Remaja Kecanduan Game Jadi Bagian dari Gangguan Kontrol Impuls

Ditinjau oleh  dr. Verury Verona Handayani   06 Januari 2021
Remaja Kecanduan Game Jadi Bagian dari Gangguan Kontrol ImpulsRemaja Kecanduan Game Jadi Bagian dari Gangguan Kontrol Impuls

Halodoc, Jakarta – Kecanduan bermain game telah ditetapkan sebagai gangguan kesehatan oleh organinsasi kesehatan dunia alias WHO. Hal ini dikaategorikan sebagai gangguan kesehatan mental yang harus diwaspadai. Kecanduan game perlu segera diatasi sebab hal ini bisa meningkatkan risiko penurunan kualitas hidup, terutama jika dialami oleh remaja.

Bermain game sebenarnya adalah hal yang boleh saja dilakukan dan sering dijadikan cara untuk menurunkan stres setelah seharian beraktivitas. Namun, hal ini sebaiknya tidak dilakukan secara berlebihan karena bisa memicu kecanduan. Remaja yang mengalami kecanduan game biasanya akan merasa tidak betah dan kesulitan saat harus melewati waktu tanpa bermain game.

Baca juga: 7 Faktor yang Tingkatkan Risiko Alami Gangguan Kontrol Impuls

Kecanduan Game Berkaitan dengan Gangguan Kontrol Impuls

Kabar buruknya, kecanduan game ternyata berkaitan dan merupakan bagian dari gangguan kontrol impuls. Kondisi ini merupakan gangguan kesehatan mental yang menyebabkan pengidapnya mengalami dampak yang dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain di sekitar. Kecanduan game bisa membuat seseorang menghindari lingkungan sosial, tidak dapat membangun hubungan dengan orang lain, serta kesulitan mengendalikan impuls agresif.

Maka dari itu, penting untuk mengenali dan mengetahui seputar kecanduan game dan gangguan kontrol impuls. Mengetahui lebih banyak mengenai gangguan kontrol impuls menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kondisi ini. Gangguan kontrol impuls jarang terdeteksi sejak awal akibat banyaknya pengidap gangguan kontrol impuls yang tidak mengerti kondisi yang sedang dialami.

Gangguan kontrol impuls yang dialami dan tidak diatasi dengan baik dapat menyebabkan pengidapnya kesulitan untuk mengendalikan impuls agresif dan juga mengalami kondisi antisosial. Gangguan kontrol impuls menyebabkan pengidapnya melakukan tindakan yang melibatkan kekerasan fisik serta perusakan sejumlah barang.

Baca juga: Harus Tahu, Ini Efek Kecanduan Bermain Game Online Bagi Otak

Lantas, apa kaitannya dengan pengidap kecanduan game? Pengidap kecanduan game dapat mengalami beberapa gejala, seperti tidak dapat terpisah dari game, merasa sedih atau frustrasi saat tidak bermain game, tidak mau melakukan kegiatan lainnya selain bermain game, hingga alami gangguan pada hubungan sosial atau keluarga.

Seseorang yang mengalami kecanduan game dapat menjadi bagian dari gangguan kontrol impuls karena dapat menyebabkan dampak yang hampir sama. Kedua kondisi ini dapat menyebabkan pengidapnya menjadi antisosial dan enggan berhubungan dengan lingkungan sosial. Tidak jarang, mereka juga dapat menghindari situasi sosial untuk bermain game

Kondisi tekanan lingkungan dan juga gangguan neurologis dinilai menjadi penyebab seseorang alami gangguan kontrol impuls. Selain itu, ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko seseorang alami gangguan kontrol impuls, seperti:

  1. Jenis kelamin laki-laki yang lebih rentan mengalami kondisi ini.
  2. Memiliki keluarga dengan riwayat gangguan kontrol impuls.
  3. Menggunakan narkoba dan juga kecanduan alkohol.
  4. Mengalami kondisi yang traumatis pada masa lalu.
  5. Mengalami kekerasan saat masa kecil.
  6. Memiliki gangguan kesehatan mental lainnya, seperti stres atau depresi.

Melansir American Addiction Centers, kondisi ini dapat diatasi dengan beberapa cara, salah satunya dengan melakukan terapi. Beberapa jenis terapi yang dapat dilakukan, seperti cognitive behavioral therapy, dialectical behavioral therapy, serta gaya hidup yang sehat. Dalam melakukan terapi, dukungan dan pendampingan dari keluarg akan sangat penting.

Baca juga: 5 Jenis Penyakit yang Termasuk Gangguan Kontrol Impuls

Jika masih penasaran dan butuh lebih banyak informasi seputar kecanduan game atau gangguan kontrol impuls, coba tanya dokter di aplikasi Halodoc saja. Lebih menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat. Kamu juga bisa menanyakan seputar gangguan kesehatan lain pada dokter terpercaya. Ayo, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store dan Google Play!

Referensi:

WHO. Diakses pada 2021. Addictive behaviours: Gaming disorder.
American Addiction Centers. Diakses pada 2021. Impulse Control Disorders and Substance Abuse.
Psychology Today. Diakses pada 2021. Impulse Control Disorders.
WebMD. Diakses pada 2021. Video Game Addiction.


Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan