18 May 2018

Bagaimana Vitamin Memengaruhi Kesehatan Mata?

Bagaimana Vitamin Memengaruhi Kesehatan Mata?

Halodoc, Jakarta — Vitamin yang masuk ke dalam tubuh lewat makanan yang kita konsumsi memengaruhi kesehatan mata. Masing-masing vitamin dan zat mineral memiliki fungsi dan perannya masing-masing dalam menjaga kesehatan mata. Bagaimana vitamin memengaruhi kesehatan mata?

  1. Menghentikan Kerusakan Akibat Radikal Bebas (Stres Oksidatif)

Beberapa vitamin dan antioksidan tertentu, seperti lutein dan vitamin C, membantu melawan kerusakan radikal bebas di mata yang disebabkan oleh makanan yang buruk, terlalu lama di depan komputer, dan paparan sinar UV.

Gangguan penglihatan seperti degenerasi makula dan katarak disebabkan oleh proses kerusakan oksidatif. Itulah sebabnya, orang tua dan orang dengan gaya hidup tidak sehat paling rentan terhadap kehilangan penglihatan dan masalah mata. Kerusakan oksidatif membuat masalah pada darah yang sampai ke mata, merusak pembuluh darah, dan menyebabkan penyakit yang mengganggu penglihatan seperti diabetes dan penyakit jantung.

  1. Membantu Mencegah Degenerasi Makula

Antioksidan seperti lutein dan zeathanin melindungi sel sehat di mata. Begitupun degenerasi makula yang disebabkan oleh paparan sinar UV. vitamin mata membantu mengurangi risikonya. The Age-Related Eye Disease Study menunjukkan bahwa asupan seng seberat 40-80 miligram per hari, bersama antioksidan beta-karoten, vitamin E, dan vitamin C, akan memperlambat perkembangan degenerasi makula sekitar 25 persen.

  1. Turunkan Risiko Katarak

Salah satu fungsi lensa mata paling penting adalah mengumpulkan dan memusatkan perhatian pada retina, sehingga kita bisa melihat dengan jelas. Penting mengonsumsi antioksidan yang membantu menjaga agar lensa tetap bersih dan terlindungi dari kerusakan. Jika tidak, katarak dapat terbentuk  dan mengaburkan penglihatan.

Asupan lutein dan zeaxanthin bersama vitamin E secara signifikan menurunkan risiko pembentukan katarak. Asupan zat-zat ini juga memperbaiki pengelihatan bagi yang sudah memiliki katarak.

  1. Mengurangi Glaukoma, Kelelahan Mata, dan Sensitivitas Cahaya

Semakin rusak jaringan di mata, pengelihatan pun menjadi tidak akurat. Vitamin mata membantu menjaga penglihatan dengan memperkuat lensa mata, kornea, retina, dan makula. Vitamin mencegah timbulnya katarak pada mata yang melapisi lensa dan membuat cahaya sulit difokuskan. Menurut Glaucoma Research Foundation, diet sehat tinggi vitamin A, E, C dan seng juga bisa melawan glaukoma.

  1. Memperkuat Jaringan di Mata

Jaringan di mata rusak akibat stres oksidatif. Studi menunjukkan bahwa asam lemak omega-3 dan antioksidan seperti vitamin E dan vitamin C bermanfaat bagi individu yang sistem kekebalannya melemah karena diet rendah, stres kronis, dan penyakit. Vitamin-vitamin mata tidak hanya membantu melindungi penglihatan, tetapi juga memiliki manfaat lain untuk jaringan di seluruh tubuh (sendi, tulang rawan, ligamen, dll.)

Ingin tahu lebih banyak tentang vitamin yang baik untuk menjaga kesehatan mata? Tanyakan langsung kepada para dokter ahli di aplikasi Halodoc melalui layanan video/voice call atau chat. Di aplikasi Halodoc, kebutuhan vitaminmu juga bisa dipenuhi tanpa harus keluar rumah. Ada layanan Apotek Antar yang akan mengantar langsung vitamin dan obat kurang dari satu jam. Serta cek lab melalui aplikasi Halodoc. Sangat mudah dan praktis. Ayo download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play sekarang juga!