• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Siapa Saja Kelompok Pria yang Berisiko Alami Kanker Prostat?

Siapa Saja Kelompok Pria yang Berisiko Alami Kanker Prostat?

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Kanker prostat merupakan salah satu jenis kanker yang umum terjadi pada pria. Biasanya kanker prostat berkembang secara lambat dan terbatas pada kelenjar prostat. Pada awalnya kanker tidak menyebabkan kerusakan serius. Namun, beberapa jenis kanker prostat bersifat agresif dan dapat menyebar cepat, sehingga memerlukan perawatan. 

Kanker prostat adalah penyebab paling umum kedua dari semua kematian yang berkaitan kanker di antara pria. Sekitar 1 dari 7 pria akan didiagnosis mengalami penyakit ini seumur hidup. Selain itu, sekitar 1 dari 39 pria akan meninggal karena kanker ini. Sebagian besar kematian ini terjadi pada pria yang lebih tua. 

Baca juga: Say Yes! Jangan Lagi Takut Gendut Karena Keju

Faktor Risiko Pria Alami Kanker Prostat

Beberapa faktor risiko kanker prostat yang terjadi pada pria adalah merokok, usia, atau riwayat keluarga. 

1. Pria Usia Lebih Tua

Kanker prostat jarang terjadi pada pria di bawah 40 tahun. Risiko kanker prostat meningkat dengan cepat setelah pria mencapai usia 50 tahun. Sekitar 6 dari 10 kanker prostat ditemukan pada pria di atas 65 tahun. 

2. Ras atau Etnis Tertentu

Kanker prostat lebih cepat pada pria Afrika-Amerika dan pria Karibia berketurunan Afrika dibandingkan pada pria dari ras lain. Ketika kanker berkembang pada pria, biasanya usianya cenderung lebih muda. Kanker prostat jarang terjadi pada pria Asia-Amerika dan Hispanik/Latin daripada orang kulit putih non-Hispanik. 

3. Faktor Geografi

Kanker prostat umumnya dialami oleh pria yang tinggal di Amerika Utara, Eropa Barat Laut, Australia, dan di kepulauan Karibia. Kanker ini kurang umum terjadi pada pria di Asia, Afrika, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan. Belum diketahui pasti apa yang menjadi alasannya. Mungkin karena adanya faktor-faktor seperti perbedaan gaya hidup (pola makan dan sebagainya). 

Baca juga: Pankreatitis Akut, Penyakit yang Memaksa Avicii Pensiun Dini

4. Riwayat Keluarga

Beberapa kasus kanker prostat mungkin terjadi karena ada faktor keturunan atau genetik. Jika seseorang memiliki ayah atau saudara laki-laki dengan kanker prostat, ia berisiko dua kali lipat untuk mengalaminya. Risiko jauh lebih tinggi untuk pria dengan beberapa saudara yang terkena, terutama jika para saudara masih berusia muda ketika kanker ditemukan. 

5. Perubahan Gen

Beberapa perubahan gen yang diturunkan (mutasi) tampaknya meningkatkan risiko kanker prostat pada seseorang. Meski begitu, mungkin hanya sebagian kecil dari keseluruhan kasus. 

Cegah Kanker Prostat Sejak Dini

Sebenarnya tidak ada cara yang pasti untuk mencegah kondisi ini. Hanya saja, pola makan sehat berperan penting sebagai langkah pencegahan kanker prostat. Berikut tips yang dapat kamu lakukan untuk mencegah kanker prostat:

  • Hindari junk food, ganti dengan sayur dan buah. Nutrisi dan vitamin yang terkandung dalam buah dan sayuran dapat menurunkan risiko kanker prostat. Sayuran hijau memiliki senyawa yang membantu tubuh memecah zat-zat penyebab kanker prostat yang disebut karsinogen.
  • Konsumsi kedelai dan teh hijau. Mengonsumsi segelas teh hijau setiap pagi merupakan awal yang baik untuk mencegah kanker prostat. Makanan yang mengandung kedelai juga aktif dan efektif untuk mencegah kanker. 
  • Minum kopi, rutin setiap pagi dapat menurunkan kemungkinan kanker prostat. Namun, perhatikan juga jumlah asupan kopi, jangan sampai berlebihan. Kopi yang dianjurkan adalah kopi yang direbus, bukan kopi instan, dan gunakan gula secukupnya. 
  • Ganti lemak hewani dengan lemak nabati. Ada hubungan yang cukup signifikan antara konsumsi lemak hewani dengan peningkatan risiko kanker prostat. 
  • Olahraga secara rutin, karena kelebihan berat badan atau obesitas juga dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker prostat yang agresif. Untuk itu, olahraga yang teratur dapat membantu mempertahankan berat badan sehat dan mencegah risiko kanker prostat. 

Baca juga: Say Yes! Jangan Lagi Takut Gendut Karena Keju

Itulah yang perlu kamu ketahui mengenai kanker prostat. Jika kamu termasuk orang yang berisiko, sebaiknya segera bicarakan pada dokter melalui aplikasi Halodoc mengenai pencegahan dan penanganannya. Yuk, download aplikasinya sekarang!

Referensi:
Cancer. Diakses pada 2020. Prostate Cancer Risk Factors.
Healthline. Diakses pada 2020. Prostate Cancer: Causes and Risk Factors.