Waspada, Ini Berbagai Penyebab Usus Buntu Pecah

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   15 Februari 2023

"Usus buntu yang pecah bisa mengancam nyawa pengidapnya. Penyebab utamanya karena penyakit usus buntu yang tidak segera ditangani."

Waspada, Ini Berbagai Penyebab Usus Buntu PecahWaspada, Ini Berbagai Penyebab Usus Buntu Pecah

Halodoc, Jakarta – Penyakit usus buntu atau apendisitis adalah kondisi peradangan di bagian usus buntu. Hal ini membuat pengidapnya merasakan nyeri di perut kanan bagian bawah. Saat peradangan memburuk, usus buntu pecah jadi tidak bisa terhindarkan dan akhirnya menjadi semakin parah.

Peradangan ini perlu segera mendapat penanganan. Pasalnya, usus buntu yang tak terobati dan pecah bisa mengancam nyawa pengidapnya. Nah, berikut beberapa penyebab usus buntu pecah yang perlu kamu waspadai!

Penyebab Usus Buntu Pecah

Sebagian besar kasus usus buntu yang pecah umumnya terjadi akibat tidak adanya perawatan tepat segera setelah gejalanya muncul. Pasalnya, peradangan yang tidak mendapat perawatan ini bisa membuat organ usus buntu membengkak semakin parah dan menghentikan aliran darah ke usus buntu terhenti. 

Ketika pecah, kotoran termasuk sisa-sisa pencernaan dan lendir yang mengandung kuman bisa menyebar ke perut dan seluruh tubuh. Hal ini tentu amat membahayakan nyawa pengidapnya.

Berikut sederet faktor penyebab usus buntu pecah, yaitu:  

  • Mengalami gejala usus buntu yang tidak mendapatkan pengobatan lebih dari tiga hari. 
  • Mengidap diabetes 
  • Terlalu sering mengonsumsi obat pereda rasa sakit atau steroid  

Kenali Ciri-Ciri Usus Buntu Pecah

Dalam dunia medis, pecahnya salah satu bagian perut disebut sebagai perforasi. Ketika terjadi, pengidapnya akan mengalami sederet gejala berikut: 

  • Demam.
  • Perut tegang dan kencang.
  • Mual dan muntah.
  • Nyeri pada bagian atas atau tengah perut dan menetap di perut bagian bawah di sisi kanan.
  • Kesulitan buang air besar dan buang gas.
  • Sakit perut yang meningkat saat berjalan, berdiri, melompat, batuk, atau bersin.
  • Nafsu makan menurun.
  • Sembelit atau diare.
  • Detak nadi semakin cepat (takikardia).
  • Turunnya tekanan darah (hipotensi).

Cara Mengobati Usus Buntu

Perawatan radang usus buntu umumnya melibatkan pembedahan untuk mengangkat usus buntu yang meradang. Sebelum operasi dokter memberikan dosis antibiotik untuk mengobati infeksi.

Nah, berikut opsi penanganannya:

1. Appendectomy

Tindakan operasi bisa melalui metode laparotomi dengan menyayat bagian perut sekitar 5-10 sentimeter. Pembedahan dapat dokter lakukan melalui beberapa sayatan kecil di perut alias laparoskopi.

Selama operasi usus buntu laparoskopi, ahli bedah memasukkan alat bedah khusus yang juga memiliki kamera video ke dalam perut. Tujuannya untuk memandu dokter untuk melihat bagian dalam perut dan mengangkat usus buntu.

Secara umum, operasi laparoskopi memungkinkan pasien pulih lebih cepat. Keunggulan lainnya itu minim rasa sakit dan menghasilkan sedikit jaringan parut. 

Akan tetetapi, tidak semua orang cocok dengan operasi laparoskopi. Jika usus buntu pecah dan infeksi telah menyebar ke luar usus buntu atau mengalami abses, pasien mungkin memerlukan operasi usus buntu terbuka. Tujuannya untuk membersihkan rongga perut.

2. Menguras abses sebelum operasi

Jika usus buntu pecah dan terbentuk abses, dokter perlu mengeringkan jaringan ini dengan memasukkan selang melalui kulit ke dalam abses. Kemudian, dokter bisa melakukan operasi beberapa minggu kemudian setelah infeksi telah tertangani dengan baik.

Nah, itulah informasi seputar usus buntu pecah. Kalau kamu punya pertanyaan lain seputar kondisi ini, hubungi dokter melalui aplikasi Halodoc saja.

Dokter yang ahli di bidangnya akan menjawab pertanyaan kamu sekaligus memberikan solusi terbaik. Jangan tunda sebelum kondisinya memburuk, download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2023. Appendicitis – Symptoms and causes.
WebMD. Diakses pada 2023. Appendicitis: Early Signs & Symptoms, Causes, Surgery.
Healthline. Diakses pada 2023. Everything You Need to Know About Appendicitis. 
NHS. Diakses pada 2023. Appendicitis. 

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan