15 May 2018

Bagaimana Membantu Anak Down Syndrome Membangun Persahabatan?

Bagaimana Membantu Anak Down Syndrome Membangun Persahabatan?

Halodoc, Jakarta — Anak dengan Down syndrome tidak selalu membutuhkan bantuan agar bisa menjalin persahabatan dan hubungan dengan orang lain. Ada kalanya, mereka bisa berteman dengan sendirinya karena orang lain menyukai mereka. Namun, terkadang saat merawat anak Down syndrome, orang tua perlu memberi lebih banyak dukungan kepada anak.

Lantas, bagaimana orang tua bisa membantu anak dengan Down syndrome mengembangkan persahabatan mereka sendiri? Seperti anak lainnya, anak dengan Down syndrome membutuhkan kesempatan melatih keterampilan sosial mereka dan belajar dari orang lain. Jadi, bangunlah kesempatan agar mereka bisa bertemu dengan orang lain. Entah itu dengan kerabat, tetangga, teman keluarga, dan teman-teman di sekolah pra-sekolah atau sekolah dasar. Berikan pilihan kepada anak siapa yang ingin mereka temui.

Doronglah anak memiliki minat atau keterampilan tertentu, sebab persamaan minat bisa menjadi dasar yang baik untuk mendapatkan teman. Anak-anak dengan sindrom Down benar-benar mendapatkan manfaat dari memiliki teman dengan sindrom Down dan anak-anak normal. Bantulah anak memahami terkadang butuh waktu agar bisa diterima oleh orang lain.

Selanjutnya, pilih keterampilan sosial yang ingin kamu ajarkan kepada anak agar mereka mudah membangun persahabatan dengan orang lain. Misalnya cara bergiliran, berbagi, sopan santun, salam, dan mengenali perasaan diri sendiri dan orang lain. Kemudian, ikuti juga langkah-langkah berikut ini:

- Katakan kepada anak pentingnya keterampilan.

- Pecahkan keterampilan menjadi langkah kecil yang mudah.

- Berikan contoh cara melakukan keterampilan tersebut.

- Berlatih keterampilan tersebut di rumah.

- Berikan umpan balik dan pujian positif kepada anak; perbaiki kesalahannya dengan lembut jika diperlukan.

- Setelah terbiasa, ajaklah anak berlatih dengan orang lain atau di depan umum.

Membangun sebuah persahabatan tentu tidak mudah. Bantu anak terus mengembangkan keterampilan sosialnya. Jika kamu ingin bertanya tentang membangun persahabatan dan merawat anak Down syndrome, kamu bisa menghubungi para dokter di aplikasi Halodoc melalui layanan video/voice call atau chat. Selain itu, di aplikasi Halodoc, kamu juga bisa membeli berbagai kebutuhan medis seperti vitamin dan obat-obatan serta cek lab tanpa harus keluar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play sekarang.