• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Tetap Aktif saat Nyeri Haid, Ini Tips Ampuhnya

Tetap Aktif saat Nyeri Haid, Ini Tips Ampuhnya

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim

Halodoc, Jakarta – Setiap wanita pasti pernah mengalami kram atau nyeri saat datang bulan tiba. Kondisi ini lazim dialami oleh wanita. Dikutip dari laman Womens Health, nyeri haid ini timbul akibat luruhnya darah-darah kotor yang menempel di dinding rahim. Meskipun wajar, tidak sedikit wanita yang malah terganggu oleh nyeri sampai menghambat aktivitas sehari-hari. Lantas, adakah cara agar tetap aktif meski nyeri haid melanda? Jangan khawatir, berikut ini tips yang bisa dicoba. 

Baca juga: Hati-hati, Ini Penyakit yang Sebabkan Nyeri Haid

Tips Biar Tetap Aktif Meski Nyeri Haid

Mengalami nyeri haid bukan berarti tidak mampu beraktivitas. Berikut ini tips biar tetap aktif meskipun sedang mengalami nyeri haid, yaitu:

  1. Olahraga Ringan

Kata siapa munculnya nyeri haid tidak boleh olahraga? Olahraga membantu untuk melupakan sejenak nyeri yang dirasakan. Cobalah olahraga yang ringan-ringan saja, seperti jalan santai, yoga, latihan resistensi sederhana dan kardio ringan. Olahraga membuat tubuh lebih segar dan bugar alhasil kamu bisa lebih aktif untuk menjalani aktivitas sehari-hari. 

  1. Cukup Tidur

Setiap orang dewasa wajib mendapatkan waktu tidur 7-8 jam setiap malam. Apalagi kalau kamu sedang haid, tentunya wajib untuk mendapatkan tidur yang cukup. Alasannya, menstruasi cenderung mengurangi energi yang kamu miliki. Oleh sebab itu, pastikan untuk mendapatkan tidur minimal delapan jam saat menstruasi untuk mengembalikan energi yang hilang. 

  1. Makan Makanan Sehat

Menstruasi memang bikin nafsu makan kamu meningkat. Tak jarang, nafsu makan ini biasanya merujuk pada makanan-makanan yang berlemak tinggi, seperti junk food, makanan super manis atau makanan pedas. Padahal, jenis-jenis makanan tersebut tidak banyak membantu mengurangi nyeri. Usahakan perbanyak makan buah dan sayuran saat menstruasi daripada biasanya untuk mengatasi gejala PMS.

Baca juga: 7 Tanda Nyeri Haid yang Berbahaya

  1. Banyak Minum

Kalau umumnya kamu dianjurkan untuk minum delapan gelas sehari, berbeda dengan saat kamu menstruasi. Saat menstruasi kamu butuh minum lebih banyak untuk membantu menghidrasi tubuh dari kehilangan cairan akibat menstruasi. Minum juga meningkatkan energi, sehingga kamu lebih segar dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. 

  1. Gunakan Bantalan Pemanas

Bantalan pemanas tidak hanya terasa nyaman dan membuat rileks selama haid, tetapi juga dapat membantu meredakan kram dan menenangkan otot yang sakit. Semakin baik perut dan otot, semakin besar pula keinginan kamu untuk menjadi aktif bahkan saat menstruasi!

  1. Pijat

Memijat lembut di area atas perut juga dapat merilekskan otot-otot panggul dan mengurangi kram. Sebelum memijat, kamu bisa mengoleskan minyak pijat, body lotion, atau minyak kelapa ke kulit agar lebih mudah.

Baca juga: Siklus Menstruasi Tidak Normal, Kapan Harus ke Dokter?

Nah, itulah tips yang bisa dicoba untuk meringankan nyeri haid, sehingga kamu bisa tetap aktif menjalankan rutinitas sehari-hari. Kalau nyeri haid yang kamu alami terasa tidak biasa, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter untuk diidentifikasi lebih lanjut. Sebelum mengunjungi rumah sakit, kamu bisa membuat janji dengan dokter terlebih dahulu lewat Halodoc. Melalui aplikasi, kamu hanya tinggal memilih dokter yang tepat sesuai kebutuhan kamu. 

Referensi :
Womens Health. Diakses pada 2020. Physical activity and your menstrual cycle.
Healthy Helper. Diakses pada 2020. 7 Healthy Tips For Staying Active During Your ‘Time of The Month’.