Rekomendasi Dokter Spesialis Paru

Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   21 Juni 2021
Rekomendasi Dokter Spesialis ParuRekomendasi Dokter Spesialis Paru

“Pulmonologi merupakan bagian dari bidang ilmu kedokteran yang memiliki fokus pada kesehatan dan gangguan fungsi paru-paru manusia. Beberapa penyakit yang masuk dalam fokus spesialis pulmonologi, seperti asma, TBC, penyakit paru obstruktif kronis, pneumonia, emfisema, dan infeksi dada kronis”

Pernahkah kamu mendengar tentang penyakit TBC (Tuberkulosis) atau penyakit paru obstruktif kronis (PPOK)? Keduanya adalah beberapa dari banyaknya penyakit paru yang bisa dialami oleh siapa saja; dari anak-anak hingga dewasa, dan lanjut usia. Apakah kamu bertanya-tanya kemana sebaiknya berkonsultasi tentang kondisi kesehatan paru-paru? Jawabannya adalah Pulmonologi atau dokter spesialis paru.

Baca juga: Alami Gejala Pneumonia, Haruskah Diperiksa ke Dokter Spesialis Paru?

Apa itu Pulmonologi?

Pulmonologi adalah bagian dari bidang ilmu kedokteran yang memiliki fokus pada kesehatan dan gangguan fungsi paru-paru manusia. Pulmonologi sendiri berasal dari bahasa Latin yaitu “pulmō”, “pulmōnis” yang berarti paru-paru dan bahasa Yunani “-λογία” /-logia/ yang berarti ilmu pengetahuan. Pulmonologi juga dianggap sebagai ilmu penyakit dalam khusus untuk bagian dada dan pernapasan. Beberapa penyakit yang masuk dalam fokus spesialis pulmonologi antara lain, yaitu:

  • Asma
  • TBC
  • Penyakit Paru Obstruktif Kronis (PPOK)
  • Pneumonia
  • Emfisema
  • Infeksi Dada Kronis

Baca juga: Awas, Ibu Perlu Waspadai Gejala TBC pada Anak

Kalau kamu yang ingin mencari dokter Pulmonologi atau dokter spesialis paru karena mengalami batuk berkepanjangan, sesak napas, napas berbunyi (mengi), atau bahkan nyeri dada, jangan ragu untuk bertanya langsung pada dokter Halodoc, yang direkomendasi di bawah ini: 

  1. dr Ahmad Aswar Siregar M. Ked (Paru), Sp.P (K) 

Dokter Spesialis Pulmonologi dan Respirasi yang berpraktek di Rumah Sakit Mitra Sejati Medan dan Rumah Sakit Islam Malahayati. Dokter Ahmad Aswar menamatkan pendidikan Spesialis Pulmonologi dan Respirasi di Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara, Medan, dan menjadi anggota Perhimpunan Dokter Paru Indonesia.

  1. dr. Aida, M. Ked (Paru), Sp. P 

Dokter Spesialis Paru yang berpraktik di Rumah Sakit Eshmun, Medan dan RSU Royal Prima Marelan.

Baca juga: PPOK Tidak Bisa Disembuhkan, Benarkah?

Penanganan yang dini tentunya akan membuat pengobatan menjadi lebih mudah dilakukan. Yuk, download Halodoc sekarang juga melalui App Store ataupun Google Play!

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan