• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Selain Vitamin C, Ini 5 Vitamin untuk Tingkatkan Imun

Selain Vitamin C, Ini 5 Vitamin untuk Tingkatkan Imun

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Selain Vitamin C, Ini 5 Vitamin untuk Tingkatkan Imun

Halodoc, Jakarta – Memenuhi kebutuhan vitamin sangat penting untuk dilakukan, khususnya di tengah masa pandemi saat ini. Vitamin merupakan zat esensial yang berperan untuk meningkatkan imun tubuh. Tidak hanya vitamin C, nyatanya tubuh membutuhkan banyak jenis vitamin lainnya, lho.

Baca juga: Pentingnya Konsumsi Vitamin untuk Menjaga Imun Tubuh


Tubuh membutuhkan vitamin, tetapi tidak dapat menghasilkan dengan sendirinya. Untuk itu, kamu perlu mengonsumsi berbagai makanan sehat agar dapat memenuhi asupan vitamin. Tidak hanya dari makanan, kamu juga dapat memenuhi asupan vitamin dari suplemen agar imun tubuh selalu dalam kondisi yang optimal.

Inilah Vitamin yang Dapat Tingkatkan Imun Tubuh

Kebutuhan vitamin pada tiap orang berbeda-beda, hal ini dipengaruhi oleh faktor usia, jenis kelamin, hingga kondisi kesehatan tertentu. Untuk itu, penting bagi kamu mengetahui jumlah vitamin harian yang dibutuhkan tubuh, terutama di masa pandemi ini.

Vitamin C seringkali dikonsumsi untuk meningkat imun tubuh, tetapi sebenarnya ada banyak jenis vitamin lain yang juga berperan untuk meningkatkan imun tubuh, yaitu:

1. Vitamin B1 – Thiamine

Selain membantu tingkatkan daya tahan tubuh, kandungan vitamin B1 juga dapat menjaga fungsi jantung dan otak dalam kondisi sehat. Vitamin ini dibutuhkan sebanyak 1 miligram pada pria dan 0,8 miligram pada wanita dengan rentang usia 19–64 tahun.

2. Vitamin B6 – Pyridoxine

Vitamin B6 akan membantu tubuh dalam memproduksi antibodi dan juga sel darah putih untuk meningkatkan imun tubuh. Selain itu, vitamin B6 juga meningkatkan produksi sel darah merah dan daya ikat hemoglobin pada oksigen dalam darah. Mengingat pandemi COVID-19 dapat memengaruhi saturasi oksigen dalam darah. Penuhi sebanyak 1,4 miligram bagi pria dan 1,2 miligram bagi wanita per harinya.

3. Vitamin B9 – Asam Folat

Tidak hanya untuk meningkatkan metabolisme DNA, tetapi vitamin B9 juga diperlukan dalam proses peningkatan imun tubuh. Memenuhi kebutuhan vitamin B9 setiap harinya membantu dalam menjaga sistem pertahanan tubuh dan juga meningkatkan simpanan energi. Orang dewasa membutuhkan 200 mikrogram per harinya agar kebutuhan asam folat terpenuhi.

4. Vitamin B12 – Cobalamin

Vitamin jenis ini bermanfaat dalam pembentukan protein, sel darah, hingga jaringan dalam tubuh yang dapat memengaruhi kondisi imun tubuh. Untuk itu, penting mengetahui kebutuhan vitamin B12 yang diperlukan setiap harinya agar kamu dapat memenuhi kebutuhan vitamin ini dengan tepat. Vitamin ini dibutuhkan sebanyak 1,5 mikrogram per harinya.

5. Vitamin E

Tahukah kamu bahwa vitamin E merupakan antioksidan yang dibutuhkan oleh tubuh setiap harinya? Vitamin ini dapat melindungi sel-sel dari kerusakan, membantu pembentukan sel darah merah, mengurangi risiko penyakit pada mata maupun sendi, serta dapat membantu kamu tingkatkan imun tubuh. Pada pria dewasa kebutuhan vitamin E per harinya sebesar 4 miligram, sedangkan pada wanita sebesar 3 miligram.

Baca juga: Mulai Jaga Daya Tahan Tubuh Agar Terhindar dari Virus


Inilah Cara yang Bisa Dilakukan untuk Memenuhi Kebutuhan Vitamin

Untuk menjalankan fungsinya dengan baik, tubuh membutuhkan vitamin yang bisa didapat dengan menjalankan pola makan sehat. 

Perbanyak konsumsi buah dan sayur untuk memenuhi kebutuhan vitamin. Ada berbagai jenis buah dan sayur yang bisa kamu manfaatkan, seperti pisang, jeruk, kacang-kacangan, hingga sayuran hijau. Selain mengonsumsi buah dan sayur, kamu juga bisa mengonsumsi suplemen untuk memenuhi kebutuhan vitamin setiap harinya. 

Pilihlah suplemen yang tepat dan bisa membantu kamu memenuhi kebutuhan vitamin setiap hari, seperti Cardiomin dan Fundamin. Kedua suplemen dari Darya Varia Laboratoria ini memiliki keunggulan yang berbeda dan tentunya dibutuhkan oleh tubuh. 

Cardiomin merupakan vitamin dengan kandungan antioksidan tinggi (Vit E 400 IU) yang dipercaya dapat meningkatkan imun tubuh secara efektif, seperti vitamin B6, B12, Asam Folat, serta vitamin E. Kamu bisa mengonsumsi Cardiomin sebanyak 1 kali per hari untuk merasakan manfaat dari vitamin ini. 

Baca juga: Ini Penjelasan Sistem Imun yang Kuat Bisa Lawan Virus Corona


Sedangkan Fundamin, menjadi salah satu produk dengan kandungan vitamin B dan E yang dapat memenuhi kebutuhan harian kamu. Jangan khawatir, Fundamin bisa kamu konsumsi 1 kali setiap hari dalam jangka panjang untuk membantu menjaga imun tubuhmu agar terhindar dari berbagai gangguan kesehatan, salah satunya COVID-19.

Kamu bisa dapatkan suplemen Cardiomin dan Fundamin tanpa perlu repot! Caranya download aplikasi Halodoc dan beli suplemen melalui aplikasi sekarang juga. Yuk, tunggu apalagi, segera penuhi kebutuhan vitamin agar imun tubuh meningkat.

Referensi:

National Health Service UK. Diakses pada 2020. Vitamins and Minerals.

Medical News Today. Diakses pada 2020. Benefits and Uses of B-Complex Vitamins.

Help Guide. Diakses pada 2020. Vitamin and Mineral.