Tips Memilih Sikat Gigi untuk Anak

Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   02 Mei 2018
Tips Memilih Sikat Gigi untuk AnakTips Memilih Sikat Gigi untuk Anak

Halodoc, Jakarta – Ketika gigi Si Kecil sudah mulai tumbuh, itu tandanya ibu perlu membelikan sikat gigi dan mengajarinya untuk membersihkan gigi. Mengajari anak untuk selalu membersihkan gigi sejak dini sangatlah penting. Ini karena sisa ASI atau MPASI yang menempel bisa merusak kesehatan mulut dan giginya jika tidak dibersihkan. Namun, memililh sikat gigi anak tidak boleh sembarangan. Ibu dianjurkan untuk memilih sikat gigi yang sesuai dengan tahapan pertumbuhan gigi Si Kecil berdasarkan usianya.

Sikat gigi anak terbuat dari bahan yang lembut dibanding sikat gigi orang dewasa. Sikat gigi ini juga didesain khusus untuk rongga mulut anak yang masih kecil, sehingga ibu dapat dengan mudah menjangkau semua bagian dalam mulutnya. Seiring bertambahnya usia, Si Kecil akan mengalami pertumbuhan gigi secara bertahap, sehingga ia akan membutuhkan bentuk dan jenis sikat gigi yang berbeda (Baca juga: Ini Perkembangan Gigi Anak Tumbuh Sesuai Usia). Umumnya, ibu dapat menemukan informasi tentang kategori usia untuk tiap-tiap sikat gigi pada bagian belakang kemasan. Berikut hal-hal yang perlu ibu perhatikan ketika memilih sikat gigi untuk Si Kecil:

  • Jenis Sikat Gigi Sesuai Usia Anak

Umumnya, jenis sikat gigi anak dibedakan berdasarkan beberapa tahapan usianya, yaitu 7-11 bulan, 11-24 bulan, dan untuk usia 24 bulan ke atas. Untuk anak usia 7-24 bulan, pilihlah sikat gigi dengan kepala sikat yang melebar dan ujung yang bulat. Jenis sikat gigi ini akan memperluas jangkauan penyikatan sekaligus memijat gusinya. Sedangkan untuk usia balita yang giginya sudah tumbuh semua, pilihlah sikat gigi yang lebih tinggi di ujungnya agar bisa menjangkau daerah sela-sela gigi.  

  • Pegangan Sikat Gigi

Untuk anak balita, pilih gagang sikat gigi yang tebal dan berkontur sehingga memudahkan bayi untuk menggenggamnya. Sedangkan untuk anak usia 5-8 tahun, pilih gagang sikat gigi yang lebih ramping dengan susunan bulu sikat berbentuk seperti mangkuk dan bulu sikat yang lebih tinggi di ujungnya.

  • Bentuk Kepala Sikat Gigi

Bentuk sikat gigi yang baik untuk anak adalah yang bagian kepalanya sedikit bulat. Kepala sikat yang sedikit membulat ini akan memudahkan ibu untuk membersihkan seluruh bagian dalam mulut Si Kecil hingga ke sela-sela gigi gerahamnya. Dengan begitu, sikat gigi tidak akan menyakiti mulut atau rongga mulut Si Kecil.

  • Bulu-bulu Sikat yang Lembut

Nah, ini adalah salah satu hal terpenting yang perlu ibu perhatikan ketika memilih sikat gigi untuk Si Kecil. Karena gusi Si Kecil masih sangat lembut dan dalam masa pertumbuhan, jadi ibu perlu memerhatikan bulu sikat gigi dengan seksama. Sikat gigi dengan tekstur bulu yang lembut akan menghindari Si Kecil dari gusi yang luka. Sikat gigi yang lembut juga bisa membantu memberi pijatan pada gusi anak sehingga merangsang pertumbuhan giginya.

  • Desain Sikat yang Menarik

Sekarang ini ibu dapat menemukan sikat gigi anak dengan berbagai desain yang menarik dan lucu dengan karakter kartun atau hewan. Ibu juga bisa mengajak anak ikut memilih sikat gigi agar anak lebih bersemangat menggosok gigi nantinya.

Gantilah sikat gigi anak secara berkala dalam 4 bulan atau bila sudah ada tanda-tanda kerusakan pada sikat gigi (Baca juga: 6 Tanda Si Kecil Mulai Tumbuh Gigi). Bila gigi Si Kecil sakit atau kesehatan mulutnya terganggu, bicarakan saja langsung pada dokter lewat aplikasi Halodoc. Ibu bisa menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan di mana saja. Ayo, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan