Rayakan Imlek, Ini 7 Manfaat Jeruk yang Perlu Diketahui

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   31 Januari 2022
Rayakan Imlek, Ini 7 Manfaat Jeruk yang Perlu DiketahuiRayakan Imlek, Ini 7 Manfaat Jeruk yang Perlu Diketahui

“Buah jeruk punya makna istimewa dalam setiap perayaan Imlek. Terlepas dari maknanya, manfaat jeruk bagi kesehatan pun sangat banyak. Termasuk meningkatkan kekebalan tubuh.”


Halodoc, Jakarta - Perayaan tahun baru Cina atau Imlek selalu dimeriahkan dengan berbagai pernak-pernik yang khas. Termasuk makanan khas seperti buah jeruk. Terlepas dari keyakinan akan makna yang baik, manfaat jeruk bagi kesehatan juga sangat banyak, lho.

Bahasa Mandarin buah jeruk adalah “chi zhe”. Chi artinya rezeki dan zhe artinya buah. Jadi, ketika digabungkan, jeruk artinya buah pembawa rezeki. Selain itu, warna oranye yang cerah dan cantik juga memiliki makna tersendiri lho. 

Menurut kepercayaan orang Tionghoa, warna oranye yang cerah melambangkan emas. Secara tidak langsung, emas di sini adalah uang yang berarti rezeki. Jadi, membagikan buah jeruk ke sanak keluarga saat imlek memiliki maksud supaya rezeki mereka terus bertambah.

Manfaat Jeruk bagi Kesehatan

Jeruk mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Tidak hanya memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, jeruk juga menjadi sumber serat, vitamin B, vitamin A, kalsium, dan kalium yang baik.

Jadi, selain punya makna yang baik bagi perayaan Imlek, berikut ini berbagai manfaat jeruk bagi kesehatan:

1.Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Vitamin C adalah vitamin yang penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh yang sehat. Itulah mengapa mengonsumsi jeruk imlek yang kaya akan vitamin C bisa membuat kamu tidak gampang sakit dan membantu mencegah penyakit seperti masuk angin dan infeksi telinga berulang.

2.Mencegah Kerusakan Kulit

Manfaat jeruk lainnya adalah mencegah kerusakan kulit. Ini karena kandungan antioksidan dalam jeruk juga mampu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas.

Radikal bebas diketahui bisa menjadi penyebab munculnya tanda-tanda penuaan. Makan jeruk setiap hari dipercaya bisa membantu kamu terlihat muda bahkan di usia 50 tahun, lho.

3.Menjaga Tekanan Darah Tetap Normal

Tidak hanya kaya akan vitamin C, jeruk juga kaya vitamin B6 yang bermanfaat untuk membantu mendukung produksi hemoglobin. Selain itu, jeruk juga membantu menjaga tekanan darah tetap terkendali berkat adanya magnesium.

4.Membantu Mengontrol Kadar Gula Darah

Berkat kandungan serat yang terdapat di dalamnya, manfaat jeruk imlek baik untuk pengidap diabetes karena bisa membantu menjaga kadar gula darah tetap terkendali. 

Apalagi jeruk juga memiliki gula sederhana. Gula buah alami dalam jeruk yang disebut fruktosa. Ini bisa membantu menjaga kadar gula darah tidak naik terlalu tinggi setelah makan. Indeks glikemiknya adalah 40, sehingga jeruk bisa dikatakan sebagai makanan yang rendah gula. 

5.Mengurangi Risiko Kanker

Manfaat jeruk imlek lainnya adalah mengurangi risiko terjadinya kanker. Senyawa D-limonene dalam buah jeruk disebut-sebut mampu mencegah kanker, seperti kanker paru-paru, kanker kulit, bahkan kanker payudara.

Kandungan vitamin C dan antioksidannya yang bermanfaat untuk membangun kekebalan tubuh, juga mampu membantu melawan kanker. Serat dari buah ini juga membuatnya bisa menjadi pelindung dari kanker. 

6.Menjaga Kesehatan Mata

Bukan hanya wortel, jeruk juga merupakan sumber karotenoid yang baik. Vitamin A yang terdapat di dalamnya berperan penting dalam menjaga kesehatan selaput lendir di mata. 

Vitamin A juga bermanfaat untuk mencegah degenerasi makula terkait usia, yang dalam kondisi yang parah, bisa menyebabkan kebutaan.

7.Baik untuk Sistem Pencernaan

Meskipun sifat dasar jeruk adalah asam sebelum tubuh benar-benar mencernanya, buah ini memiliki banyak mineral alkali yang berperan dalam proses pencernaan. Jeruk juga memiliki serat, baik yang larut dan tidak larut.

Kandungan ini membantu menjaga fungsi usus dan perut kamu tetap lancar yang akhirnya mencegah sindrom iritasi usus besar. Selain itu, serat juga membantu mengatasi sembelit.

Itulah manfaat jeruk imlek yang baik untuk kesehatan. Namun, bagi kamu yang punya masalah lambung, ada baiknya kamu berdiskusi dulu dengan dokter melalui aplikasi Halodoc.

Dengan begitu, kamu bisa meminta tips aman mengonsumsi jeruk saat perayaan Imlek. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!


Referensi:
Times of India. Diakses pada 2022. 10 Health Benefits of Eating Oranges.
Healthline. Diakses pada 2022. Oranges: Nutrients, Benefits, Juice, and More.
Medical News Today. Diakses pada 2022. What To Know About Oranges.



Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan