Ternyata Ini 3 Hal yang Menyebabkan Hodophobia

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   06 Desember 2022

“Hodophobia bisa dialami oleh siapa saja. Kondisi ini disebabkan akibat pengalaman traumatik, riwayat keluarga, hingga kondisi lingkungan.”

Ternyata Ini 3 Hal yang Menyebabkan HodophobiaTernyata Ini 3 Hal yang Menyebabkan Hodophobia

Halodoc, Jakarta – Melakukan perjalanan untuk berwisata tentunya menjadi hal yang menyenangkan. Namun tidak bagi pengidap hodophobia, mereka akan mengalami ketakutan luar biasa saat melakukan perjalanan untuk bepergian. Biasanya kondisi ini akan dikaitkan dengan ketakutan saat akan menggunakan pesawat hingga rasa cemas yang berlebihan setelah munculnya bencana alam di suatu tempat.

Selain menyebabkan rasa cemas, fobia ini juga berisiko menyebabkan pengidapnya mengalami depresi. Namun jangan khawatir, kondisi ini masih bisa diatasi dengan berbagai perawatan sehingga kamu bisa mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik. Yuk, simak berbagai hal yang dapat menyebabkan seseorang mengalami hodophobia berikut ini!

Penyebab Hodophobia

Munculnya perasaan cemas dan takut ketika akan bepergian menjadi hal yang normal. Namun, apabila ketakutan yang kamu rasakan sangat mengganggu dan menyebabkan berbagai keluhan kesehatan, bisa jadi kamu mengalami hodophobia.

Hodophobia atau trip-a-phobia adalah kondisi yang terjadi saat seseorang merasakan perasaan takut yang luar biasa sebelum bepergian. Namun, fobia ini kerap dialami akibat seseorang akan bepergian menggunakan pesawat terbang atau setelah peristiwa bencana alam di suatu tempat.

Berikut penyebab utama yang membuat seseorang memiliki ketakutan luar biasa untuk bepergian, seperti:

  • Peristiwa Trauma 

Rasa takut perjalanan biasanya bisa terjadi akibat adanya peristiwa trauma masa lalu saat bepergian. Memori tersebut menciptakan respon stres fisik dan emosional yang meningkat. 

Seperti misalnya, saat kamu akan bepergian menggunakan pesawat, kamu merasa takut karena pernah mengalami kejadian yang buruk saat penerbangan. Selain itu, berita mengenai kecelakaan pesawat juga bisa memicu kecemasan yang berlebihan.

  • Kondisi Lingkungan

Hodophobia juga bisa muncul akibat rasa takut yang berlebih ketika kondisi lingkungan baru saja mengalami berbagai hal yang buruk. 

Seperti misalnya, kamu bisa mengalami rasa takut atau cemas berlebihan untuk bepergian akibat pandemi yang masih berlangsung. Selain itu, adanya peristiwa bencana alam di beberapa lokasi membuat kamu takut untuk melakukan perjalanan.

  • Riwayat Keluarga

Kamu juga berisiko mengidap hodophobia jika memiliki keluarga dekat dengan kondisi yang serupa. Jika kamu memiliki orang tua dengan hodophobia, maka kamu juga berisiko mengalami hal yang serupa.

Kenali Gejala dari Hodophobia

Munculnya perasaan cemas dan takut adalah gejala utama dari hodophobia. Biasanya, seseorang dengan kondisi ini tidak akan mampu untuk bepergian sendiri sehingga selalu membutuhkan pendamping. 

Perasaan ini tidak hanya muncul saat kamu melakukan perjalanan, tetapi saat memikirkan mengenai perjalanan yang akan kamu lakukan pun gejala akan muncul secara tiba-tiba. Ada beberapa gejala yang kerap terjadi pada pengidap hodophobia, seperti:

  • Meningkatkan detak jantung.
  • Merasa dalam kondisi yang berbahaya.
  • Pusing.
  • Berkeringat.
  • Nyeri perut.
  • Diare.
  • Mual.
  • Mulut kering.
  • Penurunan nafsu makan.

Pengobatan dan Perawatan Hodophobia

Jika kamu sering merasakan keluhan yang terkait dengan hodophobia, kamu bisa melakukan perawatan untuk mengurangi gejala kondisi tersebut. Salah satu terapi yang bisa kamu lakukan adalah terapi perilaku kognitif.

Terapi ini membantu pengidap untuk mengidentifikasi dan mengubah pola pikir mengenai ketakutan atau kecemasan yang kamu rasakan. Dengan begitu, kamu mampu mengendalikan perasaan yang kamu alami dengan baik.

Selain terapi, kamu juga perlu melakukan berbagai tindakan untuk mengurangi gejala. Seperti dengan mengonsumsi makanan sehat sebelum bepergian, menghindari asupan alkohol, mempelajari dengan baik lokasi yang akan kamu kunjungi, hingga latihan pernapasan untuk membantu menurunkan stres.

Jangan ragu untuk bertanya langsung dengan psikolog jika fobia yang kamu alami menyebabkan gangguan aktivitas sehari-hari atau pekerjaan. Yuk, download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga.

Referensi:
Web MD. Diakses pada 2022. What to Know About Hodophobia.
Healthline. Diakses pada 2022. Managing Hodophobia, or the Fear of Traveling.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan