• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Atasi Bau Badan dengan Bahan Alami Ini

Atasi Bau Badan dengan Bahan Alami Ini

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc

Halodoc, Jakarta — Penyakit hiperhidrosis yang menyebabkan produksi keringat berlebih bisa menyebabkan bau badan. Keringat sebenarnya tidak menyebabkan bau, tetapi perkembangbiakan bakteri dalam keringatlah yang menyebabkan bau badan.

Ada kalanya, penggunaan deodoran tidak bisa mengatasi bau badan. Oleh karena itu, berikut ini adalah beberapa bahan alami yang bisa kamu jadikan pilihan untuk mengatasi bau badan.

  1. Cuka

Cuka bisa mengendalikan bau badan tak sedap. Kemampuan cuka mengubah kadar pH kulit menjadi asam bisa membunuh atau menghambat pertumbuhan bakteri jahat penyebab bau badan. Kamu bisa menggunakan cuka apel yang dicampur dengan air, kemudian dioleskan pada ketiak. Kamu juga bisa merendam kaki pada air hangat yang telah dicampur beberapa tetes cuka untuk membunuh bakteri atau jamur di kaki.

  1. Daun Sage

Selain membunuh dan mencegah bakteri berkembang biak, daun sage dapat mengurangi aktivitas kelenjar keringat, sehingga dapat mengurangi produksi keringat berlebih. Daun sage juga memiliki aroma alami yang membuat tubuh tetap harum sepanjang hari.

Gunakan daun sage dalam bentuk minyak. Oleskan pada ketiak dan bagian tubuh lainnya yang menimbulkan bau badan. Selain itu, kamu juga bisa menyeduh daun sage segar bersama teh atau menuangkan minyak sage ke dalam air mandi.

  1. Tomat

Selain dapat melawan kanker, jus tomat juga dapat mengecilkan pori-pori dan bisa mengurangi keringat. Mengonsumsi makanan berbahan dasar tomat atau hanya minum segelas jus tomat setiap hari akan membantu mengendalikan keringat berlebih. Kamu juga bisa mengiris tomat segar, menempelkannya pada ketiak, dan biarkan selama 10 menit sebelum membilasnya.

  1. Lemon

Asam dalam lemon membuatnya sempurna untuk mengurangi keringat secara alami. Gosok setengah lemon pada ketiak atau campurkan sedikit jus lemon dengan soda kue dan oleskan dengan kapas. Biarkan selama 30 menit lalu bilas sampai bersih.

Nah, itu tadi beberapa bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi bau badan. Jika kamu masih memiliki pertanyaan seputar penyakit hiperhidrosis dan bau badan, kamu bisa bertanya kepada dokter di aplikasi Halodoc melalui layanan video/voice call atau chat. Selain itu, di aplikasi Halodoc, kamu juga bisa membeli obat dan vitamin serta cek lab tanpa harus keluar rumah. Mudah dan praktis. Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play sekarang.