• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Waspada, Ini 7 Gejala Kecanduan Benzodiazepine
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Waspada, Ini 7 Gejala Kecanduan Benzodiazepine

Waspada, Ini 7 Gejala Kecanduan Benzodiazepine

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 19 September 2022

“Penting untuk mewaspadai gejala kecanduan benzodiazepine. Semakin awal terdeteksi, maka semakin mudah mengatasinya.”

Waspada, Ini 7 Gejala Kecanduan BenzodiazepineWaspada, Ini 7 Gejala Kecanduan Benzodiazepine

Halodoc, Jakarta – Gejala kecanduan benzodiazepine dapat terjadi pada orang yang menyalahgunakan obat ini. Benzodiazepin adalah obat yang biasa diresepkan untuk pengobatan kecemasan dan serangan panik yang terkait dengan gangguan panik.

Ada sedikit perdebatan di kalangan ahli bahwa benzodiazepin dapat membuat kecanduan secara fisik dan psikologis. Hal yang diperdebatkan adalah sejauh mana masalah di antara orang yang menggunakan obat ini semata-mata untuk tujuan terapeutik dalam pengobatan kecemasan. 

Gejala Kecanduan Benzodiazepine

Kecanduan obat (termasuk benzodiazepine) adalah penyakit pada otak yang diidentifikasi oleh komponen ketergantungan fisik dan psikologis. Detoksifikasi dapat menghasilkan akhir ketergantungan fisik, tetapi komponen psikologis bisa mempertahankan kondisi ini pada pecandu. 

Komponen inilah yang membuat pengidap kecanduan akan sulit menjaga ketenangan. Sayangnya, tidak ada obat untuk kecanduan dan mempertahankan ketenangan biasanya merupakan pencarian berkelanjutan bagi mereka yang mengalaminya.

Kecanduan benzodiazepine menghasilkan perilaku mencari obat dan terus menggunakannya meskipun ada konsekuensi negatif. Perilaku ini mungkin termasuk mendapatkan obat dari lebih dari satu penyedia atau mendapatkan obat secara ilegal tanpa resep dokter.

Kecanduan benzodiazepin atau obat lain dapat mengakibatkan konsekuensi negatif dalam banyak fungsi kehidupan. Konsekuensi ini mungkin termasuk hilangnya produktivitas kerja, masalah keluarga atau hubungan atau masalah hukum. Kecanduan obat juga bisa mengakibatkan penggunaan obat secara terus-menerus meskipun ada konsekuensi negatifnya. 

Selain perilaku mencari obat, tanda-tanda kecanduan benzodiapine lainnya mungkin termasuk:

1. Terobsesi Terhadap Obat

Orang yang kecanduan benzodiazepine biasanya sangat terobsesi dan tidak bisa berhenti memikirkan obat ini. Kapan dan di mana saja. Tak jarang, mereka takut keluar rumah atau pergi ke tempat di mana mereka tidak bisa menggunakan obat tersebut.

2. Menyalahgunakan Obat untuk Mabuk atau Kesenangan

Di tahap kecanduan, benzodiapine tidak lagi diperlakukan layaknya obat untuk mengatasi gejala penyakit. Obat ini digunakan untuk bersenang-senang dan membuat diri lebih rileks dan tenang, tapi dengan cara negatif.

3. Ketergantungan dan Penarikan setelah Berhenti Minum Obat

Salah satu gejala khas kecanduan adalah penarikan, saat berhenti minum obat. Hal ini juga bisa terjadi pada orang yang kecanduan benzodiazepine. Ketika tidak lagi minum obat, mereka akan gelisah dan mengalami banyak gejala.  

4. Gangguan pada Fungsi Kehidupan Normal

Ini dapat berupa penurunan produktivitas kerja, atau penurunan motivasi untuk menjalani kehidupan sehari-hari dan mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.

5. Masalah Hubungan

Kecanduan obat dapat membuat hubungan dengan orang lain bermasalah. Termasuk hubungan dengan pasangan, keluarga, ataupun teman. Karena orang yang kecanduan cenderung menarik diri dari interaksi sosial, dan mengalami perubahan suasana hati, seperti mudah tersinggung.

6. Masalah Hukum

Demi bisa mendapatkan dan menggunakan obat ini, ia akan rela melakukan apa saja. Pengidap kecanduan benzodiazepine juga dapat melakukan hal-hal yang tidak biasa untuk dapat membayar obat, seperti meminjam uang, mencuri, menguras rekening bank, atau memaksimalkan kartu kredit.

7. Terus Menggunakan Obat Meski Tahu Ada Konsekuensi Negatif

Orang yang kecanduan obat bisa jadi tahu konsekuensi negatif yang dapat dialami. Namun, mereka tidak bisa berhenti menggunakan obat tersebut.

Tips Pencegahan Kecanduan Benzodiazepine

Kecanduan benzodiazepine tidak selalu dapat dicegah. Namun, ada beberapa tindakan tertentu yang mungkin dapat diambil, yaitu:

  • Hanya mengambil dosis benzodiazepin yang ditentukan dokter.
  • Hanya minum benzodiazepine jika diresepkan.
  • Cari tahu mengenai tanda-tanda peringatan dini kecanduan benzodiazepine.
  • Biasakan diri dengan gejala gangguan penggunaan zat.
  • Carilah bantuan jika mulai mengalami gejala kecanduan. 

Itulah pembahasan mengenai kecanduan benzodiazepine yang penting untuk diketahui. Jika kamu atau orang terdekat mengalaminya, segera download Halodoc untuk membuat janji medis dengan dokter.

Referensi:
American Addiction Centers. Diakses pada 2022. Benzodiazepine Addiction: Symptoms & Signs of Dependence.
Very Well Mind. Diakses pada 2022. Benzodiazepines: Addiction and Dependence.
WebMD. Diakses pada 2022. Benzodiazepine Abuse.