• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Selain Lawan Infeksi Kulit, Ini 4 Manfaat Buah Maja
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Selain Lawan Infeksi Kulit, Ini 4 Manfaat Buah Maja

Selain Lawan Infeksi Kulit, Ini 4 Manfaat Buah Maja

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 21 Desember 2022

“Manfaat buah maja untuk kesehatan cukup banyak. Mulai dari melawan infeksi kulit, menyehatkan pencernaan, dan mencegah kanker.”

Selain Lawan Infeksi Kulit, Ini 4 Manfaat Buah MajaSelain Lawan Infeksi Kulit, Ini 4 Manfaat Buah Maja

Halodoc, Jakarta – Selain enak, manfaat buah maja untuk kesehatan juga cukup banyak. Buah beraroma manis ini berasal dari India dan Asia Tenggara dan biasanya dimakan segar, kering, atau dalam bentuk jus. 

Buah maja menyediakan vitamin seperti vitamin A dan vitamin C dan juga sumber antioksidan yang penting. Tak hanya buah, ekstrak daun, dan biji maja juga dapat memberikan manfaat kesehatan. Yuk simak pembahasannya berikut ini!

Manfaat Buah Maja bagi Kesehatan

Buah maja memiliki sejarah panjang dalam pengobatan Ayurveda untuk pengobatan masalah pencernaan, dan untuk memerangi infeksi virus, jamur, dan bakteri.  Berikut ini beberapa manfaat buah maja untuk kesehatan:

1. Mencegah Diare Akibat Bakteri

Senyawa yang terkandung dalam ekstrak buah maja menunjukkan efek yang kuat dalam melawan bakteri berbahaya. Bakteri Shigella dysenteriae mengikat sel-sel di usus besar, menyebabkan diare, demam, dan sakit perut. 

Anak-anak, traveler, dan orang dengan sistem kekebalan yang lemah sangat rentan terhadap infeksi shigella. Dengan mengonsumsi buah maja, risiko mengalami diarea akibat infeksi bakteri bisa berkurang. 

2. Melawan Infeksi Kulit

Seiring dengan efek antibakteri, ekstrak dari buah maja memiliki manfaat untuk melawan infeksi kulit karena jamur dan virus. Hal yang sama berlaku untuk beberapa jenis bakteri, termasuk yang bertanggung jawab atas infeksi staph.

Sebagai pengobatan lini pertama yang potensial, tampaknya buah maja memiliki senyawa yang berguna untuk melawan infeksi kulit.

3. Melindungi Kesehatan Pencernaan

Manfaat lain dari buah maja adalah melindungi kesehatan pencernaan. Tak hanya dari buah, manfaat ini juga bisa kamu dapat dari ekstrak biji buah maja dan daunnya. 

Ekstrak dari daun maja memberikan perlindungan antioksidan terhadap kerusakan akibat radiasi pada saluran pencernaan. Ini dapat membantu meningkatkan kesehatan dan kualitas hidup seseorang yang menjalani pengobatan radiasi untuk kanker.

4. Mengurangi Risiko Kanker

Ekstrak buah maja mengandung antioksidan dengan kemampuan mengais radikal bebas terutama nitric oxide dan 1,1-diphenyl-2-picrylhydrazyl (DPPH). Berbagai jenis kanker dapat terjadi akibat kerusakan sel oleh radikal bebas.

Meskipun buah maja bukanlah pengobatan kanker yang terbukti, ini dapat membantu mengurangi beberapa kerusakan kumulatif yang meningkatkan risiko kanker dari waktu ke waktu.

Adakah Dampak Buruk Mengonsumsinya?

Selain kaya manfaat, buah maja juga kemungkinan besar aman jika dikonsumsi sebagai makanan. Namun, penelitian pada manusia tentang keamanan buah ini masih terbatas, terutama dalam bentuk suplemen atau ekstrak pekat. 

Orang yang sedang hamil atau menyusui harus berhati-hati dengan produk buah maja dan berbicara dengan dokter tentang penggunaan suplemen apa pun.

Meski buah ini bukanlah alergen yang umum, tetapi alergi terhadap makanan apa pun mungkin terjadi. Waspadai gejala seperti muntah, sesak napas, gatal-gatal, lidah bengkak, atau pusing. Terutama jika muncul sesaat setelah makan buah maja. 

Bagaimana Mengolahnya?

Kamu bisa mendapatkan manfaat buah maja dengan mengonsumsinya dalam bentuk segar, seperti buah lainnya. Namun, di India, buah ini sering jadi olahan minuman, dengan menambahkan susu dan gula ke dalam puree buah maja. 

Kamu juga bisa membuat minuman dari buah ini. Dengan cara mencampurkan daging buah maja dengan asam jawa. Cara lain memanfaatkannya adalah dengan membuat selai. 

Untuk membuat selai, campur puree buah maja mentah yang matang dengan asam sitrat. Lalu masak dengan api kecil hingga mengental dan menjadi selai. Di Thailand, pucuk dan daun muda dari tanaman buah maja sering jadi bumbu masakan.

Itulah pembahasan mengenai manfaat buah maja, kemungkinan efek samping dan cara mengolahnya. Jika kamu mengalami alergi atau masalah kesehatan setelah mengonsumsi buah ini, download Halodoc saja untuk membuat janji rumah sakit dengan dokter.

Referensi:
Net Meds. Diakses pada 2022. Bael: Medicinal Uses, Therapeutic Benefits For Skin, Diabetes and Supplements.
Very Well Fit. Diakses pada 2022. Bael Fruit Nutrition Facts and Health Benefits.