• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ternyata Mudah, Ini Cara Membuat Sabun Cuci Tangan Sendiri
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ternyata Mudah, Ini Cara Membuat Sabun Cuci Tangan Sendiri

Ternyata Mudah, Ini Cara Membuat Sabun Cuci Tangan Sendiri

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 17 Oktober 2022

“Mengetahui cara membuat sabun cuci tangan sendiri bisa berguna. Terutama bagi yang memiliki kulit sensitif.”

Ternyata Mudah, Ini Cara Membuat Sabun Cuci Tangan SendiriTernyata Mudah, Ini Cara Membuat Sabun Cuci Tangan Sendiri

Halodoc, Jakarta – Cara membuat sabun cuci tangan sendiri ternyata mudah. Ini bisa jadi solusi bagi kamu yang memiliki kulit sensitif. Karena kamu bisa memilih sendiri bahan yang aman untuk kulit. 

Selain itu, membuat sabun cuci tangan sendiri juga bisa menghemat pengeluaran kamu, ketimbang membeli sabun kemasan. Yuk simak cara membuatnya!

Cara Membuat Sabun Cuci Tangan Sendiri

Tidak perlu banyak waktu dan bahan, berikut ini cara membuat sabun cuci tangan sendiri di rumah:

Bahan-bahan:

  1. Sabun batang probiotik.
  2. Air.
  3. Minyak esensial, pilih yang disukai

Cara Membuat:

  1. Ambil sekitar 1/4 bagian dari batang sabun probiotik.
  2. Isi panci dengan air suling atau air mineral.
  3. Didihkan air dan masukkan sabun batangan.
  4. Aduk terus menerus di atas api sedang dan terus aduk sampai sabun mencair.
  5. Angkat dari api dan biarkan selama 24 jam.
  6. Setelah 24 jam, tambahkan beberapa tetes minyak esensial.
  7. Aduk hingga rata dalam botol pump dan sabun siap digunakan.

Manfaat Sabun Cuci Tangan Buatan Sendiri

Membuat cuci tangan sendiri di rumah lebih baik daripada membeli produk komersial. Berikut ini beberapa manfaat menggunakan cuci tangan buatan sendiri:

1. Aman untuk Kulit Sensitif

Jika kamu memiliki kulit kering atau sensitif, menggunakan sabun cuci tangan yang dibeli di toko bisa memperburuk kondisi kulit. Beberapa produk sabun di pasaran mungkin mengandung bahan kimia tersembunyi yang dapat berbahaya bagi kulit yang sensitif.

Namun, jika kamu mencoba cara membuat sabun cuci tangan sendiri, kamu tidak perlu khawatir. Karena kamu bisa memilih bahan baku yang aman, misalnya sabun batang dengan bahan alami. 

2. Menghemat Uang

Tergantung bahan yang digunakan, sabun cuci tangan buatan sendiri biasanya akan lebih hemat. Terlebih jika kamu membeli bahan dalam jumlah besar sekaligus, untuk membuat stok sabun. 

3. Kulit Jadi Halus

Minyak atsiri, bila dikombinasikan dengan bahan-bahan alami seperti sabun castile cair dan sabun batang probiotik, dapat membuat kulit jadi halus dan lembut. Sabun cair yang dibuat dengan minyak esensial dan bahan alami lainnya juga lembut, tidak seperti produk komersial yang terkadang keras.

Tips Penting

Jika kamu ingin mempraktikkan cara membuat sabun cuci tangan sendiri, ada beberapa tips yang akan memudahkan kamu, yaitu:

  • Parut batang sabun untuk mendapatkan serpihan kecil. Kamu bisa menggunakan parutan, blender atau food processor yang sudah tidak dipakai lagi. Jika menggunakan blender atau food processor, tambahkan sedikit air untuk mendapatkan konsistensi seperti gel.
  • Jika ingin membuat sabun khusus, jangan gunakan sabun batang probiotik, gunakan yang tidak beraroma. Misalnya, jika ingin sabun cuci tangan dengan sifat antibakteri, gunakan sabun batangan antibakteri. Jika memiliki kulit kering, pilihlah sabun batangan yang melembapkan untuk membuat sabun cuci tangan cair.
  • Simpan sabun cair dalam stoples atau wadah kaca. Ingatlah untuk menggunakannya tidak lebih dari satu tahun. Karena tidak mengandung bahan pengawet, sabun buatan sendiri memiliki umur simpan yang pendek. 

Itulah pembahasan mengenai cara membuat sabun cuci tangan sendiri di rumah. Resep tersebut tidaklah baku. Kamu bisa bereksperimen dengan aneka jenis sabun batangan dan minyak esensial yang berbeda. 

Jika kamu memiliki masalah kulit karena sabun, download Halodoc saja untuk membuat janji di rumah sakit dengan dokter kulit.

Referensi:
Firstcry Parenting. Diakses pada 2022. How to Make Liquid Hand Soap at Home.
The Spruce Crafts. Diakses pada 2022. How to Make Homemade Liquid Soap.