Saat Motivasi Kerja Mulai Hilang, Apa yang Harus Dilakukan?

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   28 Desember 2021
Saat Motivasi Kerja Mulai Hilang, Apa yang Harus Dilakukan?Saat Motivasi Kerja Mulai Hilang, Apa yang Harus Dilakukan?

“Selain rasa bosan, hal lain seperti keraguan pada diri sendiri juga dapat memicu hilangnya motivasi kerja. Nah, agar masalah ini tidak berlarut menjadi penurunan produktivitas total, ada beberapa langkah yang dapat kamu lakukan. Mulai dari memastikan kembali kalau pekerjaan yang dijalani sesuai minat, hingga menentukan target dan tujuanmu.”

Halodoc, Jakarta - Kehilangan motivasi kerja umum dialami oleh orang yang bosan menjalani rutinitas pekerjaan yang sama setiap harinya. Saat kehilangan motivasi kerja, cara mudah untuk mengembalikannya harus dimulai dari diri sendiri. Sebab, jika hilangnya motivasi kerja tidak segera ditangani, hal ini tentu dapat memengaruhi kesehatan mental seseorang. 

Nah, sebenarnya tidak sulit untuk mengembalikan motivasi kerja. Kuncinya adalah keteguhan dari dalam diri. Maka dari itu, ketahuilah beberapa langkah yang dapat dilakukan guna mengembalikan motivasi kerja yang mulai hilang. Penasaran apa saja? Yuk simak ulasannya di sini! 

Ketahui Dulu Penyebabnya 

Sebelum membahas terkait langkah yang dapat dilakukan untuk mengembalikan motivasi kerja, sebaiknya ketahui dulu penyebab dari hilangnya motivasi secara umum. Berikut adalah beberapa penyebabnya: 

1. Menghindari ketidaknyamanan. Seperti menghindari menyelesaikan tantangan atau pekerjaan yang sulit karena tidak ingin menimbulkan konflik. 

2. Keraguan pada diri sendiri. Seperti berpikiran bahwa kamu tidak dapat mengerjakan sesuatu dengan baik. Akibatnya, dirimu dapat menjadi takut untuk memulai sesuatu. 

3. Dipicu oleh masalah mental. Kurangnya motivasi adalah gejala umum dari depresi. Jadi, penting untuk segera memeriksakan diri ke psikolog jika hilangnya motivasi tak kunjung membaik dalam jangka waktu yang lama. 

Langkah Efektif Mengembalikan Motivasi Kerja

Berikut ini beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mengembalikan motivasi kerja, antara lain:

1. Pastikan Pekerjaan yang Dijalani sesuai dengan Minat

Menjalani pekerjaan sesuai dengan minat mungkin terdengar klasik. Namun, hal ini diakui bisa menjadikan motivasi yang kuat. Jika pekerjaan yang kamu jalani sudah sesuai dengan minat, maka perlu bersyukur. Jika belum, jangan takut untuk menemukan pekerjaan yang lebih sesuai. 

2. Seimbang antara Waktu Bekerja dan Istirahat

Seseorang bisa kehilangan motivasi kerja karena terlalu lelah. Itulah pentingnya memiliki keseimbangan antara waktu bekerja dan istirahat. Jika merasa kelelahan secara fisik atau psikis, hilangnya motivasi kerja sangat mudah terjadi. Coba atur waktu istirahat yang lebih konsisten dengan durasi yang cukup. 

Di luar jam makan siang, kamu bisa menyisihkan 10–15 menit untuk setiap 1 atau 2 jam sekali untuk istirahat. Perlu diingat juga untuk tidak mengambil waktu istirahat terlalu lama supaya pekerjaan tidak terbengkalai.

3. Pekerjaan dan Kehidupan yang Seimbang

Jangan sampai karena pekerjaan kamu justru mengorbankan kehidupan pribadi. Hal tersebut menjadi salah satu penyebab seseorang kehilangan motivasi kerja. Setelah pulang kerja, kamu perlu menikmati waktu untuk diri sendiri atau bersama keluarga. Begitu juga saat hari libur, cobalah menikmati waktu dengan melakukan hal-hal yang menyenangkan dan bersama orang-orang yang disayangi.

4. Jalani Pola Hidup Sehat

Hidup sehat berjalan lurus dengan mengembalikan motivasi kerja. Jika bekerja dengan kondisi fisik yang psikis yang kurang baik, rasanya tidak akan nyaman. Itulah pentingnya membiasakan diri sarapan dan olahraga sebelum bekerja. Selain itu, kebiasaan begadang harus dihindari agar memiliki waktu tidur yang cukup dan berkualitas. 

5. Positive Thinking

Sepele dan klise, tetapi tidak bisa dimungkiri hal ini berperan sangat besar. Perlu disadari bahwa motivasi kerja berasal dari dalam pikiran. Jika kamu bisa melihat berbagai hal dari sisi positif, maka tidak akan sulit untuk mempertahankan atau mengembalikan motivasi kerja. 

6. Tentukan Target dan Tujuan

Hilangnya motivasi kerja mungkin karena kamu kehilangan atau lupa akan tujuan bekerja. Untuk itu, cari tahu terlebih dulu apa sebenarnya tujuan kamu bekerja. Kemudian, susun apa saja target yang ingin dicapai. Target bisa berupa target besar atau beberapa target kecil yang lebih mudah dicapai. Ketika memiliki tujuan dan target, seseorang akan lebih mudah untuk menentukan langkah.

Nah, itulah penjelasan mengenai langkah apa yang dapat dilakukan saat motivasi kerja mulai hilang. Mulai dari memastikan kalau pekerjaan yang kamu jalani sesuai minat hingga menentukan target dan tujuanmu. 

Namun, jika mentalmu terasa sudah terasa lelah dengan rutinitas pekerjaan yang kamu lakukan, jangan ragu untuk memeriksakan kondisimu ke psikolog. Jangan biarkan masalah ini berlarut karena dapat berujung pada penurunan produktivitas kerjamu. 

Melalui aplikasi Halodoc, kamu bisa membuat janji dengan psikolog terpercaya di rumah sakit pilihanmu. Tentunya tanpa perlu mengantre atau menunggu berlama-lama. Jadi tunggu apa lagi? Yuk download Halodoc sekarang! 

Referensi: 

Positive Psychology. Diakses pada 2021. The Science of Improving Motivation at Work.
Inc. Diakses pada 2021. 7 Things You Can do Today to Regain Your Motivation at Work.
Very Well Mind. Diakses pada 2021. What to Do When You Have No Motivation.



Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan