27 August 2018

Ayam vs Ikan, Mana yang Lebih Baik?

lebih sehat ayam atau ikan

Halodoc, Jakarta - Daging ayam dan ikan merupakan lauk-pauk yang digemari banyak orang di negara kita. Nah, berbicara makanan, biasanya akan muncul pertanyaan mana yang lebih baik atau sehat? Sebenarnya sih banyak saran dari ahli agar kita memilih ayam atau ikan sebagai sumber proten hewani karena lebih baik ketimbang daging merah. Lalu, kira-kira lebih sehat ayam atau ikan?

Manfaat Ikan bagi Tubuh

1. Baik untuk Otak

Ikan dikenal sebagai makanan yang dapat meningkatkan fungsi otak karena kandungan asam lemak omega-3 di dalamnya. Omega-3 ini bisa membantu perkembangan otak dan meningkatkan fokus mental orang dewasa dan anak-anak.

Baca juga: 6 Manfaat Minyak Ikan Bagi Kesehatan

Menurut sebuah studi, rutin mengonsumsi suplemen minyak ikan bisa meningkatkan memori orang dewasa. Enggak cuma itu, kata ahli, asam lemak omega-3 ini juga bisa meningkatkan perkembangan otak bayi dan anak-anak.

2. Cegah Kanker

Manfaat lainnya dari ikan juga bisa melindungi tubuh dari tiga jenis kanker. Mulai dari kanker payudara, prostat, dan kolon. Kok bisa? Lagi-lagi hal ini berkat peran omega-3 yang terkandung di dalamnya. Menariknya lagi, suplemen minyak juga bisa membantu seseorang yang mengidap hiperlipidemia. Hiperlipidemia sendiri merupakan kondisi ketidakseimbangan lemak dalam darah, yang ditandai dengan tingginya kadar kolesterol dan trigliserida.

3. Menyehatkan Jantung

Keistimewaan asam lemak omega-3 juga bisa membuat jantung kamu “tersenyum”. Omega-3 merupakan nutrisi yang memiliki banyak manfaat bagi jantung, vena, dan arteri yang membentuk sistem kardiovaskular. Ikan juga bisa membantu tubuh untuk mencegah penyakit jantung dengan cara meningkatkan HDL (kolesterol baik), mencegah pembekuan darah, dan mengurangi tingkat trigliserida yang berlebih. Enggak percaya?

Menurut ahli dari Harvard School of Public Health, konsumsi dua porsi ikan dalam seminggu bisa mengurangi risiko kematian akibat penyakit jantung sebanyak tiga kali lipat.

Lalu, lebih sehat ayam atau ikan? Tunggu dulu, simak penjelasan manfaat dari daging ayam di bawah ini, ya.

Baca juga: Inilah Manfaat dan Risiko Mengonsumsi Daging Merah

Manfaat Ayam bagi Kesehatan

1. Membentuk Otot

Daging ayam mengandung protein dan sedikit lemak, terutama bila tidak digoreng. Contohnya, setiap 100 gram dada ayam setidaknya mengandung 30 gram protein dengan lemak yang minimal. Menurut ahli, daging ayam bisa membantu pembentukan otot-otot tubuh berkat kandungan protein di dalamnya.

Sebaiknya, pilihlah daging ayang yang mengandung sedikit lemak. Akan lebih baik lagi bila kamu menyajikannya dengan cara direbus, bukannya digoreng atau dipanggang.

2. Meningkatkan Sistem Imun

Sistem imun membutuhkan asupan protein, zat besi, dan potasium agar fungsinya bisa berjalan dengan efektif. Nah, ketiga zat di atas bisa kamu dapatkan dengan mudah melalui daging ayam. Kata ahli, nutrisi ini bisa memperkuat sel-sel sistem kekebalan tubuh untuk menangkal racun, radikal bebas, dan sel kanker yang sangat merugikan tubuh.

3. Baik untuk Pengidap Anemia

Anemia merupakan salah satu masalah kesehatan yang enggak boleh dianggap enteng. Untuk mengatasi anemia tubuh membutuhkan zat besi. Nah, zat besi ini sendiri banyak ditemukan di dalam hati ayam. Enggak cuma itu, ayam juga banyak mengandung vitamin A, E, dan K yang berkontribusi untuk memproduksi sel darah merah.

Ketika tubuh sudah mendapatkan asupan zat besi dan vitamin yang cukup, tubuh dapat memproduksi dan menyeimbangkan sel darah merah yang baik untuk menghadapi anemia.

Baca juga: Daging Kambing vs Daging Sapi Lebih Sehat Mana?

Ayam Vs Ikan

Menurut ahli dari Asosiasi Jantung Amerika, baik daging ayam maupun ikan ternyata sama-sama baik untuk kesehatan. Keduanya merupakan jenis daging yang minim kolesterol dan lemak jenuh. Ingat, kedua elemen tersebut merupakan biang keladi dari penyakit jantung bila kandungnnya terlalu tinggi dalam darah.

Yang perlu diingat, perhatikan cara penyajian kedua jenis daging tersebut. Ayam tanpa kulit diklaim lebih baik bila membicarakan penyakit jantung. Tak cuma itu, daging ayam yang direbus atau dibakar juga lebih baik ketimbang digoreng. Nah, akan lebih baik bila kamu selalu mengombinasikan antara menu ayam dan ikan tiap harinya. Tujuannya agar tubuh mendapatkan berbagai jenis nutrisi dan gizi.

Bagaimana dengan ikan sendiri? Banyak kok para ahli yang mengklaim kalau ikan memang memiliki banyak keistimewaan bagi kesehatan tubuh. Namun, ada hal yang mesti diwaspadai, yaitu kandungan merkuri di dalamnya. Oleh sebab itu, sebaiknya dirimu tak mengonsumsi ikan laut dalam keadaan mentah.

Mau tahu lebih jauh mengenai manfaat dari daging ayam dan ikan bagi tubuh? Atau punya keluhan kesehatan? Kamu bisa bertanya langsung pada dokter melalui Halodoc. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, kamu bisa mengobrol dengan dokter ahli tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!