• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Tips Agar Tidak Terjebak Cinta Friendzone

Tips Agar Tidak Terjebak Cinta Friendzone

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
undefined

Halodoc, Jakarta – Selama ini beredar anggapan bahwa pria dan wanita tidak bisa menjalin hubungan pertemanan secara murni. Semakin lama berteman akan membuat keduanya semakin bertambah dekat, hingga akhirnya timbul perasaan suka atau sayang di dalam hati salah satu pihak. Namun, selama belum ada kesepakatan untuk berkomitmen, hubungan tersebut tidak bisa berkembang lebih dari sekadar teman alias terjebak dalam friendzone. Tentunya friendzone akan menyiksa bagi kamu yang memiliki perasaan. Karena itu, jangan sampai terjebak cinta friendzone, ya.

Sebenarnya dalam menghadapi situasi friendzone, kamu bisa menentukan di antara dua pilihan, yaitu kamu bisa menjaga jarak dengan si Dia agar hubungan kalian hanya sebatas teman saja, atau kamu bisa mencoba berbagai usaha agar si Dia tertarik dan akhirnya jatuh cinta kepada. Nah agar tak terjebak friendzone, ikuti tips-tips berikut ini, ya: 

1.  Tidak Perlu Selalu Ada Untuknya
Kesalahan yang paling umum dilakukan oleh wanita dalam menjalin persahabatan dengan pria sehingga terjebak dalam cinta friendzone adalah selalu menyediakan diri kapanpun si Dia membutuhkan. Jika Dia mengajakmu untuk menemaninya mencari sebuah barang, kamu langsung mengiyakan dan menyediakan waktu untuknya. Kamu juga selalu bisa dihubungi untuk mendengarkan curhatannya. Bahkan ketika sedang sakit, kamu juga datang menjenguknya dengan membawakan makanan. Dan masih banyak lagi hal lain yang kamu lakukan untuknya. Usahamu tersebut mungkin akan membuatnya senang, tapi belum tentu mengubah perasaannya menjadi suka. Jadi, perlakukan Dia seperti kamu memperlakukan sahabat-sahabat kamu yang lainnya saja. Dan kamu tidak harus selalu ada untuknya, kok.

2.  Beri Batasan Dalam Hubungan Persahabatan Kamu dan Dia
Jika kamu tidak ingin terjebak friendzone, beri batasan-batasan dalam hubungan persahabatan kamu dengan si Dia. Contohnya, hindari jalan-jalan hanya berdua saja. Jika si Dia mengajakmu pergi, ajak juga teman-teman kalian yang lain untuk ikutan bergabung. Dengan demikian, kamu terhindar dari suasana seolah-olah seperti sedang berkencan dengan si Dia. Selain itu, hindari juga skinship, jika Dia mulai merangkul atau menggandeng tangan, kamu bisa dengan sopan menolaknya dan tegaskan bahwa hubungan kalian hanya sebatas teman.

3.  Ingat, Kamu dan Dia Hanya Teman Biasa
Jadi jika Dia tidak menghubungi kamu hari ini, tidak usah marah. Begitupun kamu tidak selalu harus memberi ‘laporan’ kabar kepadanya. Hindari bersikap terlalu posesif karena Dia hanyalah seorang teman biasa.

4.  Luangkan Waktu dengan Teman-teman yang Lain Juga
Jangan hanya menghabiskan waktumu dengan si Dia saja, tapi luangkan juga waktu untuk berjalan-jalan dengan temanmu yang lain. Cara tersebut dapat mengalihkan perhatianmu, sehingga tidak hanya tertuju kepada si Dia saja.  

Tapi jika kamu ingin membuat hubungan pertemananmu dengan si Dia berkembang menjadi cinta, kamu bisa mencoba tips-tips berikut:

Ubah Penampilanmu Menjadi Lebih Menarik
Mungkin selama ini Dia tidak menyadari kecantikanmu karena kamu terlalu cuek dengan penampilanmu. Cobalah ubah gaya berpakaianmu menjadi lebih stylish atau feminim, lalu aplikasikan sedikit makeup sehingga wajahmu terlihat cantik dan fresh. Dijamin si Dia akan pangling dan mulai melihatmu sebagai seorang wanita. 

Cobalah untuk Menggodanya
Ketika sedang mengobrol santai dengannya, cobalah menggoda Dia dengan melontarkan gombalan dan lihat bagaimana reaksinya. Kamu juga bisa memberikan hint-hint tentang perasaanmu padanya. Dengan melihat reaksinya, kamu bisa menilai apakah Dia mempunyai ketertarikan terhadapmu, sehingga kamu dapat menentukan langkah selanjutnya.

Cari Tahu Apakah Dia Sedang Mencari Seorang Kekasih
Gunakan kedekatanmu dengan si Dia untuk mencari tahu apakah Dia mempunyai keinginan  untuk menjalin hubungan dengan seseorang atau tidak. Karena bisa saja Dia memang sedang menikmati masa sendirinya dan tidak ingin berpacaran. Namun, jika Dia memberi lampu hijau dengan menjawab bahwa Dia sedang mencari seorang pasangan, maka masih ada harapan bagimu untuk mendapatkan Dia.

Jujur Saja
Jika semua tips di atas sudah kamu lakukan, tapi belum juga berhasil, maka cobalah cara terakhir ini yaitu berkata jujur. Di zaman sekarang, sudah bukan hal yang tabu lagi bagi seorang wanita untuk menyatakan cinta kepada pria. Jadi, perjelas hubungan kalian dengan memberitahukan perasaanmu yang sebenarnya kepada Dia. 

Kalau kamu memiliki sejumlah masalah kecantikan yang menghalangimu berpenampilan menarik di depannya, kamu bisa berdiskusi dengan dokter melalui aplikasi Halodoc. Hubungi dokter dan ceritakan kondisimu melalui Video/Voice Call dan Chat. Kamu juga bisa membeli produk kesehatan dan vitamin yang dibutuhkan di Halodoc. Kamu tidak perlu keluar rumah, hanya tinggal order saja dan pesanan akan Diantar dalam satu jam. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.