Wajib Tahu, Ini Perbedaan Spermatogenesis dan Oogenesis

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   09 September 2022

“Penting untuk mengetahui perbedaan spermatogenesis dan oogenesis. Keduanya punya peran penting dalam sistem reproduksi dan keberhasilan pembuahan.”

Wajib Tahu, Ini Perbedaan Spermatogenesis dan OogenesisWajib Tahu, Ini Perbedaan Spermatogenesis dan Oogenesis

Halodoc, Jakarta – Untuk bisa hamil, ada dua proses penting dalam sistem reproduksi, yaitu spermatogenesis dan oogenesis. Meski namanya mirip, keduanya adalah proses yang berbeda. Perbedaan spermatogenesis dan oogenesis terletak pada banyak hal. 

Secara singkat, dapat dijelaskan bahwa spermatogenesis adalah proses pematangan sperma dalam testis pria. Sementara oogenesis adalah proses pematangan sel telur pada wanita. Mau tahu lebih lanjut mengenai perbedaan keduanya? Yuk simak!

Perbedaan Spermatogenesis dan Oogenesis

Spermatogenesis adalah proses di mana sperma baru dibuat di testis. Proses ini terjadi secara terus menerus melalui mitosis dan meiosis, di mana setiap sel sperma yang belum matang menciptakan dua sel, dan masing-masing menghasilkan empat sel, yang disebut spermatozoa.

Sementara itu, oogenesis adalah proses perkembangan ovum atau sel telur, yang terjadi di ovarium. Proses ini dimulai sebelum kelahiran dan kemudian perkembangan terhenti sampai pubertas. Perkembangan dilanjutkan dengan ovulasi dan langkah terakhir (meiosis II) selesai hanya jika pembuahan terjadi

Spermatogenesis dan oogenesis berbeda dalam banyak hal. Termasuk proses, tahapan, tempat pembentukan, jumlah yang diproduksi, dan lain-lain. 

Berikut ini beberapa poin perbedaan spermatogenesis dan oogenesis yang perlu dipahami:

1. Proses Alami

Spermatogenesis adalah adalah versi gametogenesis pada pria yang menghasilkan pembentukan sel sperma yang matang. Sementara oogenesis adalah versi gametogenesis wanita yang menghasilkan pembentukan sel telur matang.

2. Tahapan

Proses spermatogenesis terdiri dari tiga tahap, yaitu spermatositogenesis, spermatidogenesis, dan spermiogenesis. Sementara proses oogenesis juga dibagi menjadi tiga tahap, yaitu fase folikuler, fase ovulasi, dan fase luteal.

3. Tempat Pembentukan

Perbedaan lainnya ada pada tempat pembentukannya. Keseluruhan proses spermatogenesis terjadi di testis sampai sperma, bergerak ke epididimis dan memperoleh motilitas.

Sementara tempat proses oogenesis berlangsung terjadi di ovarium sampai ovum yang matang bergerak ke tuba fallopi.

4. Kesinambungan Proses

Proses spermatogenesis berkesinambungan dimulai dari masa pubertas dan terus terjadi hingga kematian. Sementara proses oogenesis awalnya dimulai pada tahap janin, sementara sisanya berlanjut setelah pubertas sampai menopause.

5. Pembentukan

Proses spermatogenesis terjadi terus menerus, dan semua spermatogonia mengalami meiosis, alias menghasilkan sperma sepanjang waktu. Sementara oogenesis terjadi untuk satu sel telur pada satu waktu, dan beberapa sel mungkin memerlukan waktu bertahun-tahun untuk mencapai pematangan.

6. Jumlah Sel yang Diproduksi

Perbedaan spermatogenesis dan oogenesis lainnya ada pada jumlah sel yang diproduksi. Proses spermatogenesis dapat membentuk jutaan sel sperma setiap hari. Sementara proses ooogenesis hanya melepaskan satu sel telur per bulan.

7. Langkah Perkembangan

Pada spermatogenesis, sel sperma pria berkembang dari epitel germinal tubulus seminiferus testis. Sementara pada oogenesis, sel telur wanita berkembang dari epitel germinal yang melapisi ovarium.

8. Sitogenesis

Sitogenesis dalam spermatogenesis membentuk dua sel yang sama. Sementara sitogenesis dalam oogenesis membentuk dua sel yang tidak sama, yaitu oosit sekunder yang lebih besar dan polar body yang lebih kecil.

Itulah pembahasan mengenai perbedaan spermatogenesis dan oogenesis. Dapat diketahui bahwa keduanya memiliki banyak perbedaan, meski namanya mirip. 

Spermatogenesis terjadi pada pria, sedangkan oogenesis terjadi pada wanita. Keduanya merupakan proses yang kompleks, tapi penting untuk menentukan keberhasilan pembuahan dan mendapatkan kehamilan. 

Jika kamu memiliki masalah seputar sistem reproduksi, jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter. Agar mudah, download Halodoc saja untuk membuat janji medis dengan dokter.

Referensi:
Path Fertility. Diakses pada 2022. What is Spermatogenesis?
Fertility Smarts. Diakses pada 2022. Oogenesis.
Byju’s. Diakses pada 2022. Difference Between Spermatogenesis and Oogenesis.
The Biology Notes. Diakses pada 2022. Spermatogenesis Vs Oogenesis- Definition, 18 Differences, Examples.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan