• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Tips Merawat Kucing Peliharaan Tanpa Kandang
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Tips Merawat Kucing Peliharaan Tanpa Kandang

Tips Merawat Kucing Peliharaan Tanpa Kandang

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc : 11 Desember 2020
Tips Merawat Kucing Peliharaan Tanpa Kandang

Halodoc, Jakarta - Sekilas, kucing memang terlihat seperti hewan yang mandiri, ya? Meski begitu, ternyata hewan lucu satu ini juga membutuhkan bantuan pemiliknya untuk melakukan perawatan, sehingga kesehatannya selalu terjaga. Beberapa pemilik kucing memutuskan untuk meletakkan hewan kesayangannya ini dalam kandang, sisanya membiarkan kucing mereka bebas berjalan-jalan di rumah.

Kucing yang diletakkan dalam kandang maupun dibebaskan sebenarnya punya kelebihan dan kurangnya masing-masing. Jika diletakkan dalam kandang, kucing bisa jadi mudah bosan dan stres, sementara itu tanpa kandang, kucing tentu akan bebas bermain ke mana saja. 

Baca juga: Ketahui Seluk Beluk Merawat Anak Kucing

Merawat Kucing Tanpa Kandang

Meski begitu, kucing yang dipelihara tanpa kandang membutuhkan perhatian lebih, terutama kebersihan tubuhnya. Kamu pasti tidak tahu ke mana kucingmu bermain atau apa yang sudah dimakannya. Nah, supaya tetap terjaga kebersihan dan kesehatannya, kamu bisa terapkan tips berikut ini. 

  • Periksakan Kucing Secara Teratur

Umumnya, pemeriksaan kucing dilakukan setiap bulan dan tahun. Pemeriksaan rutin bulanan bertujuan untuk mengecek kondisi kesehatannya, sementara itu pemeriksaan tahunan dilakukan guna mengecek kondisi organ dalam kucing. 

Kucing yang tidak diberi kandang akan bebas berkeliaran, sehingga pemeriksaan rutin harus dilakukan. Tanyakan pada dokter hewan jika ada perbedaan dalam cara berjalan, nafsu makan, cara mengeong hingga perubahan perilaku. Gunakan aplikasi Halodoc, sehingga kamu bisa bertanya kapan saja tanpa harus pergi ke klinik hewan. 

Baca juga: Kenali Scabies, Penyakit Kulit Akibat Kutu Hewan

  • Rutin Membersihkan Gigi Kucing

Tips berikutnya, rutinlah membersihkan giginya. Kamu bisa menggunakan sikat gigi dengan buku lembut dan pasta gigi yang dibuat khusus untuk kucing. Jangan menggunakan pasta gigi manusia, karena kandungan fluoride-nya justru beracun bagi kucing. 

Cara menyikat gigi kucing adalah secara melingkar dari depan ke belakang. Lakukan perlahan selama sekitar 30 detik. Gigi kucing tetap perlu dibersihkan, karena banyak pula penyakit yang bermula dari gigi dan gusi yang kotor. Tanpa perawatan, gigi kucing rentan mengalami plak. 

  • Sisir Bulunya

Meski terlihat remeh, ternyata menyisir bulu kucing juga penting. Kegiatan ini membantu mengangkat buku kucing yang rontok, membantu membersihkan jamur dan kutu, juga melancarkan aliran darah kucing, lho. 

Kalau kucingmu punya bulu yang panjang, gunakan sisir jenis pin brush untuk menyisir bulunya. Sedangkan untuk kucing berbulu pendek, pakai sisir jenis slicker brush yang pipih. Sementara itu untuk anak kucing, gunakan sisir mini dengan gigi yang lembut. 

Baca juga: 5 Penyakit yang Ditularkan dari Hewan

  • Berikan Alas untuk Tidur

Meski tidak punya kandang, bukan berarti kucing bisa bebas tidur di mana pun mereka suka. Sebenarnya, kandang kucing berfungsi sebagai tempat tidurnya. Jadi, kalau tidak punya kandang, setidaknya kamu tetap memberikan alas tidur untuk kucingmu, bisa kardus atau kain atau bantal yang memang dibuat untuk kucing.

Bukan tanpa alasan, membiarkan kucing tidur di lantai atau permukaan yang kasar dalam waktu lama ternyata tidak baik untuk kucing. Bulunya akan sangat mudah rontok dan berisiko tinggi mengalami kebotakan.

  • Tetap Beri Makan Secara Teratur

Supaya kucingmu tidak makan sembarangan saat main di luar, tetap berikan ia makan sebanyak dua sampai tiga kali sehari. Jika kamu tidak ada di rumah dan kucingmu sedang di luar, letakkan piring makannya di teras agar kucingmu tetap bisa makan meski kamu tidak di rumah.

Frekuensi makan kucing tidak berbeda dengan manusia, yaitu 2–3 kali sehari. Sementara itu, anak kucing makan antara 4–6 kali sehari. Kamu juga bisa memberikan snack untuk di antara waktu makan. 

Dengan atau tanpa kandang, kucing tetap perlu terjaga kebersihannya. Kucing yang bersih tentu saja akan memiliki tubuh dan bulu yang lebih sehat. 



Referensi:
ProPlan. Diakses pada 2020. 5 Cara Merawat Kucing Tanpa Kandang bagi Pemula.