Waspada, Ini 4 Gejala Kanker Pankreas Stadium Akhir

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   18 November 2022

“Diare pada pengidap kanker stadium akhir berbeda dengan diare pada umumnya. Tinja bisa jadi encer, berair, berminyak atau berbau busuk dapat disebabkan oleh jumlah enzim pankreas yang tidak mencukupi di usus.”

Waspada, Ini 4 Gejala Kanker Pankreas Stadium AkhirWaspada, Ini 4 Gejala Kanker Pankreas Stadium Akhir

Halodoc, Jakarta – Kanker pankreas stadium dini seringkali tidak menimbulkan tanda atau gejala apa pun. Saat gejala sudah muncul, biasanya kanker sudah menyebar di luar pankreas. 

Dibutuhkan waktu kurang dari enam bulan untuk sel kanker menyebar ke hati. Baru kemudian diiringi beberapa gejala spesifik, seperti nyeri di punggung atau perut, penurunan berat badan, kehilangan nafsu makan, kecemasan, perut kembung, dan urine berwarna gelap. 

Informasi lengkap mengenai gejala kanker pankreas stadium akhir bisa kamu baca di sini!

Gejala Kanker Pankreas Stadium Akhir

Pada kanker pankreas stadium 4, kanker telah menyebar ke area yang jauh di dalam tubuh, seperti hati, paru-paru, atau rongga perut. Kanker mungkin juga telah menyebar ke organ, jaringan, atau kelenjar getah bening di dekat pankreas.

Lantas, seperti apa gejala kanker pankreas stadium akhir? Ini gejalanya:

1. Nyeri

Nyeri yang terjadi bisa ditandai sakit perut yang menjalar ke punggung. Pada awalnya, rasa sakit bisa datang dan pergi, tapi saat tumor menjadi lebih besar dan lebih maju, rasa sakit bisa lebih konstan dan bertahan lebih lama. Rasa sakitnya seringkali lebih buruk saat pengidapnya sedang berbaring atau setelah makan. 

2. Kelelahan Ekstrem

Banyak orang dengan kanker pankreas mengalami kelelahan yang luar biasa bahkan ekstrem. Biasanya kondisi kelelahan ini terjadi tanpa alasan, ditandai dengan kelemahan luar biasa, tidak bisa berkonsentrasi, ataupun sulit tidur. 

3. Penurunan Berat Badan

Penurunan berat badan pada kanker pankreas dapat disebabkan oleh anoreksia, malabsorpsi, atau cachexia. Selain karena kondisi kanker, perawatan itu sendiri bisa menyebabkan penurunan berat badan yang drastis.

4. Mengalami Masalah Usus 

Kanker pankreas stadium akhir biasanya juga ditandai dengan kondisi masalah usus. Beberapa gejalanya adalah diare, konstipasi atau bisa juga keduanya.

Diare pada pengidap kanker stadium akhir berbeda dengan diare pada umumnya. Tinja bisa jadi encer, berair, berminyak atau berbau busuk dapat disebabkan oleh jumlah enzim pankreas yang tidak mencukupi di usus.

Memiliki satu atau lebih gejala yang disebutkan tadi bukan berarti kamu mengidap kanker pankreas. Banyak dari gejala ini lebih mungkin disebabkan oleh kondisi lain. Kanker pankreas biasanya tidak ditemukan hingga stadium lanjut karena sulit dideteksi. 

Pada dasarnya gejala bisa jadi berbeda, tergantung riwayat kesehatan masing-masing pengidapnya. Penyakit kuning bisa jadi salah satu gejala lainnya. Mengidap diabetes dan paparan bahan kimia tertentu bisa menempatkan seseorang pada risiko kanker pankreas. 

Tahapan Kanker Pankreas

Kanker pankreas akan melewati beberapa tahapan berbeda sebelum akhirnya menjadi kanker pankreas stadium akhir. Berikut ini adalah penjelasan mengenai tahapan kanker pankreas:

Stadium 0: Juga dikenal sebagai karsinoma in situ, Tahap 0 ditandai dengan sel-sel abnormal pada lapisan pankreas. Sel-sel bisa menjadi kanker dan menyebar ke jaringan terdekat.

Stadium 1: Tumor ada di pankreas.

Stadium 2: Tumor berada di pankreas dan telah menyebar ke jaringan, organ, atau kelenjar getah bening terdekat.

Stadium 3: Kanker telah menyebar ke pembuluh darah utama di dekat pankreas. Mungkin juga telah menyebar ke kelenjar getah bening di dekatnya.

Jika kamu mengalami salah satu gejala di atas, segera buat janji di rumah sakit di rumah sakit untuk mendapatkan informasi pasti mengenai kesehatanmu. Jangan ditunda lagi, yuk segera download aplikasi Halodoc.

Banner download aplikasi Halodoc
Referensi:
American Cancer Society. Diakses pada 2022. Signs and Symptoms of Pancreatic Cancer.
Cross Roads Hospice & Palliative Care. Diakses pada 2022. End-of-Life Pancreatic Cancer Signs.
Pancreatic Cancer.org.uk. Diakses pada 2022. Symptoms towards the end of life.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan