Tak Hanya Baik untuk Rambut, Ini 7 Manfaat Biotin untuk Tubuh

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   20 Juli 2022

“Selain untuk menjaga kesehatan rambut, kulit, dan kuku, biotin juga bisa memberikan sejumlah manfaat untuk kesehatan tubuh. Mulai dari meningkatkan metabolisme hingga mengurangi peradangan dan alergi.”

Tak Hanya Baik untuk Rambut, Ini 7 Manfaat Biotin untuk TubuhTak Hanya Baik untuk Rambut, Ini 7 Manfaat Biotin untuk Tubuh

Halodoc, Jakarta – Pernah mendengar tentang biotin pada iklan-iklan produk perawatan rambut? Vitamin H atau yang lebih dikenal sebagai biotin merupakan vitamin B kompleks yang bisa membantu menjaga kesehatan rambut agar tetap kuat dan berkilau.

Namun, tidak hanya untuk rambut, biotin juga bisa memberikan banyak manfaat kesehatan lainnya, lho. Vitamin B ini penting untuk banyak fungsi tubuh. Salah satunya membantu metabolisme makanan, yaitu proses mengubah makanan menjadi energi. Biotin juga merupakan nutrisi penting selama kehamilan. Yuk, simak apa saja manfaat biotin untuk kesehatan di sini.

Manfaat Biotin untuk Tubuh

Manfaat biotin yang paling populer adalah bisa menjaga kesehatan kulit, rambut, dan kuku. Di samping itu, konsumsi biotin secara teratur juga bisa memberikan beberapa manfaat berikut untuk tubuh:

1. Mengatur Tingkat Metabolisme

Seperti yang sudah disebutkan di atas, biotin membantu mengatur dan meningkatkan tingkat metabolisme dalam tubuh. Vitamin ini menggunakan lemak, protein, dan karbohidrat dalam tubuh serta mengubahnya menjadi energi.

2. Melindungi Jantung

Manfaat utama biotin lainnya adalah melindungi jantung dari penyakit. Mengonsumsi vitamin B kompleks ini secara teratur dalam jumlah yang cukup diketahui bisa merangsang aliran darah di dalam jantung, sehingga bisa melindungi jantung dari banyak masalah umum. Biotin juga membantu meningkatkan high-density lipoprotein (kolesterol baik) dan menurunkan low-density lipoprotein, sehingga mengurangi risiko penyakit jantung.

3. Meningkatkan Fungsi Otak

Otak juga membutuhkan biotin untuk pembentukan selubung mielin, salah satu zat lemak yang dibutuhkan untuk melindungi otak dari berbagai masalah. Ini juga membantu dalam mengatur fungsi normal otak.

4. Memperkuat Imunitas

Bukan hanya vitamin C saja yang bisa memperkuat imunitas tubuh, tapi vitamin B7 atau biotin juga penting untuk tubuh. Makanan kaya biotin dibutuhkan untuk generasi sel darah putih, yang berperan penting untuk sistem kekebalan tubuh. Kekurangan nutrisi ini bisa menyebabkan berbagai risiko kesehatan dan masalah sistem kekebalan.

5. Menurunkan Kadar Gula dan Mengontrol Diabetes

Biotin membantu mengurangi kadar gula darah dengan cara meningkatkan produksi insulin dalam tubuh, dan juga dengan memperbaiki kadar glukosa dalam tubuh. Vitamin B7 diketahui cukup efektif dalam mengendalikan diabetes tipe-2.

6. Bermanfaat Selama Masa Kehamilan dan Menyusui

Selain asam folat, biotin juga merupakan nutrisi yang baik untuk ibu hamil dan menyusui. Mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B7 secara teratur bisa memberikan manfaat, bukan hanya pada ibu tapi juga untuk bayi. Nutrisi tersebut bisa membantu menjaga daya tahan tubuh ibu dan mendukung pertumbuhan janin di dalam kandungan.

Kekurangan biotin bisa menyebabkan cacat lahir pada bayi. Selama menyusui pun, ibu dianjurkan untuk tetap mengonsumsi biotin untuk membantu memenuhi kebutuhan bayi akan nutrisi tersebut dan menjaga kesehatan ibu secara keseluruhan.

7. Mengurangi Peradangan dan Mengurangi Gangguan Alergi

Manfaat biotin lainnya yang juga tidak kalah penting adalah  melawan peradangan dan penyakit alergi. Hal itu berkat sifat antiinflamasi dan antialergi yang dimilikinya. Vitamin tersebut juga bisa mencegah alergi dan peradangan kambuh kembali dengan mengatasi akar penyebabnya.

Selain mengonsumsi makanan yang mengandung biotin, kamu juga bisa memenuhi kebutuhan biotin dengan mengonsumsi suplemen vitamin. Tidak perlu repot, kamu bisa mendapatkan kebutuhan suplemen biotin untuk kesehatan tubuh melalui aplikasi Halodoc.

Kini dengan aplikasi Halodoc kamu bisa cek kebutuhan medis melalui Halofit. Layanan Halofit menyediakan paket suplemen yang kamu butuhkan untuk mengoptimalkan kesehatan.

Pemesanan Halofit yang terbilang praktis membuat pemenuhan kebutuhan medis menjadi lebih optimal. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, download aplikasi Halodoc rasakan manfaat layanan Halofit sekarang juga!

Anjuran Mengonsumsi Biotin

Orang dewasa rata-rata membutuhkan 30 mikrogram biotin setiap hari. Sementara ibu hamil dan menyusui membutuhkan lebih banyak biotin, yaitu 35 mikrogram setiap hari.

Nutrisi ini banyak ditemukan dalam makanan  seperti kuning telur, jeroan (hati dan ginjal), kacang-kacangan, kembang kol, pisang, jamur dan sereal yang diperkaya. Ingat, lebih baik mendapatkan vitamin dari makanan sehat daripada mengonsumsi suplemen. 

Namun, bila kamu tidak bisa mendapatkan cukup biotin dari makanan, mengonsumsi suplemen bisa membantu memenuhi kebutuhan nutrisi tersebut.

Bila kamu mengalami gejala-gejala kurang nutrisi, segera periksakan diri ke dokter. Kamu memeriksakan kesehatan kamu dengan buat janji medis di rumah sakit pilihan melalui aplikasi Halodoc untuk memudahkan kamu mendapatkan solusi kesehatan terlengkap.

Referensi:
Vit and Drip Center. Diakses pada 2022. 12 Wonderful Vitamin H Benefits (Biotin) For Skin, Hair & Health
Cleveland Clinic. Diakses pada 2022. Biotin Benefits: What the Experts Have to Say
Healthline. Diakses pada 2022. Health Benefits of Biotin.
J Med Invest. Diakses pada 2022. Serum biotin level during pregnancy is associated with fetal growth and preterm delivery.
Mom Junction. Diakses pada 2022. Why Is Biotin Needed During Pregnancy?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan