Ukur Kadar Zat Besi, Ini Manfaat Tes Serum Iron bagi Kesehatan

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   10 Februari 2023

“Hasil tes serum iron bermanfaat bagi dokter untuk menetapkan diagnosis. Dengan begitu, dokter dapat menentukan pengobatan yang tepat.”

Ukur Kadar Zat Besi, Ini Manfaat Tes Serum Iron bagi KesehatanUkur Kadar Zat Besi, Ini Manfaat Tes Serum Iron bagi Kesehatan

Halodoc, Jakarta – Tes serum iron sangat penting untuk membantu dokter mengetahui volume zat besi dalam darah seseorang. Seperti namanya, tes ini menggunakan serum atau cairan yang tersisa setelah dokter menghilangkan elemen pembekuan dan sel darah dari sampel darah.

Zat besi merupakan salah satu mineral penting bagi tubuh, dan banyak terkandung dalam darah. Namun, jika kadarnya terlalu banyak atau terlalu sedikit, bisa berbahaya bagi kesehatan. 

Manfaat Tes Serum Iron

Tes serum iron memang bukan tes kesehatan rutin. Pemeriksaan ini biasanya merupakan tindak lanjut saat tes yang lebih umum menunjukkan hasil yang tidak normal. Misalnya tes hitung darah lengkap atau tes hemoglobin.

Dokter mungkin juga menyarankan tes serum iron jika kamu menunjukkan gejala anemia. Hasil tes yang tidak normal bisa menjadi tanda kekurangan atau kelebihan zat besi. Oleh karena itu, tes serum iron bermanfaat untuk mengungkapkan kadar besi darah rendah atau tinggi yang tidak normal. 

Memiliki terlalu banyak ataupun terlalu sedikit zat besi dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius. Jadi, tes ini akan membantu dokter memberikan diagnosis yang lebih akurat.

Seperti Apa Prosedurnya?

Tes serum iron adalah tes yang relatif sederhana dengan risiko minimal. Sebagai persiapan, kamu mungkin perlu berpuasa hingga 12 jam sebelum tes, dan menghindari minum obat lain selama waktu ini.

Seorang dokter, perawat, atau phlebotomist akan mengambil sedikit sampel darah dari lengan dan mengirimkannya ke laboratorium untuk pengujian. Mereka kemudian akan menjelaskan hasil tes ini sebelum menentukan langkah selanjutnya yang tepat.

Tes serum iron akan mengukur kadar zat besi total dalam serum dalam mikrogram zat besi per desiliter darah (mcg/dL). Selain tes ini, banyak orang akan menjalani tes kadar transferin serum. Transferrin adalah sejenis protein yang bertanggung jawab untuk mengangkut zat besi dalam darah.

Kadar transferrin juga dapat membantu dokter menentukan apakah terlalu banyak atau terlalu sedikit zat besi dalam darah. Satuan pengukuran untuk transferrin adalah miligram per desiliter (mg/dL).

Tes umum lainnya mengukur kapasitas pengikatan besi total (TIBC), juga dalam mcg/dL. Ini menunjukkan jumlah zat besi yang dapat diikat oleh transferrin di dalam darah.

Hasil tes serum iron dapat bervariasi dari waktu ke waktu tergantung pada kesehatan keseluruhan seseorang. Tingkat normal cenderung bervariasi dari satu lab ke lab lainnya tetapi biasanya berada dalam kisaran berikut:

  • TIBC: 262 hingga 474 mcg/dL
  • Total serum iron: 26 hingga 170 mcg/dL pada wanita dan 76 hingga 198 mcg/dL pada pria
  • Saturasi transferrin: 204 hingga 360 mg/dL

Tes serum iron dan tes terkait lainnya dapat mengungkapkan nilai rendah atau tinggi. Kisaran normal dapat bervariasi. Jadi penting bagi kamu untuk berbicara dengan dokter tentang apa arti hasil tes yang kamu dapatkan.

Kadar zat besi yang rendah bervariasi antar individu dan bergantung pada jenis kelamin seseorang. Skor di bawah 26 mcg/dL berada di luar kisaran normal untuk wanita. Untuk pria, skor rendah adalah di bawah 76 mcg/dL.

Tingkat zat besi yang tinggi secara tidak normal akan berada di atas 198 mcg/dL untuk pria dan lebih dari 170 mcg/dL untuk wanita. Kondisi ini juga bisa berbahaya dan perlu penanganan lebih lanjut.

Itulah pembahasan mengenai manfaat tes serum iron dan bagaimana prosedurnya. Jika kamu mengalami kondisi ini, download Halodoc saja untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2023. Serum Iron Test.
Medical News Today. Diakses pada 2023. Serum Iron Test: High, Low, and Normal Ranges.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan