Tahapan Pembukaan pada Persalinan yang Perlu Diketahui

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   05 Juni 2023
Tahapan Pembukaan pada Persalinan yang Perlu DiketahuiTahapan Pembukaan pada Persalinan yang Perlu Diketahui

Halodoc, Jakarta - Saat kehamilan sudah memasuki bulan ke-9, berarti waktu untuk persalinan akan semakin dekat. Banyak orang yang mengatakan jika momen tersebut merupakan momen yang penuh perjuangan dan sangat penting agar bayi dapat dilahirkan dengan normal. Maka dari itu, persiapan terkait hal tersebut benar-benar harus direncanakan dengan baik.

Salah satu pengetahuan yang harus ibu tahu saat menjelang persalinan adalah tahapan dari pembukaan persalinan. Dengan mengetahui tahapan pembukaan yang sedang terjadi, ibu bisa menentukan waktu yang tepat untuk pergi ke rumah sakit untuk mendapatkan persalinan yang aman. Berikut adalah beberapa tahapan pembukaan yang harus diketahui!

Baca juga: Ketahui 3 Tahapan dalam Persalinan Normal


Tahapan dari Pembukaan pada Persalinan

Persalinan adalah proses alami pada wanita hamil untuk mengeluarkan janin dari dalam tubuh atau melahirkan. Proses persalinan umumnya terjadi dalam kurun waktu 12 hingga 14 jam untuk kelahiran yang pertama kali. Umumnya, persalinan yang terjadi untuk kedua kalinya akan lebih singkat dibandingkan yang pertama.

Persalinan yang terjadi terbagi menjadi beberapa tahapan pembukaan dan sangat penting untuk diketahui oleh ibu hamil. Hal tersebut dapat menandakan sejauh mana bayi berusaha untuk ke luar dari tubuh dan membandingkannya dengan waktu yang terus berjalan. Jika persalinan terlalu lama juga dapat membahayakan sang janin. Berikut ini beberapa tahapan pembukaan dari persalinan yang harus ibu hamil ketahui.


1. Pembukaan Satu

Tahapan pembukaan awal dari persalinan ini terjadi ketika mulut rahim membuka sebesar 1 sentimeter. Hal ini dapat terjadi selama beberapa hari tanpa adanya kontraksi. Namun, sebagian wanita dapat mengalami kontraksi selama 2–6 jam. Hal ini dapat membuat ibu hamil mengalami perasaan mual dan nyeri pada punggung atau pinggang. Terkadang, lendir yang bercampur darah juga dapat ditemukan keluar dari vagina.


2. Pembukaan Dua

Pembukaan dua pada persalinan berarti mulut rahim sudah membuka 2 sentimeter. Hal ini masih memasuki tahap awal dari persalinan yang dapat terjadi dalam waktu berjam-jam. Wanita hamil yang mengalami momen ini akan merasakan kontraksi yang lebih sering disertai perut mulas dan kram. Cobalah untuk jalan ringan di sekitar rumah agar kontraksi yang timbul tidak terlalu terasa.


3. Pembukaan Tiga

Pembukaan persalinan tiga menjelaskan jika mulut rahim sudah membuka sebesar 3 sentimeter. Kontraksi semakin intens dengan hanya berselang setengah jam. Janin sudah mulai aktif berusaha menuju mulut rahim agar kelahiran dapat lancar. Saat ini terjadi, ada baiknya langsung menuju tempat persalinan.

Baca juga: Ini Tanda-Tanda Melahirkan di Usia 38 Minggu


4. Pembukaan Empat

Pada pembukaan persalinan ini, ibu hamil akan merasakan jika mulut rahimnya semakin terbuka, yaitu sekitar 4 sentimeter. Momen ini dapat menyebabkan ibu hamil mengalami pecah ketuban dan posisi janin semakin mendekati jalan lahir menuju mulut rahim.


5. Pembukaan Lima

Pembukaan persalinan ini dapat menimbulkan durasi kontraksi yang lebih lama dari sebelumnya. Ibu dapat merasakannya terjadi sekitar 1–5 menit tiap kali terjadi. Saat ini terjadi, kepala janin sudah semakin masuk yang siap untuk persalinan.


6. Pembukaan Enam

Pada tahap ini, kontraksi akan terasa semakin intens dengan rentang waktu yang sangat berdekatan. Ahli medis yang mengurus persalinan mungkin sudah dapat merasakan kepala janin saat memasukkan tangan dari rahim.


7. Pembukaan Tujuh

Saat kondisi ini, mulut rahim semakin melebar yang mencapai 7 sentimeter. Janin juga terus berusaha menuju jalan lahir. Ibu hamil disarankan untuk mengatur napas agar lebih rileks dan menjaga tenaga hingga ahli kesehatan menyuruh untuk mendorong janin untuk keluar.

Baca juga: Ini 20 Istilah Persalinan yang Perlu Diketahui Ibu


8. Pembukaan Delapan

Pembukaan pada serviks sudah mencapai 8 sentimeter dan kontraksi yang terjadi semakin tidak tertahankan. Ibu juga dapat merasa kelelahan karena sudah menghabiskan banyak tenaga saat kontraksi terus terjadi. Dukungan dari suami dan keluarga sangat penting agar ibu tetap kuat untuk melahirkan normal.


9. Pembukaan Sembilan

Mulut rahim sudah semakin terbuka lebar, tetapi belum saatnya untuk ibu mengejan. Cobalah untuk tidak mengejan meski merasakan dorongan yang kuat dari tubuh untuk melakukannya. Siapkan semua tenaga ketika sudah terjadi pembukaan selanjutnya.


10. Pembukaan Sepuluh

Momen ini menandakan pembukaan persalinan sudah sempurna dengan mulut rahim yang terbuka sebesar 10 sentimeter. Ketika sudah memasuki fase ini, ibu harus mengejan dengan sangat kuat untuk membantu janin dapat berusaha ke luar dari tubuh ibunya. Terus lakukan hal tersebut hingga bayi dilahirkan dengan sempurna.

Itulah beberapa pembukaan yang terjadi saat persalinan. Setiap ibu hamil harus mengetahui tahapan-tahapan ini agar tidak terlalu khawatir saat waktunya kelahiran sudah tiba. Pengetahuan dasar ini juga dapat menekan rasa panik yang mungkin timbul saat waktunya persalinan agar semua hasilnya sesuai yang diharapkan.

Ibu juga dapat bertanya pada dokter kandungan dari Halodoc terkait tahapan pembukaan pada persalinan. Cobalah untuk menggunakan fitur Chat atau Voice/Video Call, untuk mendapatkan kemudahan interaksi dengan ahli medis kapan dan di mana saja. Maka dari itu, download aplikasi Halodoc sekarang juga!


Referensi:
Web MD. Diakses pada 2020. Stages of Labor.
Baby Center. Diakses pada 2020. The stages of labor.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan