• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Si Kecil Ikut Lebaran, Ini 4 Tips Pilih Baju Lebaran yang Cocok

Si Kecil Ikut Lebaran, Ini 4 Tips Pilih Baju Lebaran yang Cocok

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Si Kecil Ikut Lebaran, Ini 4 Tips Pilih Baju Lebaran yang Cocok

Halodoc, Jakarta – “Baju baru Alhamdulillah. Untuk dipakai di hari raya.” kurang lebih seperti itu lirik dari lagu yang biasanya akan sering terdengar menjelang lebaran. Membeli sepasang baju baru agaknya memang sudah menjadi bagian dari perayaan hari raya ini. Meski tidak wajib, ingin tampil cantik dan kompak dengan orang-orang tersayang saat hari raya tentu bukan satu hal berlebihan.

(Baca juga: Tips Cantik Saat Lebaran)

Memilih baju untuk dipakai saat lebaran sebenarnya adalah hal yang susah-susah gampang. Apalagi kalau lebaran tahun ini ibu berencana mengenakan baju seragam dengan Si Kecil. Tentu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih pakaian yang paling sesuai untuk anak. Nah, biar tetap nyaman dan ibadah tetap lancar, cari tahu yuk tips memilih baju lebaran yang cocok untuk keluarga dan anak!

1. Bahan yang Nyaman

 

 

Pilihlah jenis pakaian yang terbuat dari bahan nyaman. Apalagi, untuk Si Kecil yang aktif dan mudah berkeringat. Orang tua harus selektif dalam memilih baju lebaran untuk anak. Sebaiknya pilih pakaian yang terbuat dari kain yang cocok untuk kulit anak.

Baju yang terbuat dari bahan terbaik akan memberi rasa nyaman saat digunakan. Apalagi, saat lebaran biasanya akan banyak aktivitas yang harus dilakukan, mulai dari bersilaturahmi dengan orang terdekat hingga berkunjung ke rumah keluarga yang agak jauh.

2. Jangan Terlalu Tebal

 

 

Padatnya aktivitas saat lebaran sebaiknya didukung dengan pakaian yang sesuai. Usahakan untuk tidak mengenakan pakaian yang terlalu tebal. Sebab hal itu malah bisa menghalangi aktivitas dan akan membuat anak mudah berkeringat. Hal ini malah bisa membuat Si Kecil rewel dan merasa tidak betah.

Solusinya, pilihlah pakaian yang sejuk saat dipakai dan jangan memaksa anak untuk mengenakan pakaian yang terlalu tebal. Jika memang dibutuhkan, ibu bisa memilih untuk menambahkan baju  hangat atau syal yang bisa dilepas kapanpun untuk melindungi Si Kecil dari udara dingin.

(Baca juga: Pilih Baju Lebaran untuk Si Kecil, Ini yang Perlu Diperhatikan)

3. Ukuran yang Pas

 

 

Semakin banyak anak bergerak, maka semakin penting untuk memastikan ukuran baju yang dipakai pas. Hindari memakaikan anak baju yang terlalu besar apalagi terlalu sempit. Selain akan membatasi ruang geraknya, memakai pakaian yang tidak sesuai ukuran pun bisa membuat anak menjadi tidak nyaman dan rewel selama acara.

4. Menyerap Keringat

 

 

Pilihlah pakaian yang memiliki kemampuan untuk menyerap keringat. Bisa jadi hal ini adalah unsur paling penting yang harus diperhatikan. Berkeringat adalah hal yang alami dan bisa terjadi pada siapa saja, terutama pada anak yang banyak bergerak.

(Baca juga: Libur Lebaran Ditambah, Berat Badan Jangan Ditambah)

Memakai pakaian yang tidak bisa menyerap keringat malah bisa memicu berbagai masalah, termasuk masalah kulit. Anak bisa saja mengalami iritasi atau biang keringat akibat memilih baju yang salah. Jangan hanya mementingkan tren atau model baju yang sedang ramai.

Anak yang mengalami masalah kulit nyatanya juga bisa mengganggu orang di sekitarnya. Kalau sudah begitu, acara lebaran bersama keluarga akan jauh dari ketenangan. Nah, kalau anak sudah terlanjur kena biang keringat atau masalah kesehatan lain saat puasa, jangan panik! Pakai aplikasi Halodoc untuk membeli obat atau vitamin lebih mudah. Dengan layanan antar, pesanan akan dikirim ke rumah dalam waktu satu jam. Ayo, download di App Store dan Google Play sekarang!