• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Tips Aman Terbang saat Pandemi COVID-19

Tips Aman Terbang saat Pandemi COVID-19

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta - Di tengah masalah kesehatan yang saat ini sedang melanda dunia, para maskapai penerbanganpun memberlakukan kebijakan mengurangi durasi penerbangan, serta jumlah penumpang yang masuk ke dalam pesawat. Hal tersebut dilakukan karena sebagian negara yang juga dilanda COVID-19 memberlakukan aturan lockdown, sehingga para maskapai tidak bisa sembarangan dalam mengoperasikan pesawat ke area tersebut.

Meski demikian, penerbangan masih tetap beroperasi di dalam negeri. Berbeda dengan masa virus corona belum menjadi pandemi, penerbangan saat pandemi memiliki sejumlah prosedur khusus yang wajib dijalani oleh para penumpang dan awak kabin maskapai penerbangan.

Baca juga: Tips Aman dari Corona, Saat Pesan Makanan Online

Tips Aman Terbang saat Pandemi COVID-19

Dilansir dari Transportation Security Administration (TSA) atau agen dari Departemen Keamanan Dalam Negeri Amerika Serikat, pemerintah setempat mengeluarkan kebijakan yang harus ditaati bagi siapa saja yang ingin melakukan perjalanan dengan menggunakan pesawat terbang. Berikut tips aman terbang saat pandemi virus corona:

1. Wajib menggunakan masker.

2. Wajib membawa tisu alkohol pribadi.

3. Wajib mengikuti protokol keamanan dan kebersihan.

4. Penumpang yang diduga positif terinfeksi COVID-19 wajib melaporkan diri pada petugas medis yang sedang berjaga.

5. Peraturan yang sama juga harus dilakukan oleh orang-orang yang secara langsung pernah melakukan kontak dengan pengidap virus corona.

6. Memasukkan bawang bawaan pribadi ke tas masing-masing.

7. Wajib mencuci tangan sebelum dan setelah pemeriksaan keamanan.

Jika kamu memiliki masalah kesehatan yang tidak memungkinkan untuk menaiki maskapai, jangan keburu panik, karena sakitmu belum tentu dikarenakan oleh virus corona. Untuk memastikannya, kamu bisa memeriksakannya pada dokter di Halodoc.

Baca juga: Ini Tips Belanja Aman di Supermarket agar Terhindar dari Corona

Langkah Mencegah Penularan Virus Corona di Dalam Pesawat Terbang

Hingga hari ini (23/4), wabah virus corona belum juga surut. Sejak ditemukan di China beberapa bulan lalu, virus sudah menyebar di sekitar 27 negara di dunia. Karena hal tersebut, kamu perlu menjaga kesehatanmu, apalagi saat ingin melakukan perjalanan jauh menggunakan pesawat terbang. Berikut langkah mencegah penularan virus corona di dalam pesawat terbang:

  • Mencuci Tangan

Praktik mencuci tangan dapat kamu lakukan dengan sabun dan air mengalir. Sering mencuci tangan sangat berguna untuk mengurangi jumlah kuman di telapak tangan sampai batas tertentu. Jika sabun dan air tidak tersedia, gunakan cairan pencuci tangan yang mengandung 60 persen alkohol.

  • Pakai Masker

Menggunakan masker saat berada di pesawat akan membuat kamu terlindung dari kuman di udara, terutama saat seseorang batuk atau bersin. Ingat, tetesan droplet sekecil apapun dapat langsung menginfeksi dirimu. Dengan menggunakan masker, hidung dan mulut akan terlindungi dari cipratan air liur orang lain.

  • Pilih Kursi Dekat Jendela

Sebaiknya memilih kursi di dekat jendela saat menaiki pesawat terbang. Pasalnya, saat kamu duduk di kursi lorong, kamu akan lebih mudah terinfeksi virus, karena lebih sering bersentuhan dengan orang lain. 

  • Jaga Asupan Air Dalam Tubuh

Jangan lupa siapkan cukup air sebelum bepergian untuk menjaga tubuh agar tetap terhidrasi. Jika tubuh kekurangan cairan, hal tersebut akan meningkatkan risiko penularan infeksi virus atau bakteri. Selain itu, udara kering di dalam pesawat yang lepas landas akan menyebabkan pengeringan selaput lendir dalam hidung.

  • Bawa Perlengkapan Sendiri

Jika kamu hendak bepergian jauh dengan waktu penerbangan yang lama. Beberapa maskapai penerbangan menyediakan bantal dan selimut untuk menumpang yang biasanya dipakai secara berulang. Untuk menghindari virus yang menempel pada bantal dan selimut, sebaiknya bawalah perlengkapan pribadi sendiri.

Baca juga: Lesi di Jari Kaki Jadi Gejala Baru COVID-19

Langkah terakhir dan yang paling penting adalah, hindari menyentuh mata, hidung, mulut, serta area wajah lainnya untuk mencegah penularan virus. Pasalnya, virus akan mudah menyebar saat kamu menyentuh area wajah dengan jadi yang telah terkontaminasi.

Referensi:

Transportation Security Administration. Diakses pada 2020. TSA’s tips for flying during the coronavirus pandemic.
CDC. Diakses pada 2020. Coronavirus and Travel in the United States.
Fox Business. Diakses pada 2020. How to fly during coronavirus pandemic: 6 travel tips from TSA.
National Geographic. Diakses pada 2020. Here’s how coronavirus spreads on a plane—and the safest place to sit.