04 November 2017

Baca Ini, Daftar Makanan yang Tepat Penambah Kualitas ASI

Baca Ini, Daftar Makanan yang Tepat Penambah Kualitas ASI

Halodoc, Jakarta - Menyusui merupakan salah satu cara untuk memberikan makanan dan nutrisi untuk bayi. Memberikan ASI secara ekslusif sangat penting dalam membantu mendukung pertumbuhan dan perkembangan bayi. Oleh karena itu berikanlah ASI, jangan menggantinya dengan susu formula karena zat penting di dalam ASI tidak ada di dalam susu formula. ASI merupakan makanan dan minuman yang paling tepat dan sehat untuk bayi dalam masa pertumbuhannya. Untuk mendapatkan ASI yang berkualitas dan melimpah maka kamu harus memperhatikan makanan penambah kualitas ASI. Dalam menjaga kualitas ASI maka kamu perlu untuk mengonsumsi makanan yang mengandung gizi seimbang. Makanan yang bergizi adalah salah satu faktor yang sangat penting dalam menentukan kualitas ASI. Selain itu, makanan bergizi akan menentukan kecukupan nutrisi untuk bayi karena apa yang dikonsumsi oleh seorang ibu merupakan sumber nutrisi bagi bayi.

Kualitas ASI bisa dilihat dari jumlah atau banyaknya buangan bayi, tidak hanya itu dapat juga dilihat dari perkembangan bayi. Bila bayi mempunyai berat tubuh yang ideal itu menandakan kualitas ASI bagus, demikian sebaliknya. Berikut cara meningkatkan kualitas ASI:

1.  Mengonsumsi Kalsium & Zat Besi
ASI adalah sumber kalsium yang diperlukan untuk meningkatkan kualitas dan pertumbuhan tulang bayi. Konsumsi kalsium dapat ditingkatkan dengan konsumsi makanan sumber kalsium seperti ikan serta minum susuuntuk ibu menyusui yang memiliki kandungan DHA, asam folat, kalsium, vitamin, zat besi, serta prebiotik FOS. Jika diperlukan, konsumsi suplemen yang memiliki kandungan kalsium.

2.  Mengonsumsi Banyak Sayur & Buah
Konsumsi banyak sayuran hijau untuk tingkatkan zat besi untuk mencegah anemia pada ibu serta bayi. Serta mengonsumsi banyak buah sebagai anti oksidan dan agar ibu tidak gampang sakit.

3.  Mengonsumsi Makanan Berlemak
Langkah tingkatkan kualitas ASI yang pertama yaitu dengan langkah konsumsi makanan yang kaya lemak yang baik. Tahukah kamumakanan berlemak yang baik bisa membantu kamu untuk penuhi komponen lemak yang baik dalam ASI? Komponen lemak amat baik untuk bantu bayi agar mendapat postur tubuh yang ideal, tidak kurus atau kekurangan gizi. Kamu bisa konsumsi makanan yang kaya lemak baik seperti: buah alpukat, produk olahan susu, minyak sayur, kacang-kacangan serta daging.

4.  Mengonsumsi Makanan Berprotein
Tidak hanya konsumsi makanan yang kaya lemak, vitamin serta mineral, ibu menyusui harus juga konsumsi makanan yang berprotein tinggi. Protein berguna untuk membangun jaringan tubuh pada bayi. Sumber protein yang baik bisa kamu dapatkan pada makanan serta minuman seperti: yoghurt, keju, kacang-kacangan, telur, tahu, makanan laut serta daging.

Selain beberapa cara di atas, ibu menyusui juga harus banyak mengonsumsi makanan penambah kualitas ASI, seperti:

  • Bawang Putih

Mengonsumsi bawang putih nyatanya bisa tingkatkan produksi ASI ibu, dan tingkatkan keinginan ASI dari bayi serta ASI yang lebih berkualitas.

  • Bayam

Bayam memiliki kandungan gizi yang berimbang serta cukup untuk penuhi nutrisi ibu.

  • Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan adalah sumber protein sehat yang memperkaya nutrisi ASI.

  • Sayur dan Buah Berwarna Oranye

Ubi jalar, wortel, bit dan lainnyabisa meningkatkan kualitas ASI. Sayur dan buah berwarna oranye memiliki kandungan zat laktagogum yang membuat ASI lebih lancar, banyak, serta lezat.

  • Daun Katuk

Daun katuksudah terkenal sebagai bahan makanan penambah kualitas ASI. Daun katuk bisa ditumbuk serta dioles-oleskan di sekitar payudara. Bisa juga di rebus, tetapi upayakan jangan terlalu layu karenakandungan zat laktagogum akan hilang.

Telur
Selain ikan salmon, telur juga mengandung DHA yang baik untuk ibu dan bayi, selain itu dapat memenuhi kebutuhan protein harian.

Air putih
Selama menyusui seorang ibu membutuhkan banyak cairan untuk tubuhnya. Mengonsumsi air putih akan membantu dalam memenuhi kebutuhan cairan selama menyusui serta bisa meningkatkan produksi air susu.


Kamu bisa bicarakan dengan dokter makanan apa saja yang tepat untuk penambah kualitas ASI. Bicara  dengan dokter kini bisa melalui aplikasi Halodoc via chat, video call atau voice call. Belanja produk kesehatan yang dibutuhkan pun bisa langsung diantar ke tempat tujuan hanya dalam satu jam. Download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play sekarang!

BACA JUGA: 5 Jenis Makanan Sehat untuk Ibu Hamil