• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Wajib Tahu, Ini 5 Tanda Payudara Sehat dan Bebas Kanker
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Wajib Tahu, Ini 5 Tanda Payudara Sehat dan Bebas Kanker

Wajib Tahu, Ini 5 Tanda Payudara Sehat dan Bebas Kanker

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 13 Oktober 2022

“Payudara yang sehat memiliki beberapa tanda dan perlu diketahui oleh setiap wanita. Beberapa di antaranya adalah memiliki kelenturan dan suhu yang konsisten.”

Wajib Tahu, Ini 5 Tanda Payudara Sehat dan Bebas KankerWajib Tahu, Ini 5 Tanda Payudara Sehat dan Bebas Kanker

Halodoc, Jakarta – Kesehatan payudara perlu dijaga oleh setiap wanita agar tidak mudah mengalami gangguan. Maka dari itu, setiap wanita perlu tahu berbagai tanda payudara sehat, untuk mendapatkan tindakan secepatnya jika merasakan ada yang tidak normal. Maka dari itu, perlu tahu tanda-tanda bagian tubuh terjaga kesehatannya.

Tanda Payudara Sehat yang Perlu Diketahui Setiap Wanita

1. Memiliki Kelenturan yang Konsisten

Payudara yang sehat memiliki kelenturan yang sama setiap disentuh. Namun jika terdapat benjolan saat disentuh, bisa jadi ini pertanda kanker payudara. Meski begitu, benjolan pada payudara adalah hal yang wajar. Maka dari itu, segera periksakan payudara jika mengalami benjolan pada payudara.

2. Memiliki Kulit yang Bersih

Kulit yang bersih dapat menjadi indikator payudara dalam kondisi sehat. Jika alami perubahan mendadak pada kulit payudara, perlu segera melakukan pemeriksaan ke dokter.

Meski bukan pertanda umum dari kanker payudara, tetapi mungkin merupakan masalah medis yang berbeda. Perlu dipahami jika kulit yang bersih adalah indikator terbaik dari kesehatan payudara yang baik.

3. Suhu yang Konsisten

Pada tubuh yang sehat, sirkulasi menyebabkan suhu menjadi konsisten di seluruh bagian, termasuk payudara. Jika terdapat kehangatan yang tidak wajar pada bagian dada tersebut, bisa jadi disebabkan gejala kanker. Secara umum, suhu payudara harus selaras dengan tubuh, jika berbeda, ada baiknya segera melakukan pemeriksaan.

4. Tidak Mengeluarkan Cairan yang Tidak Wajar

Satu-satunya cairan yang bisa keluar dari puting adalah susu. Jika tidak sedang menyusui, seharusnya tidak ada cairan apapun yang dihasilkan. Keluarnya cairan dari puting dapat menjadi pertanda banyak gangguan, seperti efek samping obat dan bahkan kanker. Segera lakukan pemeriksaan jika mengalami masalah ini.

5. Tidak Terasa Sakit

Payudara yang sehat tentu saja tidak terasa sakit saat dipegang. Namun ada pengecualiannya, perasaan sakit bisa dirasakan sebelum atau selama menstruasi. Di luar waktu tersebut, payudara sudah seharusnya bebas rasa sakit.

Hal paling penting yang harus diingat adalah kesehatan payudara setiap orang berhubungan dengan konsistensi. Payudara setiap orang bisa berbeda satu sama lain, jadi kamu tahu apa yang normal pada bagian tersebut. Jika ada perubahan pun biasanya langsung diketahui.

Pastikan untuk segera melaporkan setiap perubahan mendadak pada payudara pada dokter sesegera mungkin. Bahkan jika ternyata penyebabnya tidak serius, lebih baik tidak membiarkannya karena bisa jadi hal ini disebabkan sesuatu yang berbahaya.

Diagnosis dini terhadap kondisi payudara yang tidak normal dapat membuat dokter memberikan tindakan dini, jika ternyata kondisi yang menyebabkannya membahayakan, termasuk kanker. Jangan sampai tindakan pengobatan diberikan terlambat, karena bisa jadi membahayakan nyawa.

Itulah pembahasan mengenai berbagai tanda payudara yang sehat dan bebas kanker yang perlu diketahui. Bukan hanya saat terasa sakit, pemeriksaan juga perlu dilakukan secara rutin guna memastikan payudara senantiasa sehat tanpa masalah apa pun.

Nah, kamu bisa lho melakukan pemesanan pemeriksaan payudara di beberapa rumah sakit rekanan melalui fitur janji medis dari aplikasi Halodoc. Cukup dengan download aplikasi Halodoc, segala kemudahan dalam akses kesehatan bisa didapatkan melalui smartphone di tangan. Maka dari itu, unduh aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Bass Medical Group. Diakses pada 2022. 5 Signs That Indicate Good Breast Health.
Health Central. Diakses pada 2022. 7 Signs of Healthy Breasts.