Aturan Minum Air Putih saat Puasa

Aturan Minum Air Putih saat Puasa
DIET & NUTRISI 17 May 2018

Halodoc, Jakarta – Meski harus menahan rasa haus selama periode waktu tertentu, kamu tetap perlu memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Sebab, kekurangan cairan saat puasa bisa menyebabkan dehidrasi. Kondisi tersebut umumnya ditandai dengan bibir dan kulit kering, pusing, sakit kepala, lemas, hingga urine berwarna gelap atau bahkan tidak buang air kecil sama sekali.

(Baca juga: Agar Sehat, Benarkah Orang Butuh Minum 8 Gelas Sehari?)

Sebenarnya, kebutuhan cairan tubuh saat puasa dan hari biasa tetaplah sama, yaitu sekitar delapan gelas sehari. Namun pada bulan puasa, ada pola khusus yang bisa kamu terapkan untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh harian, seperti pola 2-4-2. Pola apakah itu? Berikut ini aturan minum air putih saat puasa:

2 Gelas Air Putih saat Berbuka

“Berbukalah dengan yang manis”. Mungkin, slogan tersebut yang menjadi alasan sebagian orang untuk berbuka dengan yang manis. Tidak ada yang salah memang, apalagi kalau kamu berbuka dengan buah kurma atau buah manis lainnya. Tapi sebisa mungkin, dahulukan minum air putih saat berbuka. Sebab, minum air putih segera saat berbuka bisa menghilangkan dahaga dan menggantikan cairan tubuh yang hilang akibat aktivitas sepanjang hari.

Namun kamu juga perlu berhati-hati untuk tidak langsung menenggak habis dua gelas air sesaat setelah berbuka. Karena ini akan menyebabkan perut kembung. Triknya adalah minum secara berkala sambil kamu mengonsumsi kurma dan takjil lainnya.

4 Gelas Air Putih saat Makan Malam

Saat malam hari sampai menjelang tidur, sebaiknya kamu minum empat gelas air putih. Kamu bisa membaginya dengan dua gelas air putih setelah makan malam dan dua gelas air putih setelah tarawih atau menjelang tidur.

Agar manfaat air putih maksimal, usahakan untuk minum air putih 30 menit sebelum makan besar. Sebab, minum air putih tepat sebelum, sesudah makan, dan saat makan bisa melemahkan cairan pencernaan dan membuatnya bekerja kurang efektif.

2 Gelas Air Putih saat Sahur

Sahur sangat penting untuk memberikan energi yang cukup bagi tubuh selama berpuasa. Oleh karena itu, kamu dianjurkan untuk melakukan sahur, terutama untuk memenuhi asupan makanan dan cairan tubuh. Sesuai dengan pola 2-4-2, kebutuhan cairan sahur yang bisa kamu penuhi adalah dua gelas air putih. Sebab, selain memenuhi kebutuhan cairan tubuh, dua gelas air putih saat sahur juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Diantaranya adalah membantu meringankan sakit perut dan gangguan pencernaan, membuang racun di dalam tubuh, dan menjaga sistem limfatik tubuh.

(Baca juga: Minuman Penambah Tenaga Saat Berbuka)

Agar tubuhmu kembali bertenaga, kamu bisa mengonsumsi minuman lain selain air putih. Beberapa minuman penambah tenaga yang bisa kamu konsumsi saat berbuka adalah air kelapa, madu, teh manis, jus buah, dan susu. Untuk minuman manis, jangan lupa perhatikan konsumsi gula harian, ya. Kementerian Kesehatan RI merekomendasi agar konsumsi gula harian tidak melebihi 50 gram atau setara dengan 4 sendok makan per hari.

Jika kamu punya keluhan kesehatan saat puasa, sebaiknya kamu segera bicara dengan dokter. Kabar baiknya, saat ini kamu sudah bisa bicara pada dokter tanpa perlu repot ke luar rumah. Kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play, lalu kamu bisa memanfaatkan fitur Contact Doctor di aplikasi Halodoc untuk bicara pada dokter kapan saja dan dimana saja melalui Chat, dan Voice/Video Call. Jadi, ayo gunakan aplikasi Halodoc sekarang juga untuk mendapatkan rekomendasi saran dari dokter terpercaya.


Rekomendasi Artikel

SEKS

17 September 2018

Agar tak susah ereksi saat memakai kondom, kenali tiga hal yang bisa memicunya. ...

Selengkapnya

IBU & ANAK

17 September 2018

Agar perkembangan bicara anak lancar, sebaiknya ibu perlu mengetahui dampak gadget bagi dirinya....

Selengkapnya

KECANTIKAN

17 September 2018

Menemukan sebuah jerawat yang baru, muncul di wajah pada pagi hari adalah hal yang menyebalkan bagi siapa saja...

Selengkapnya