 12 hingga 20 detik.

Masih butuh informasi tambahan mengenai prosedur panoramic? Tanyakan langsung saja ke dokter Halodoc. Dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.

Referensi:
RadiologyInfo.org. Diakses pada 2020. Panoramic Dental X-ray.
Dental Care. Diakses pada 2020. Panoramic Radiographs: Technique & Anatomy Review.