• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Wajib Tahu, Ini 7 Tanda Relationship yang Tidak Sehat
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Wajib Tahu, Ini 7 Tanda Relationship yang Tidak Sehat

Wajib Tahu, Ini 7 Tanda Relationship yang Tidak Sehat

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 24 Oktober 2022

“Tanda relationship tidak sehat sangat penting untuk dikenali. Sebab, ini bisa memengaruhi kesehatan mental dan kualitas hidup kamu.”

Wajib Tahu, Ini 7 Tanda Relationship yang Tidak SehatWajib Tahu, Ini 7 Tanda Relationship yang Tidak Sehat

Halodoc, Jakarta – Sangat penting untuk menyadari tanda relationship tidak sehat, karena ini dapat memiliki dampak merugikan yang signifikan. Termasuk pada kesehatan, kebahagiaan, dan kesejahteraan hidup secara keseluruhan. 

Masalahnya adalah seringkali seseorang tidak menyadari bahwa hubungannya sudah sangat toxic. Mungkin juga sudah sadar tapi tidak tahu kapan dan bagaimana harus mengakhiri hubungan. 

Tanda Relationship Tidak Sehat

Meskipun tidak ada hubungan yang sempurna, penting untuk dapat mengenali tanda relationship yang tidak sehat. Sebab, ini bisa membuat kamu mempertanyakan diri sendiri dan penilaian kamu. 

Berikut ini beberapa tanda yang perlu diwaspadai:

1. Tidak Bisa Menyuarakan Keinginan karena Takut Kehilangan

Ketika kamu tidak bisa menyuarakan batasan, kebutuhan, atau perasaan karena takut pasangan akan pergi, ini adalah red flag. Termasuk jika kamu sudah mencoba bicara, tapi pasangan malah melabeli kamu sebagai orang yang suka menuntut.

2. Banyak Dapat Peringatan dari Orang Terdekat

Tanda relationship tidak sehat lainnya adalah ketika orang terdekat mewanti, memperingati, atau menyatakan keprihatinan pada hubungan kamu. Jika hanya satu orang saja yang begini, mungkin tidak masalah.

Namun, jika banyak orang terdekat yang tulus memberi nasihat pada kamu, tentu kamu tidak boleh tutup telinga. Jangan dibutakan cinta. Cobalah dengarkan kata-kata orang terdekat yang kamu anggap tulus.

3. Mengabaikan Ketidaknyamanan

Kamu merasakan ketidaknyamanan yang semakin besar tentang hubungan kamu, tetapi mengabaikannya atau merasionalisasikannya. Misalnya dengan mengatakan pada diri sendiri bahwa semua hubungan itu sulit dan membutuhkan usaha, atau bahwa kamu yakin pasangan bisa berubah.

Jika hal ini yang kamu alami, sebaiknya hati-hati, karena ini adalah tanda bahwa hubungan kamu tidak sehat.

4. Hanya Kamu yang Berusaha

Hubungan yang sehat membutuhkan usaha dari kedua pihak, tidak berat sebelah. Jika kamu selalu berusaha menjaga keutuhan hubungan, tapi pasangan tampak tidak peduli, ini adalah tanda adanya masalah.

5. Hubungan Sering Terasa Seperti Roller Coaster

Roller coaster dalam hal ini bukan merujuk pada wahana permainan, ya. Melainkan menggambarkan situasi emosional antara kamu dan pasangan. Jika kamu merasa hubungan terlalu sering naik dan turun, bisa jadi itu tanda relationship tidak sehat.

6. Sering Merasa Dihakimi

Kamu tidak merasa baik tentang diri kamu dalam hubungan ini. Kamu sering merasa dihakimi oleh pasangan dan penuh dengan keraguan diri. Bahkan kamu jadi sering menyalahkan diri sendiri atas segala sesuatu yang salah dalam hubungan.

7. Merasa Seperti Berjalan di Atas Kulit Telur

Kamu sering merasa seperti berjalan di atas kulit telur saat bersama pasangan. Konflik yang muncul dalam hubungan biasanya terasa meledak-ledak, sehingga membuat kamu cemas dan gelisah dalam bertindak.

Kapan Harus Mengakhiri Hubungan?

Itu tadi beberapa tanda relationship tidak sehat. Perlu diketahui bahwa tidak semua hubungan layak diselamatkan. Jika kamu telah melakukan yang terbaik, tapi pasangan tidak mau berubah atau membantu, mungkin itu saatnya untuk pergi. 

Investasikanlah waktu, tenaga, dan hati kamu untuk hubungan yang lebih sehat dan lebih bisa mendukung kamu. Jika bingung harus mulai dari mana, cobalah mulai dengan mengajak pasangan bicara serius mengenai perasaan dan keinginan kamu.

Namun, jika pasangan tidak tertarik untuk berubah atau jika situasinya melibatkan pelecehan atau kekerasan dalam bentuk apa pun, segera akhiri hubungan. Pelecehan dan kekerasan adalah tindak pidana yang tidak bisa ditoleransi lagi dalam suatu hubungan. 

Itulah pembahasan mengenai tanda relationship tidak sehat. Jika kamu memerlukan saran dari ahlinya, download Halodoc saja untuk bertanya pada psikolog melalui chat.

Referensi:
Psychology Today. Diakses pada 2022. 14 Signs of an Unhealthy Relationship.
Very Well Mind. Diakses pada 2022. Signs That You’re In an Unhealthy Relationship.