• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Sehatkan Kulit, ASI Juga Boleh Buat Mandi Bayi?

Sehatkan Kulit, ASI Juga Boleh Buat Mandi Bayi?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta - Bagi ibu yang memberi ASI eksklusif untuk bayi, mungkin tidak jarang ASI bisa diproduksi secara berlebih hingga akhirnya ibu harus menyimpannya. Jika terlalu banyak ASI perah yang disimpan, rasanya jadi mubazir, ya.

Mungkin ada ibu yang belum tahu, bahwa ASI mampu memberi makan bayi baik dari dalam maupun dari luar. Kandungan lemak ASI termasuk lemak yang merupakan bahan utama kosmetik seperti pelembap kulit dan lemak ini sangat bermanfaat bagi kulit dan rambut. Karena itu, mandi air susu ibu sangat bermanfaat bagi bayi. Inilah manfaat memandikan bayi dengan ASI yang perlu ibu ketahui!

Baca juga: Manfaat ASI Ekslusif Bagi Bayi dan Ibu

1. Dapat Menyembuhkan Jerawat dan Bintik pada Kulit Bayi

ASI mengandung asam laurat, yaitu asam lemak yang juga dapat ditemukan dalam minyak kelapa. Karena kandungannya tersebut, ASI memiliki sifat antibakteri dan dapat melawan jerawat. ASI juga dapat membantu mengurangi bintik-bintik dan perubahan warna pada kulit. Beberapa bayi mengalami jerawat karena kehadiran hormon ibu dalam darah bayi. Ini dapat disembuhkan dengan memandikan bayi setidaknya dua kali seminggu.

2. Melembapkan Kulit Kering dan Mengurangi Gatal

ASI mengandung asam palmitat, asam lemak jenuh, yang merupakan pelembap yang sangat baik. Ini juga mengandung asam lemak omega yang disebut asam oleat yang ditemukan dalam jaringan manusia. Asam oleat melembapkan dan menyembuhkan kulit kering dan melawan penuaan. Konstituen lain dari ASI adalah asam vaksin yang melembapkan, mencerahkan bintik-bintik dan meminimalkan peradangan. Jadi, dengan mandi ASI juga dapat menyembuhkan puting kering, pecah-pecah, dan sakit pada ibu. 

Baca juga: Cara Mudah untuk Memperlancar ASI

4. Mengatasi Ruam Popok dan Iritasi Kulit

Antibodi dalam ASI dapat menghancurkan bakteri dan menenangkan ruam popok. Mandikan bayi ibu dengan ASI sekali atau dua kali seminggu untuk menenangkan kulit yang meradang. 

5. Menyembuhkan Luka

Si Kecil tentu pernah digigit serangga atau nyamuk. Jika terlalu sering digaruk tentu akan menimbulkan luka. Kandungan antibodi imunoglobulin-A dalam ASI dapat membantu melawan bakteri dan menyembuhkan infeksi. Jadi, selain luka lebih cepat pulih, rasa sakit akibat iritasi juga bisa berkurang. 

Bagaimana Cara Memandikan Bayi dengan ASI?

Agar ASI menjadi efektif, sebaiknya campurkan dengan air hangat. Perhatikan seberapa dalam air dalam bak. Idealnya ASI dapat digunakan untuk mandi sebanyak 180 hingga 300 mililiter. 

Ibu juga dapat menggunakan ASI yang baru dipompa atau ASI yang disimpan sebelumnya. Masukkan air hangat ke dalam bak, tuangkan ASI dan aduk sampai air mandi terlihat seperti susu. Tempatkan bayi di bak mandi dan biarkan dia merendam leher, wajah, dan anggota tubuhnya. Keringkan dengan lembut jika sudah selesai.

Baca juga: Ibu Wajib Tahu Pentingnya ASI Eksklusif

Terkadang ibu memompa ASI berlebih dan membekukannya. Namun, beberapa botol ASI mungkin sudah kedaluwarsa. Perlu ibu ketahui, selama ASI tidak berbau atau berasa asam, ibu tetap bisa memandikan bayi dengan ASI tersebut. Hindari menggunakan ASI yang sudah berjamur atau berbau tengik. 

Untuk kulit bayi yang gatal, ibu bisa mencampur ASI dengan oatmeal. Ibu yang mengalami pembengkakan payudara dapat mengeluarkan ASI dan menggunakannya untuk mandi ASI nantinya.

Jika ibu mengalami masalah mengenai ASI ataupun masalah kulit baik, sebaiknya segera bicarakan pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Tanpa perlu keluar rumah ibu dapat berkomunikasi melalui aplikasi Halodoc kapan saja dan dimana saja. Yuk, download aplikasinya sekarang juga!

Referensi:
Parents. Diakses pada 2020. Breast Milk Bath for Babies.