• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ras Anjing Apa yang Memiliki Umur Panjang?

Ras Anjing Apa yang Memiliki Umur Panjang?

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Ras Anjing Apa yang Memiliki Umur Panjang?

Halodoc, Jakarta - Saat memutuskan untuk memelihara anjing, kamu harus tahu menyadari bahwa kamu akan mengalami momen paling berat, yakni momen saat harus mengucapkan selamat tinggal padanya. Umur rata-rata seekor anjing adalah sekitar 10 hingga 13 tahun. Seperti hewan lainnya, pola makan yang baik, banyak olahraga, dan perawatan kesehatan yang sangat baik akan memaksimalkan usia mereka. Namun, genetika juga bisa berperan dalam usia seekor anjing. 

Anjing kecil umumnya hidup lebih lama dari jenis anjing dengan ras besar. Jadi, jika kamu ingin bertahun-tahun memelihara anjing, jangan memilih anjing dengan ras besar. Pasalnya, ras anjing dengan ukuran yang besar jarang bisa hidup lebih dari delapan tahun.

Jika kamu berencana untuk mengadopsi seekor anjing, berikut ini beberapa ras anjing yang dikenal memiliki umur yang panjang: 

Baca juga: 6 Ras Kucing yang Bersahabat dengan Anjing

Chihuahua

Chihuahua adalah salah satu ras anjing dengan usia hidup terpanjang. Banyak anjing jenis ini hidup lebih dari 15 tahun, bahkan ada yang hidup sampai 20 tahun. Meski ukurannya kecil, mereka masih membutuhkan banyak olahraga, stimulasi mental, dan pelatihan. Mereka umumnya bisa hidup dengan sehat, tetapi anjing chihuahua cukup rentan terhadap masalah jantung dan mata. Mereka bisa tumbuh setinggi 13 hingga 21 sentimeter, dengan bobot sekitar 3 kilogram. 

Dachshund

Anjing jenis Dachshund tidak jarang yang bisa hidup hingga lebih dari 15 tahun. Faktanya, seekor anjing Dachshund bernama Chanel mencetak Guinness World Record sebagai anjing tertua yang masih hidup. Chanel meninggal pada tahun 2011 pada usia 21 tahun. Selain itu, anjing Dachshund dapat memiliki masalah kesehatan terkait usia, terutama masalah punggung, yang dapat diperburuk oleh obesitas. Anjing jenis ini bisa tumbuh setinggi 13 hingga 23 sentimeter dengan bobot hingga 15 kilogram.

Toy Poodle

Toy poodle yang cerdas bisa menjadi hewan peliharaan keluarga yang baik. Namun, jangan meremehkan energi mereka. Anjing jenis ini bisa hidup hingga mencapai usia 18 tahun. Akan tetapi, Toy poodle rentan terhadap masalah ortopedi serta gangguan mata. Ia bisa tumbuh hingga 25 sentimeter dengan bobot antara 2 hingga 3 kilogram. 

Jack Russell Terrier

Jack Russell Terrier adalah ras kecil lain yang sering bisa hidup hingga usia 16 tahun. Seperti Dachshund, Jack Russell juga pernah memegang Guinness World Record untuk anjing tertua yang masih hidup. Willie, salah satu anjing dari ras ini bisa mencapai usia 20 tahun sebelum meninggal pada tahun 2014. Mereka bisa tumbuh setinggi 33 hingga 36 sentimeter dengan bobot antara 6 hingga 8 kilogram. 

Baca juga: Manfaat Kesehatan Memiliki Hewan Peliharaan

Shih Tzu

Shih Tzu adalah jenis anjing yang ramah dan mudah beradaptasi dan biasanya hidup hingga 15 tahun atau lebih. Anjing jenis ini dibesarkan untuk menjadi sahabat dan hanya membutuhkan jalan-jalan dan waktu bermain singkat setiap hari. Bulu mereka juga perlu disikat setiap hari. Shih Tzu umumnya hidup sehat, tetapi ia cukup rentan terhadap masalah ortopedi dan mata. Mereka bisa tumbuh dengan tinggi 23 hingga 28 sentimeter dan bobot dari 4 hingga 7 kilogram. 

Malta

Maltese biasanya adalah ras anjing ukuran kecil yang sangat sehat dan dapat hidup hingga 15 tahun atau lebih. Anjing jenis ini berkembang biak dengan teman dan kasih sayang, tetapi ini juga berarti mereka rentan terhadap kecemasan perpisahan jika dibiarkan sendiri dalam waktu yang lama. Oleh karena itu, ia perlu diberikan pelatihan perilaku untuk membantu mereka menyesuaikan diri. Mereka bisa tumbuh setinggi 18 hingga 23 sentimeter dengan bobot sampai 3,2 kilogram. 

Yorkshire Terrier

Yorkshire terrier adalah jenis anjing yang cukup populer juga karena kecerdasannya. Meskipun setia dan penyayang dengan keluarganya, tetapi mereka memiliki sifat terrier, termasuk naluri menjaga yang kuat dan cukup vokal. Tidak jarang Yorkie bisa hidup sampai 15 tahun atau lebih. Mereka bisa hidup hingga setinggi 18 hingga 20 sentimeter dengan bobot 3,2 kilogram. 

Pomeranian

Pomeranian dikenal sebagai anjing yang ramah, tetapi terkadang sedikit suka memerintah. Anjing ini biasanya sangat setia kepada keluarganya dan mungkin akan mengambil peran sebagai anjing penjaga meski ukurannya kecil. Meskipun mereka bisa menjadi tangguh, tetapi pelatihan yang konsisten dapat mengubahnya menjadi hewan peliharaan yang hebat dan dapat hidup hingga 16 tahun atau lebih. Anjing pomeranian bisa tumbuh setinggi 16 hingga 18 sentimeter dengan bobot hanya 1,3 hingga 3,2 kilogram. 

Baca juga: Begini Cara Tepat Melatih Anak Anjing

Itulah beberapa jenis anjing dengan usia hidup yang paling panjang. Namun, kamu perlu ingat bahwa pola hidup sehat juga bisa membuat mereka bisa hidup hingga maksimal usianya. Kamu bisa tanyakan pada dokter hewan di Halodoc mengenai perawatan apa saja yang diperlukan supaya anjing selalu sehat dan bisa hidup lebih panjang umur. Ambil smartphone-mu, dan nikmati kemudahan bicara dengan dokter hewan, kapan dan di mana saja!

Referensi:
Cesarway. Diakses pada 2020. Longest Living Dog Breeds.
Fetch by WebMD. Diakses pada 2020. Long-Living Dog Breeds.
The Spruce Pets. Diakses pada 2020. The Best Dog Breeds With Long Lifespans.