Tips Sehat dan Bugar Selama Berpuasa

Ditinjau oleh  dr. Verury Verona Handayani   10 Mei 2019
Tips Sehat dan Bugar Selama BerpuasaTips Sehat dan Bugar Selama Berpuasa

Halodoc, Jakarta - Lemas dan lesu sering kali menjadi keluhan yang terlontar selama bulan puasa. Kamu pun akan menjadikannya alasan untuk kurang produktif bekerja selama puasa. Padahal, lemas dan lesu bukan disebabkan oleh puasa, tapi pola hidup (makan dan tidur) yang tidak diatur dengan baik.

Kamu bisa kok selalu sehat dan bugar selama berpuasa, asalkan kamu menjalankannya dengan benar dan disiplin terhadap diri kamu sendiri. Terutama soal makan dan tidur selama bulan puasa. Kamu mau selalu sehat dan bugar selama berpuasa? Coba ikuti tips berikut.

  1. Makan Secukupnya

Waktu berbuka adalah waktu yang paling dinanti selama bulan puasa. Sayangnya, banyak orang yang “kalap” saat menyantap hidangan berbuka. Langsung memakan banyak makanan saat berbuka akan membuat perut kembung dan begah. Itu sebabnya berbuka puasa sebaiknya dengan mengonsumsi makanan secukupnya. Kamu dapat makan secara bertahap, saat berbuka makanlah makanan yang ringan seperti salad buah, es buah, kurma, atau air putih. Nah, setelah beberapa jam kemudian barulah makan besar.

Baca juga: Cara Ajari Anak untuk Hidup Sehat dengan Puasa

  1. Hindari Makanan Berminyak

Menu gorengan saat berbuka memang sangat menggoda. Namun, sebaiknya kamu menghindari segala bentuk makanan yang digoreng dengan minyak dalam jumlah banyak. Hal ini akan meningkatkan risiko kenaikan kolesterol dalam tubuh kamu.

  1. Kurangi Makanan dan Minuman Manis

Kamu juga diharuskan mengurangi minuman dan makanan manis, serta produk olahan. Banyak orang yang keliru mengartikan maksud dari ‘berbuka dengan yang manis’. Makanan atau minuman manis memang penting untuk dikonsumsi. Apalagi jika rasa manis tersebut terbuat dari gula.

Minuman dan makanan manis yang kamu konsumsi secara rutin selama puasa justru akan menyebabkan kenaikan berat badan. Jika kamu ingin memastikan tubuh fit saat puasa, energi yang dikeluarkan harus lebih banyak daripada energi yang masuk.

  1. Jangan Lewatkan Sahur

Cara yang paling mudah untuk tetap bugar saat puasa adalah dengan tidak melewatkan sahur. Sama seperti sarapan pagi, sahur merupakan bagian terpenting untuk menambah asupan energi selama seharian sampai tiba waktu berbuka. Makanlah yang benar saat sahur dengan memperhatikan asupan nutrisi seimbang dari karbohidrat kompleks, serat, dan protein.

  1. Penuhi Kebutuhan Cairan

Hampir sebagian besar tubuh manusia terdiri dari air, dan kamu membutuhkan jumlah yang sama dengan air yang terbuang saat kamu berpuasa. Minumlah setidaknya 8-12 gelas air putih. Kamu dapat memenuhi cairan tersebut saat berbuka puasa hingga saat sahur. Dengan begitu, tubuh kamu akan tetap terhidrasi.

Baca juga: Gangguan Kesehatan yang Sering Kambuh Saat Puasa

  1. Olahraga

Puasa tidak menjadi halangan untuk melakukan aktivitas fisik. Kamu dapat melakukan olahraga dengan intensitas ringan sampai sedang setelah berbuka puasa, saat tubuh sudah terpenuhi asupan energi. Lakukan olahraga selama 30 menit dengan jalan kaki, bersepeda, joging, ataupun latihan lain yang sesuai dengan kondisi tubuh kamu.

  1. Tidur yang Cukup

Selain perlu memperhatikan asupan makanan, pengaturan pola tidur juga merupakan hal yang penting. Mengantuk selama puasa sebenarnya bukan disebabkan oleh tidak makan dan minum seharian, tapi karena kamu tidak memiliki waktu tidur yang cukup. Karena kamu harus bangun pagi untuk menyiapkan makan sahur, maka pada malam harinya kamu tidak boleh begadang untuk keperluan yang tidak terlalu penting. Usahakan untuk tidur lebih cepat dari biasanya.

Baca juga: 7 Makanan untuk Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh Saat Puasa

Tips-tips di atas harus kamu tepati, supaya kamu tetap sehat dan bugar selama bulan puasa. Namun, jika kamu mengalami sakit saat puasa dikarenakan faktor tertentu, segera komunikasikan keluhan kamu pada dokter melalui aplikasi Halodoc untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Diskusi dengan dokter di Halodoc dapat dilakukan via Chat atau Voice/Video Call kapan dan di mana saja. Saran dokter dapat diterima dengan praktis dengan cara download aplikasi Halodoc di Google Play atau App Store sekarang juga.



Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan