Begini Cara Penanganan Penyakit Ginjal pada Kucing Peliharaan

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   12 Juli 2021
Begini Cara Penanganan Penyakit Ginjal pada Kucing PeliharaanBegini Cara Penanganan Penyakit Ginjal pada Kucing Peliharaan

“Ginjal, baik pada manusia atau hewan adalah organ yang penting. Ginjal membantu mengatur tekanan darah, membuat hormon, merangsang sumsum tulang untuk membuat lebih banyak sel darah merah, dan membuang limbah dari darah. Jika kucing mengidap gangguan ginjal, terapi cairan dan modifikasi makanan adalah cara penanganannya.”

Halodoc, Jakarta – Ginjal, baik pada manusia atau pada hewan, adalah organ yang penting. Ginjal membantu mengatur tekanan darah, membuat hormon, merangsang sumsum tulang untuk membuat lebih banyak sel darah merah, dan membuang limbah dari darah. Hanya saja, ginjal kucing bisa rusak seiring bertambahnya usia. 

Gangguan kesehatan pada ginjal kucing yang tidak segera ditangani dapat menyebabkan serangkaian masalah kesehatan. Namun, diagnosis dini dan penanganan yang baik membantu meningkatkan kualitas dan umur kucing peliharaan. Lantas, bagaimana menangani penyakit ginjal pada kucing peliharaan?

Menangani Penyakit Ginjal pada Kucing Peliharaan

Pada tahap awal, penyakit ginjal yang terjadi pada kucing biasanya tidak menunjukkan gejala. Namun, gejala akan muncul setidaknya sampai 40 persen fungsi ginjal hilang. Diagnosis dini dapat membuat gagal ginjal akut lebih cepat terdeteksi dan ditangani dengan baik. 

Pada tahap kedua dari penyakit ginjal, gejala yang mulai muncul adalah kucing lebih sering buang air dan minum daripada biasanya. Pada tahapan ini, ginjal bekerja 60 persen dari biasanya. Pada tahap ketiga, muncul gejala pada kucing seperti muntah, kehilangan nafsu makan, dehidrasi, sariawan, dan diare ketika fungsi ginjal sudah berada di bawah 25 persen.

Baca juga: 6 Tips Menjaga Kesehatan Kucing Peliharaan

Penyakit ginjal seperti gagal ginjal kronis adalah kondisi yang tampaknya tidak dapat disembuhkan, terutama yang dialami kucing yang lebih tua. Dokter hewan mungkin akan merekomendasikan terapi cairan, modifikasi makanan, obat tekanan darah, dialisis, atau transplantasi. 

Maka dari itu, penting untuk memastikan kucing melakukan pemeriksaan rutin di dokter hewan. Tindakan ini bisa menjadi langkah awal untuk mengetahui penyakit lebih awal agar bisa segera ditangani. 

Sebagai pemilik kucing, perlu mengingat atau mendokumentasikan kecenderungan gejala yang tidak biasa. Kepekaan ini membantu saat dokter hewan menentukan apakah ginjal kucing perlu diperiksa lebih lanjut. Terutama pada kucing yang usianya di atas 7 tahun, sangat perlu mendapatkan pemeriksaan tahunan untuk mengetahui apakah kucing memiliki masalah ginjal. 

Baca juga: Ketahui Tanda-Tanda Kucing Peliharaan Mengalami Sakit

Berikan Nutrisi yang Tepat pada Kucing

Memberikan nutrisi yang tepat untuk kucing dapat membantu mengurangi risiko penyakit ginjal dan gagal ginjal. Nutrisi yang baik juga dapat meningkatkan kesehatan kucing secara keseluruhan. Jika kucing peliharaan telah didiagnosis mengalami penyakit ginjal, maka sebaiknya ubah makanan dan polanya untuk memperlambat perkembangan penyakit dan memperpanjang umurnya. 

Makanan yang diformulasikan secara khusus bermanfaat bagi kesehatan ginjal. Pembatasan fosfor pada makanan kucing mampu mengurangi keparahan gejala dan perkembangan kerusakan ginjal. Sedangkan menurunkan protein berkualitas tinggi membantu memulihkan kadar asam basa normal. 

Nutrisi yang seimbang adalah bagian penting dari gaya hidup yang aktif dan sehat. Jika kucing memiliki masalah ginjal, nutrisi yang tepat dapat berdampak positif bagi hidupnya.

Pastikan kamu selalu menyediakan air bersih untuk kucing. Jika kamu menduga ada kemungkinan masalah ginjal pada kucing, segera bicarakan pada dokter hewan di Halodoc

Penyebab Umum Penyakit Ginjal pada Kucing

Ada beberapa penyebab potensial penyakit ginjal pada kucing, yaitu:

1. Penurunan aliran darah atau urine ke ginjal.

2. Tekanan darah tingg.

3. Kanker.

4. Hambatan seperti batu ginjal.

5. Menelan zat beracun.

6. Penyakit gigi akut.

7. Berusia tua atau lebih dari 7 tahun.

Gagal ginjal adalah salah satu penyebab penyakit paling parah dan umum pada kucing, terutama pada kucing yang lebih tua. Ada dua kategori gagal ginjal pada kucing, yaitu gagal ginjal akut dan gagal ginjal kronis.

Baca juga: Hati-Hati, Gagal Ginjal Bisa Sebabkan Hipertensi

Tanda-tanda gagal ginjal biasanya berkembang dalam waktu seminggu atau sebulan, sedangkan gagal ginjal kronis muncul dalam waktu yang lebih lama. Risiko penyakit ginjal kucing lebih tinggi pada ras tertentu, seperti Persia dan Anggora. Yuk, jaga selalu kondisi kesehatan kucing peliharaan!

Referensi:
Hill’s Pet. Diakses pada 2021. Tips for Managing Your Cat's Kidney Disease
Purina. Diakses pada 2021. Kidney Problems in Cats: Causes & Treatments
WebMD. Diakses pada 2021. Kidney Failure in Cats



Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan