22 October 2017

Atasi Jerawat Punggung dengan Cara Ini

Atasi Jerawat Punggung dengan Cara Ini

Halodoc, Jakarta – Jerawat ternyata tidak hanya muncul di wajah saja, tapi juga bisa muncul di bagian tubuh lainnya selama terdapat kelenjar yang menghasilkan minyak atau folikel rambut, contohnya adalah di punggung. Sama seperti jerawat di wajah, jerawat di punggung juga mengganggu dan membuat para wanita tidak percaya diri saat mengenakan gaun backless.

Sama seperti wajah, punggung juga bisa berminyak karena memliki kelenjar sebaceous yang memproduksi sebum atau minyak. Jika kelenjar minyak tersebut aktif mengeluarkan minyak yang kemudian menumpuk, lalu bercampur dengan sel kulit mati dan bakteri, maka akan menyebabkan pori-pori pada punggung tersumbat sehingga menimbulkan jerawat. Faktor-faktor seperti hormon, keringat, dan stres bisa memicu timbulnya jerawat pada punggung. Selain itu, faktor keturunan menyebabkan tubuh seseorang memproduksi minyak secara berlebihan.

Tips Mengobati Jerawat Pada Punggung:
Tidak hanya penyebab dan gejalanya saja yang sama, cara mengobati jerawat punggung pada dasarnya juga hampir sama dengan jerawat pada wajah. Berikut adalah tips-tips yang bisa kamu coba untuk menghilangkan jerawat pada punggung:

[if !supportLists]·       [endif]Untuk kategori jerawat ringan, kamu bisa mengatasinya dengan menggunakan salep yang mengandung benzoyl peroxide atau produk skin care yang mengandung asam salisilat dan sulfur. Benzoyl peroxide bermanfaat untuk mengurangi jumlah jerawat yang disebabkan bakteri dan membuat kulit kering hingga mengelupas. Sedangkan asam salisilat mengangkat sel-sel kulit mati dan mengontrol minyak, dan kandungan sulfur dapat mengurangi produksi minyak yang berlebih.

[if !supportLists]·       [endif]Perhatikan kebersihan kulit tubuh. Setelah melakukan kegiatan yang banyak mengeluarkan keringat, segera mandi sampai bersih. Pastikan kulit punggung dilap sampai kering dengan menggunakan handuk sehabis mandi. Dan hindari memencet jerawat.

Tips Mencegah Jerawat Punggung:
Agar jerawat tidak muncul lagi di punggung, kamu perlu menjaga kebersihan seluruh tubuh. Coba mulai lakukan kebiasaan baik berikut:

[if !supportLists]·       [endif]Sehabis berolahraga, jika kamu tidak sempat mandi, kamu bisa mengeringkan tubuhmu dari keringat, lalu gunakan produk yang mengandung asam salisilat, kemudian ganti pakaian dengan kaus yang bersih.

[if !supportLists]·       [endif]Bersihkan punggung dengan sabun yang memang dikhususkan untuk kulit berjerawat. Setelah bersih dan kering, oleskan salep yang mengandung benzoyl peroxide di jerawat punggung.

[if !supportLists]·       [endif]Sebaiknya gunakan air hangat untuk mandi. Menggunakan air yang terlalu panas atau terlalu dingin dapat memberi dampak buruk pada kulit. 

[if !supportLists]·       [endif]Gunakan baju berbahan katun yang dapat menyerap keringat sehingga menjaga kulit punggung tetap kering dan tidak lembap.

[if !supportLists]·       [endif]Namun, kulit yang terlalu kering juga dapat memicu timbulnya jerawat. Gunakan pelembap non-comedogenic jika kulit punggungmu terlalu kering.

[if !supportLists]·       [endif]Hindari menggunakan tas punggung, karena diduga dapat menimbulkan jerawat pada punggung. Ganti lah dengan menggunakan tas tangan atau tas selempang.

Gaya hidup yang bersih dan sehat, serta menggunakan produk perawatan tubuh dapat meminimalisir risiko terkena jerawat punggung. Jika kamu sudah melakukan cara-cara di atas, namun jerawat pada punggung tidak kunjung sembuh juga, segera konsultasikan dengan dokter spesialis kulit.

Kamu juga bisa meminta saran dari dokter melalui aplikasi Halodoc. Dokter spesialis kulit di Halodoc siap membantu mengatasi persoalan jerawat punggung kamu kapan saja, dimana saja. Kamu bisa menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat. Kamu juga bisa membeli produk-produk kesehatan di Halodoc dan pesanan kamu akan diantar dalam waktu satu jam. Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store atau di Google Play sekarang.