• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Tips Memilih Baju Renang yang Tepat untuk Pengguna Hijab
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Tips Memilih Baju Renang yang Tepat untuk Pengguna Hijab

Tips Memilih Baju Renang yang Tepat untuk Pengguna Hijab

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 11 Maret 2022

“Liburan ke pantai bisa menjadi kebingungan sendiri bagi wanita yang menggunakan hijab. Sebab, tidak semua wanita tahu cara memilih baju renang hijab yang tepat. Memilih bahan dari katun adalah salah satu tipsnya”

Tips Memilih Baju Renang yang Tepat untuk Pengguna Hijab

Halodoc, Jakarta – Untuk pengguna hijab, tentu agak sedikit sulit dalam memilih pakaian olahraga saat berenang di pantai. Salah satu cara yang bisa dipilih adalah dengan memilih baju renang khusus untuk pengguna hijab. Meski begitu, kamu perlu tahu beberapa tips dalam memilih baju renang ini, sehingga esensi dari penggunaan hijab sehari-hari tidak menghilang. Untuk mengetahui tipsnya, baca di sini!

Cara Memilih Baju Renang Hijab yang Aman Digunakan

Memang tidak mudah untuk wanita berhijab dalam memilih penggunaan pakaian renang. Kamu perlu memastikan seluruh tubuh tertutup dan tetap mudah untuk dikenakan di luar ruangan. Cara paling mudah dalam memilih baju renang khusus adalah dengan membeli pakaian renang burkini (burqa-bikini). Bahkan, beberapa wanita menggunakan ini hanya untuk mendapatkan perlindungan matahari.

Namun, ada saja baju renang hijab yang dikenakan tidak menimbulkan rasa nyaman. Sebab, beberapa produk masih menunjukkan lekuk tubuh. Maka dari itu, kamu perlu tahu beberapa tips dalam memilih baju renang yang tepat untuk digunakan ke pantai bagi para hijaber.

1. Pilih yang Berbahan Katun

Baju renang khusu pengguna hijab dengan bahan licin akan terlihat ketat dan mengikuti bentuk badan. Jika kamu menggunakannya, lekuk badan kamu akan semakin terlihat dan membuat kamu tidak nyaman. Maka dari itu, kamu bisa pilih baju renang dengan bahan yang tidak licin, seperti terbuat dari katun. Kamu juga bisa pilih baju renang yang longgar dan menutupi bokong agar lekuk tubuh kamu tidak terlihat dan lebih santun.

2. Pilih Busana Berwarna Cerah

Selain memilih jenis bahan yang tepat, kamu juga perlu mempertimbangkan warna busana renang yang digunakan. Pilihlah busana renang berwarna cerah yang mudah menyerap keringat. Selain warnanya menarik, busana berwarna cerah bisa membuat liburanmu di pantai lebih menyenangkan. Hindari pakaian yang berwarna putih, karena bisa membentuk lekuk tubuh terlihat jelas.

3. Pakai Jilbab Instan

Pantai identik dengan angin kencang, jadi, kamu perlu menggunakan jilbab instan agar hijab yang digunakan tidak berubah posisi. Kamu bisa menggunakan jilbab model turban agar praktis, dan jangan lupa menggunakan inner ninja sebelum menggunakan turban. Pastikan juga untuk menghindari penggunaan peniti atau jarum pentul karena bisa membahayakan diri saat berenang.

4. Hindari Pemakaian Legging

Legging sering menjadi pilihan praktis sebagai celana untuk berenang. Namun, penggunaan legging saat berenang bisa membuat bentuk tubuh bagian bawah kamu menjadi terlihat. Jadi, pilihlah celana panjang yang longgar supaya kamu bisa berenang dengan nyaman tanpa melihatkan lekuk tubuh. Kamu juga bisa menggunakan rok tambahan untuk menutupi bagian bokong.

5. Pilih Celana dengan Ujung Karet

Saat berenang, celana panjang yang digunakan sering kali terangkat ke atas, sehingga bisa memperlihatkan kaki bagian bawah. Untuk menghindarinya, kamu perlu memilih celana panjang dengan ujung karet agar kamu bisa berenang dengan aman dan nyaman. Jadi, kamu tidak perlu takut salah kostum atau merasa tidak nyaman saat kamu berenang di pantai. 

Itulah beberapa tips yang bisa kamu terapkan dalam memilih baju renang khusus pengguna hijab. Terkadang agak sulit memilih bahan yang cocok saat membeli secara online. Maka dari itu, pastikan dahulu kepada penjual, sehingga bisa mendapatkan yang sesuai dengan pilihan. Semoga tips ini bermanfaat dan aplikatif untuk kamu yang berhijab, ya!

Kalau kamu punya keluhan kesehatan, kamu bisa menghubungi dokter melalui aplikasi Halodoc, lho. Kamu bisa menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat untuk minta saran kesehatan kapan dan di mana saja. Maka dari itu, download aplikasi Halodoc sekarang juga untuk mendapatkan kemudahan ini!

Referensi:
DMM Fashion Network. Diakses pada 2022. Tips for Selecting Female Muslim Swimwear.
Just Maternity Jeans. Diakses pada 2022. Tips on Buying Muslim Swimwear.