• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Wajib Tahu, Ini Ciri-ciri Jantung Lemah pada Wanita
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Wajib Tahu, Ini Ciri-ciri Jantung Lemah pada Wanita

Wajib Tahu, Ini Ciri-ciri Jantung Lemah pada Wanita

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 04 Januari 2023

“Sebab bentuk anatomi jantungnya berbeda, membuat ciri jantung lemah pada wanita dan pria berbeda. Ciri-ciri jantung lemah pada wanita adalah kelelahan yang tidak biasa, mual dan muntah, dan sakit kepala.”

Wajib Tahu, Ini Ciri-ciri Jantung Lemah pada WanitaWajib Tahu, Ini Ciri-ciri Jantung Lemah pada Wanita

Halodoc, Jakarta –   Pria dan wanita memiliki anatomi dan fisiologi yang berbeda, termasuk dalam sistem kardiovaskularnya. Wanita memiliki jantung yang lebih kecil dan pembuluh darah yang lebih sempit daripada pria. Karena perbedaan biologis inilah yang membuat, penyakit kardiovaskular dapat berkembang secara berbeda pada wanita dan pria. 

Wanita lebih rentan mengalami penumpukan plak di arteri besar karena pembuluh darah jantung yang lebih kecil. Lantas, seperti apa ciri-ciri jantung lemah pada wanita? Informasi selengkapnya baca di sini!

Ciri-Ciri Jantung Lemah pada Wanita

Jantung lemah adalah kondisi ketika jantung tidak mampu memompa cukup darah untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Kondisi seperti diabetes, penyakit jantung koroner, dan tekanan darah tinggi yang menyebabkan jantung bekerja terlalu keras, adalah situasi yang membuat kinerja jantung melemah.

Meskipun anatomi jantung pria dan wanita memiliki perbedaan yang membuat wanita lebih rentan terhadap penyakit jantung, tetapi baik pria maupun wanita memiliki ciri-ciri jantung lemah yang kurang lebih sama, perbedaannya hanya terletak pada intensitasnya. Misalnya, salah satu ciri jantung lemah adalah cepat lelah untuk pengidap lemah jantung pada wanita. Namun, kondisi kelelahan ini jauh lebih signifikan ketimbang pada pria.   

Pada umumnya, ciri-ciri jantung lemah pada wanita adalah detak jantung cepat atau tidak teratur/berdebar kencang. Kemudian, ciri lainnya adalah sebagai berikut:

1. Sesak napas

Sebagian besar kasus sesak napas disebabkan oleh kondisi jantung yang lemah. Jantung dan paru-paru terlibat dalam pengangkutan oksigen ke jaringan tubuh. Kondisi jantung yang tidak prima menyebabkan jantung lelah yang pada akhirnya memengaruhi pernapasan.

2. Nyeri pada salah satu atau kedua lengan

Pada dasarnya, sistem kerja jantung adalah mengalirkan aliran darah ke seluruh tubuh. Jika kondisi jantung lemah, akan berdampak pada bagian tubuh tertentu, salah satunya lengan. 

3. Mual atau muntah

Mual dan muntah menjadi ciri-ciri jantung lemah pada wanita ketika jantung dan sistem pencernaan mengalami kemacetan, kedua organ ini gagal menerima pasokan darah yang normal. Ini bisa membuat seseorang merasa mual atau kenyang, bahkan jika belum makan sama sekali.

4. Berkeringat

Memompa darah melalui arteri yang tersumbat membuat jantung bekerja ekstra. Alhasil, tubuh lebih banyak berkeringat untuk menjaga suhu tubuh tetap rendah selama pengerahan tenaga ekstra tersebut.

5. Sakit kepala ringan atau pusing

Jantung lemah bisa menyebabkan aritmia yang memicu perubahan detak jantung tidak teratur. Nah, perubahan detak jantung ini dapat memicu sakit kepala. Menurut data kesehatan yang dipublikasikan oleh Aging Care, disebutkan kalau sakit kepala migrain bisa menjadi tanda peringatan serangan jantung.

Terkhusus wanita, cirinya bisa spesifik mengalami migrain dengan aura (migrain disertai gejala sensorik, seperti kilatan cahaya, bintik buta atau kesemutan di tangan atau wajah).

6. Kelelahan yang tidak biasa

Masih terkait dengan sistem kerja jantung yang tidak optimal, makanya wanita dengan jantung lemah cepat merasa lelah. Bahkan, untuk melakukan aktivitas sehari-hari seperti berjalan kaki, menaiki tangga, atau membawa belanjaan.

Ini adalah gejala atau ciri-ciri jantung lemah pada wanita yang bisa terjadi juga pada pria. Namun, meski kurang lebih sama, terdapat perbedaan signifikan. Wanita cenderung mengalami penyumbatan tidak hanya di arteri utama, tetapi juga di arteri yang lebih kecil yang memasok darah ke jantung (penyakit mikrovaskular koroner).

Dibandingkan dengan pria, wanita cenderung lebih sering mengalami gejala saat istirahat, atau bahkan saat tidur. Stres emosional dapat berperan dalam memicu gejala serangan jantung pada wanita.

Jika kamu mengalami salah satu ciri jantung lemah yang sudah disebutkan di atas, segera buat janji pemeriksaan ke rumah sakit lewat aplikasi Halodoc. Yuk, download Halodoc sekarang juga untuk mendapatkan kemudahan akses kesehatan di mana saja dan kapan saja!

Referensi:
Aging Care. Diakses pada 2023. Silent Killers: 5 Overlooked Heart Attack Symptoms.
Modern Heart Vascular. Diakses pada 2023. Cardiac Differences Between Women and Men.
Mayo Clinic. Diakses pada 2023. Heart disease in women: Understand symptoms and risk factors.
American College of Cardiology. Diakses pada 2023. Sex Differences in Heart Failure.