Stres Karena Hidradenitis Supurativa? Lakukan Langkah Berikut!

Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   28 Mei 2018
Stres Karena Hidradenitis Supurativa? Lakukan Langkah Berikut!Stres Karena Hidradenitis Supurativa? Lakukan Langkah Berikut!

Halodoc, Jakarta – Mengalami gangguan kulit seperti hidradenitis supurativa memang bisa menyebabkan tekanan dan stres. Rasa tidak nyaman karena gesekan yang ditimbulkan benjolan di area intim tubuh, seperti bokong atau selangkangan, benar-benar bisa membuat tertekan.

Hidradenitas supurativa biasanya memang terjadi di dekat kelenjar keringat seperti di ketiak atau selangkangan. Penyumbatan pada kelenjar keringat diduga menjadi penyebab hidradenitis supurativa.

(Baca juga: Mengapa Pengobatan Dini Hidradenitis Supurativa Penting)

Gangguan kulit ini biasanya juga membuat pada pengidap merasa malu dengan penampilannya. Rasa marah, sedih, cemas, dan malu menjadi emosi yang muncul. Bahkan terkadang bisa membuat depresi.

Depresi dan emosi negatif yang disebabkan hidradenitis supurativa jika dibiarkan akan memberi dampak buruk. Pertimbangkan tips berikut ini untuk membantu kamu keluar dari tekanan emosi negatif akibat hidradenitis supurativa.

  • Bicarakan tentang frustrasi dan perasaan kamu kepada seseorang yang bisa kamu percaya. Bisa jadi seorang konselor yang terlatih, dokter yang menyenangkan, teman dekat, atau komunitas tertentu. Ini membantu kamu melepaskan emosi negatif tersebut.
  • Kelola stres. Meditasi teratur atau menuliskan pikiran dan perasaan dalam jurnal mungkin membantu meringankan tekanan akibat hidradenitis supurativa.
  • Pahami bahwa kamu bagian dari keluarga dan masyarakat. Gangguan kesehatan akibat hidradenitis supurativa terkadang membuat seseorang menarik diri dari keluarga dan teman. Ini juga mungkin memengaruhi kehidupan seks, terutama jika terdapat luka akibat bisul ini. Jelaskan kepada keluarga dan orang-orang yang kamu sayangi bahwa penyakit ini tidak menular, juga bukan karena kebiasaan hidup yang kurang bersih. Belajar lebih banyak tentang kondisi kamu dan berbagi informasi dengan orang lain dapat meningkatkan rasa percaya diri.
  • Kelola rasa sakitmu. Benjolan dan luka atau bekas luka parut yang ditimbukan dapat menyebabkan nyeri fisik dan emosional. Mintalah saran dari dokter tentang bagaimana kamu bisa membatasi rasa sakit itu. Pengobatannya, perawatan, juga cara berpakain yang tepat. Jika kamu mengalami depresi, bicarakan juga tentang pilihan obat depresi.

(Baca juga: Mengobati Hidradenitis Supurativa dengan Antibiotik dan Hormon)

Kalau masih ada yang ingin kamu ketahui tentang penyebab hidradenitis supurativa dan perawatannya, kamu bisa menghubungi para dokter di aplikasi Halodoc lho. Kamu bisa bertanya kepada para dokter ahli di aplikasi Halodoc melalui layanan video/voice call atau chat. Selain itu, di aplikasi Halodoc kamu juga bisa membeli obat dan vitamin, serta cek lab tanpa harus keluar rumah. Mudah dan praktis. Yuk… download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play sekarang.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan