Waspada, Inilah Tanda Seseorang Mengidap Hodophobia

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   06 Desember 2022

“Hodophobia menyebabkan seseorang merasa takut luar biasa saat perjalanan. Ketahui tanda-tanda hodophobia, seperti peningkatan denyut jantung hingga keringat berlebihan.”

Waspada, Inilah Tanda Seseorang Mengidap HodophobiaWaspada, Inilah Tanda Seseorang Mengidap Hodophobia

Halodoc, Jakarta – Hodophobia adalah fobia yang membuat seseorang merasakan ketakutan yang luar biasa untuk bepergian. Kondisi ini dapat menyebabkan berbagai keluhan pada fisik sehingga pengidapnya akan merasakan kondisi yang tidak nyaman.

Selain fisik, gejala juga bisa memengaruhi kondisi mental seseorang. Untuk itu, penting untuk mengetahui berbagai gejala yang akan terjadi saat seseorang mengalami hodophobia. Namun jangan khawatir, kondisi ini bisa mendapatkan perawatan agar pengidapnya mampu mengendalikan perasaan sehingga gejala tidak mudah untuk kembali muncul.

Kenali Tanda Hodophobia

Merasa khawatir, cemas, atau takut saat akan melakukan perjalanan panjang menjadi hal yang normal. Namun, jika ketakutan hingga cemas yang kamu rasakan menyebabkan gangguan pada aktivitas hingga menimbulkan sejumlah gejala, bisa jadi kamu mengalami hodophobia.

Berikut ini tanda-tanda hodophobia yang perlu kamu waspadai, seperti:

  • Gangguan kecemasan.
  • Peningkatan denyut jantung.
  • Peningkatan tekanan darah.
  • Pusing.
  • Nyeri perut.
  • Diare.
  • Mual.
  • Mulut kering.
  • Ketegangan otot.
  • Penurunan nafsu makan.
  • Berkeringat berlebihan.
  • Suhu tubuh yang cepat berubah.

Selain tanda fisik, hodophobia juga menyebabkan kondisi kesehatan mental seseorang. Biasanya gangguan mental ditandai dengan beberapa kondisi, seperti:

  • Perubahan suasana hati yang terjadi secara tiba-tiba.
  • Tidak mampu bepergian sendirian.
  • Perasaan takut saat berpisah dengan orang lain.
  • Merasa perjalanan terlalu jauh.

Berbagai gejala tersebut dapat menyebabkan gangguan pada aktivitas maupun perjalanan yang akan kamu lakukan. Sebaiknya segera lakukan pemeriksaan pada psikolog atau psikiater menggunakan Halodoc jika kamu mengalami keluhan kesehatan ini setiap akan melakukan perjalanan. Kamu bisa download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play.

Hodophobia umumnya akan muncul ketika kamu bepergian menggunakan pesawat. Hal ini terjadi karena kekhawatiran akan gangguan yang menyebabkan kecelakaan pada pesawat. Meskipun begitu, penggunaan transportasi lain juga berisiko menyebabkan hodophobia tetapi risikonya lebih kecil.

Selain itu, hodophobia juga bisa terjadi akibat kondisi lingkungan yang saat ini terjadi. Ketika memutuskan untuk melakukan perjalanan di tengah pandemi, maka kamu akan merasa takut mengidap penyakit yang sedang berkembang di kawasan yang kamu kunjungi. Adanya peristiwa bencana alam di beberapa lokasi juga membuat kamu takut untuk melakukan perjalanan.

Pengobatan Hodophobia

Jika kamu kerap merasakan keluhan yang terkait dengan hodophobia, sebaiknya lakukan perawatan agar kamu mampu mengontrol gejala yang menimbulkan gangguan sehari-hari. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah terapi perilaku kognitif. 

Terapi ini membantu pengidap untuk mengidentifikasi dan mengubah pola pikir mengenai ketakutan atau kecemasan yang kamu rasakan. Dengan begitu, kamu mampu mengendalikan perasaan yang kamu alami dengan baik. 

Selain itu, kamu bisa melakukan perawatan dengan Eye Movement Desensitization and Reprocessing (EMDR). Perawatan ini dilakukan untuk mengatasi trauma dengan mengendalikan tekanan emosional yang berasal dari kenangan traumatis.

Bukan hanya perawatan secara medis, kamu juga perlu melakukan perawatan dengan cara-cara sederhana, seperti memastikan untuk melakukan perjalanan bersama dengan kerabat atau orang yang dipercaya. Hindari melakukan perjalanan sendirian karena dapat menyebabkan gejala hodophobia.

Buatlah jadwal untuk berbagai jenis transportasi yang akan kamu gunakan. Dengan begitu, kamu bisa mempersiapkan berbagai hal dengan baik. Saat semuanya sudah disiapkan dengan baik, maka gangguan cemas bisa dikontrol dengan baik.

Jangan lupa untuk mencari tahu lokasi yang akan kamu kunjungi. Cari tahu informasi mengenai lokasi sebanyak-banyaknya agar kamu bisa lebih tenang untuk berkunjung ke daerah tersebut.

Referensi:
Web MD. Diakses pada 2022. What to Know About Hodophobia.
Healthline. Diakses pada 2022. Managing Hodophobia, or the Fear of Traveling.
Very Well Health. Diakses pada 2022. What Is Fear of Traveling (Hodophobia)?

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan